Pengertian Dan Cara Memasang Custom Kernel Android

 Bahaya memakai Custom Kernel Android Pengertian dan cara memasang custom kernel android

Berbicara terkait OS Android memang tidak ada pernah habisnya, alasannya yaitu OS Mobile untuk Ponsel Pintar (Smartphone) ini selalu saja membuat penggunannya tidak pernah bosan, alasannya yaitu kalian sebagai User Smartphone Android bisa dengan gampang dan cepat melaksanakan hal keren yang tidak akan bisa kalian lakukan dengan OS Mobile lainnya.

Hal ini tidak lepas dari kemampuan OS Android sendiri yang memang mengadopsi prosedur Open Source, yang artinya semua pengguna OS Android bisa saja menjadi pengembang untuk membuat atau membuat sesuatu.

Misalkan saja menyerupai Custom ROM, Mod, Tweak, Themes dan lain sebagainya, hal ini memang sudah berlangsung lama, yaitu kira-kira ketika awal OS Android mendunia, budaya Modding ini memang sudah tumbuh besar di dalam Komunitas OS Android.

Sekarang ini sama saja, terlebih kini ini Komunitas dari OS Android kian membesar, alasannya yaitu memang kini ini ada banyak sekali Brand baru yang mengeluarkan seri Smartphone Android yang di jual ke pasaran.

Jadi, jangan heran ketika kini ini lebih banyak didominasi masyarakat dunia banyak yang memakai Smartphone berbasis OS Android, alasannya yaitu memang ada banyak ragam dan pilihannya, dan beberapa diantaranya memang akan sangat ramah di kantong.

Terkait kepada dilema Open Source yang ada di OS Android, prosedur inilah yang kami pikir bisa membuat OS Android bisa sebesar sekarang, terlebih lagi tidak bisa kita pungkiri bahwa di balik OS Android ini adalah Google yang menyerupai kalian tahu mereka ada Perusahaan Internet Terbesar di dunia.

Sehingga tidak mengherankan, bila setiap tahunnya versi Android di perbaharui dengan banyak sekali fitur dan kemampuan yang canggih dan mutakhir.

Hal lain yang tidak kalah serunya dalam memakai Smartphone Android adalah, ketika kalian bosan dengan tampilan dan fitur yang monoton pada Smartphone Android yang kalian miliki.

Maka, kalian akan merasa segar lagi bila memakai Custom ROM yang pada faktanya akan sangat berbeda jauh dari Stock ROM yang kalian gunakan sekarang, untuk detail terkait Custom ROM ini sudah kami kupas lengkap pada halaman di bawah ini :

Sehingga, kali ini kita akan membahas sebuah pembahasan yang cukup menyerupai dengan Custom ROM, yaitu yaitu Custom Kernel, kemudian apakah gerangan Custom Kernel tersebut?

Kernel Android

Mungkin kalian para pengguna Smartphone Android gres akan kebingungan dengan istilah Kernel tersebut, alasannya yaitu memang intinya Kernel ini hanya bisa di pahami oleh segelintir orang saja, itu semua alasannya yaitu Kernel ini sudah menjadi pembahasan yang teknis dan tidak umum.

Lalu, apa sih Kernel di Android tersebut?

Kernel adalah sebuah Part paling penting (Core) pada suatu OS, di OS Android Kernel ini menjadi Part yang paling penting yang di dalamnya terdapat banyak sekali macam kemampuan utama dari OS Android tersebut yang nantinya akan di Sinkron dengan kemampuan Hardware dan Software Terkait.

Kernel menjadi teramat penting posisinya di dalam kesatuan Firmware OS Android tersebut, alasannya yaitu bertindak sebagai Role Utama untuk mengatur konfigurasi menyeluruh terkait performa yang ada pada OS Android tersebut.

Sejatinya, Kernel sendiri terpisah dari System Image, sehingga gampang saja untuk kalian dalam mengidentifikasi dari Kernel Android tersebut yang biasanya di dalam Paketan Firmware akan mempunyai nama File Boot.img.

Kernel di Android juga bisa menjadi sentra Informasi dari OS dan Hardware yang di gunakan oleh Smartphone Android tersebut, tanpa adanya Kernel, maka tidak mungkin OS Android bisa berjalan.

Kernel di Android, menyerupai dengan Kernel di OS Linux? masuk akal saja, alasannya yaitu OS Android itu memang berjalan dengan Basis Linux, sehingga apa yang disebut dengan Kernel Android itu memang merupakan hasil Implementasi dari Linux Kernel.

Sehingga muncul lagi sebuah pertanyaan, kemudian Custom Kernel itu apa?

Custom Kernel Android

Custom Kernel yaitu sebuah Kernel Android yang telah di Modifikasi dengan mengganti Value Standard menjadi Custom, kemudian juga ada penambahan lain yang di sertakan serti peningkatan Kualitas Foto, Video, Audio, Modem, Performa dan lain penting lainnya.

Umumnya Custom Kernel ini di buat dari Original Source Kernel Branch yang di rilis oleh masing-masing OEM Smartphone Android bersangkutan.

Meski demikian, tidak semua OEM merilis Kernel Source tersebut ke publik, sehingga bila ada Source Kernel dari OEM, maka harusnya Custom Kernel juga niscaya akan tersedia untuk seri Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Custom Kernel ini tercipta dari tangan-tangan terampil para Third Party Developer di dalam Komunitas OS Android, ada yang berasal dari tangan Profesional atau Grup tertentu dan ada juga yang berasal dari tangan Amatiran atau bisa kita sebut Developer Pemula.

Sehingga, kalian pun harus Selektif dalam menentukan dan memakai Custom Kernel tersebut, alasannya yaitu pada kenyataannya Kernel ini lebih sifatnya sangat dengan Hardware dan bahkan jauh lebih bersahabat dari pada ROM.

Maka, bila Custom Kernel dibentuk dengan tidak adanya Quality Control, di pastikan Custom Kernel itu bisa jadi akan membahayakan untuk di pasang di Smartphone Android yang kalian miliki.

Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari Keuntungan dan Kerugian di dalam memakai Custom Kernel Android pada Scene di bawah ini.

Untung & Rugi memakai Custom Kernel Android

Memang tidak bisa di pungkiri, para pengguna Smartphone Android memang lebih selektif bila ingin melaksanakan Mod pada Smartphone Android yang mereka gunakan, jadi meraka akan mengambil keputusan dari Untung dan Rugi, bila memang menguntungkan, maka akan meraka gunakan, bila Merugikan maka akan sebaliknya.

Lalu, apa saja sih laba bila memakai Custom Kernel tersebut?

  1. Agar bisa menjalankan Versi OS Android terbaru, meski demikian hal ini akan sangat berkaitan dengan Custom ROM.
  1. Peningkatan Performa, kebanyakan Custom Kernel itu di rilis dengan melaksanakan Overclock pada Processor ke tingkat yang aman, maka sudah terperinci kalian akan mencicipi peningkatan performa yang cukup besar, menyerupai misalnya ketika kalian sedang bermain sebuah games.
  1. Management RAM lebih baik, kebanyakan Custom Kernel ketika ini di buat dengan meningkatkan secara optimal RAM dengan se-efisien dan se-efektif mungkin, sehingga konsumsi RAM tidak akan menjadi terlalu banyak menyerupai pada Stock Kernel (Kernel bawaan OS).
  1. Flexible, Custom Kernel itu bisa di manfaatkan untuk membuka hal yang lebih Advanced dari sekedar ROOT saja, menyerupai kalian bisa melaksanakan Overclock secara Inpidu dan kalian juga bisa mengganti Boot Splash dengan Style kalian sendiri, atau kalian ingin mengubah beberapa Informasi yang ada pada Smartphone Android kalian, maka semua itu bisa di lakukan dengan Custom Kernel.
  1. Peningkatan di banyak sekali sektor, menyerupai yang sudah kami sebutkan diatas, Custom Kernel itu di buat dengan bermacam-macam peningkatan dan penambahan kualitas dari banyak sekali aspek yang nantinya akan menguntungkan kalian.
  1. ROOT & Custom Recovery Integration, biasanya Custom Kernel itu di buat dengan di sertakan Kemampuan ROOT dan penambahan Fitur Custom Recovery menyerupai TWRP secara default, sehingga bila kalian memakai Custom Kernel, maka kalian tidak perlu lagi melaksanakan ROOT dan memasang Custom Recovery setelahnya.

Jika, ada untungnya terperinci saja ada ruginya, tetapi kerugian pada penggunaan Custom Kernel ini gres akan di rasakan, ketika kalian memakai Custom Kernel yang tidak di buat dengan baik dan terkesan asal-asalan, menyerupai :

  1. Over Heat, ya! memakai Custom Kernel yang Over dalam hal Optimized terlebih kepada Overclock CPU, maka akan membahayakan Smartphone Android kalian, alasannya yaitu Smartphone Android kalian akan selalu Panas setiap waktu, alasannya yaitu management Clock Speed tidak tertata dengan baik.
  1. Random Reboot, hal ini juga berkaitan dengan tindakan Over Optimized pada suatu Custom Kernel, alasannya yaitu dari segi Hardware, konfigurasi yang telah di buat itu tidak mungkin untuk di jalankan oleh Hardware dengan baik, maka di pastikan Smartphone Android kalian akan sering terkena dilema Random Reboot.
  1. Kerusakan Hardware Permanent, menyerupai yang telah kami sebutkan diatas, Kernel itu begitu dengan dengan Hardware, bila kalian salah memakai Custom Kernel yang tidak tepat dan tidak aman, maka bisa jadi ada beberapa Hardware yang rusak secara Permanent.

Ingat! sekali lagi kerugian diatas, hanya terjadi pada Custom Kernel yang tidak di buat sesuai Standard dan tidak teruji terhadap Configuration Control terhadap hardware bersangkutan.

Jika, Custom Kernel yang kalian gunakan berasal dari Developer terpercaya dan handal, maka kami tegaskan disini, bahwa kalian hanya akan mendapat manfaatnya saja dan sama sekali tidak ada kerugian yang akan kalian rasakan.

Klasifikasi versi Custom Kernel Android

Dalam pengembangannya, Custom Kernel ini di dasarkan kepada beberapa Klasifikasi yang berbeda, hal ini di tujukan semoga para pengguna Custom Kernel tersebut bisa tahu terkait Progress dan apakah Cistom Kernel tersebut sudah kondusif untuk di gunakan.

Perlu kalian ketahui, biasanya pengembangan Custom Kernel ini di lakukan secara Continue dan Periodik, jadi kalian harus jeli melihat Tags yang di sertakan, detailnya akan menyerupai ini :

  1. ALPHA >> Artinya Build Custom Kernel Pertama dan masih belum layak untuk di gunakan.
  2. BETA >> Artinya Build ini sudah bisa di gunakan. Namun, masih belum Stable dan masih terdapat beberapa Bugs.
  3. STABLE >> Artinya Custom Kernel ini sudah sangat layak di gunakan, alasannya yaitu sudah Stable dan maksimal.
  4. WIP >> Artinya Work In Progress, mempunyai maksud bahwa Custom Kernel ini masih di kembangkan dan masih belum tersedia secara Publik.
  5. OFFICIAL >> Artinya Custom Kernel ini di buat oleh para Grup atau Developers dengan Branding Resmi.
  6. UNOFFICIAL >> Artinya Custom Kernel ini di buat dengan mengambil Source Code dari Official Custom Kernel yang di kembangkan oleh pihak tangan ke-3 / Developers yang tidak tergabung dalam Brand Legacy Official.

Jika, kalian galau untuk bagaimana cara melihat Klasifikasi Versi ini, maka mudahnya biasanya para Developer Custom Kernel tersebut akan membuat sebuah Thread khusus pada suatu Forum menjadi menyerupai ini :

[KLASIFIKASI][CODENAME]NAMA KERNEL DAN VERSI

Tetapi, bisa juga pembagian terstruktur mengenai ini di jelaskan di dalam deskripsi Forum Thread dan bahkan bisa juga di letakan dalam Penamaan File Custom Kernel yang akan di bagikan ke Publik.

Sehingga kalian harus jeli untuk melihat hal ini, alasannya yaitu hal ini akan menentukan kenyamanan kalian ketika memakai Custom Kernel Android tersebut.

Syarat Penggunaan Custom Kernel Android

Sama menyerupai pemasangan Custom ROM, Custom Kernel juga memerlukan syarat untuk bisa di gunakan, hanya saja Persyaratan utamanya hanya 1 yaitu yaitu Unlock Bootloader.

Karena kalian hanya bisa memakai Custom Kernel juga Smartphone Android kalian sudah Unlock Bootloader, sehingga hingga kini ini tidak pernah ada terlihat Custom Kernel yang bisa berjalan di Locked Bootloader pada umumnya, meski demikian mungkin ada saja, tetapi sangat jarang dan bahkan tidak pernah di ketahui sebelumnya.

Secara prosedur Custom Kernel gres bisa di gunakan ketika kalian sudah melaksanakan Unlock Bootlaoder, alasannya yaitu kaitannya yaitu bahwa Custom Kernel ini hanya bisa di pasangkan dengan Metode Fastboot, maupun Metode Flash via Custom Recovery dan Aplikasi Flasher khusus.

Sehingga menyerupai yang kalian ketahui, kedua hal tersebut yaitu Fastboot dan Custom Recovery hanya bisa di gunakan ketika Smartphone Android kalian sudah berada pada kondisi Unlock Bootloader saja.

Untuk lebih jelasnya, persyaratan-persyaratan penggunaan Custom Kernel Android tersebut akan kami rinci ke dalam Scene pemasangan Custom Kernel di bawah ini, alasannya yaitu menyerupai yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Pemasangan Custom Kernel ini bisa di lakukan dengan beberapa cara, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti Section di bawah ini.

Cara Pasang Custom Kernel Android

Seperti yang sudah kami singgung diatas, pemasangan Custom Kernel bisa di lakukan dengan beberapa macam, dan masing-masing cara tersebut mempunyai Persyaratan yang berbeda-beda, alasannya yaitu Metode yang di gunakan juga akan berbeda.

Ada yang melibatkan Media Perangkat Komputer sebagai Media Installnya dan ada juga yang hanya mengandalkan Media Custom Recovery, kemudian ada pula yang memakai Aplikasi Android (.apk) khusus tanpa adanya campur tangan dari Perangkat Komputer.

Sehingga pada pembasahan Pemasangan Custom Kernel di bawah ini, kami akan membuatnya ke dalam beberapa bagian, sesuai dengan Metode Installasi yang bisa kalian gunakan dan kalian pilih.

Berikut yaitu detailnya :

Cara Install Custom Kernel (Fastboot)

Cara pertama ini kita akan memakai Media Komputer sebagai alat untuk memasangkan Custom Kernel tersebut, maka persyaratan yang di butuhkan antara lain yaitu :

  1. Fastboot Driver, bila kalian tidak punya silahkan Download dan Install salah satu dari halaman di bawah ini :
  1. Mode Fastboot / Bootloader
  2. Kabel USB
  3. Android USB Driver, bila belum punya silahkan pasang dengan mengikuti cara di bawah ini :

Untuk jenis file Custom Kernel yang di gunakan pada metode ini yaitu berbentuk Ekstensi Image (.img), sehingga biasanya nama Custom Kernel tersebut menjadi boot.img, kemudian pada kasus yang akan kami bicarakan di bawah ini, semuanya di jalankan pada Komputer dengan OS Windows, untuk cara pemasangannya kalian bisa mengikuti panduan di bawah ini :

  1. Pastikan Custom Kernel yang kalian Download sudah sesuai dengan seri Smartphone Android yang kalian gunakan kini (Matched).
  2. Setelahnya, pastikan Fastboot Driver sudah terpasang pada PC (Komputer Windows) yang kalian pakai.
  3. Pindahkan file boot.img ke Folder Fastboot menyerupai ini :

 Bahaya memakai Custom Kernel Android Pengertian dan cara memasang custom kernel android

  1. Jika File Custom Kernel berjulukan acak, silahkan Rename menjadi boot.img semoga gampang untuk kalian dalam mengikuti tutorial ini.
  2. Selanjutnya, silahkan buat Smartphone Android kalian masuk ke dalam Mode Fastboot / Bootloader.
  3. Hubungkan Smartphone Android ke PC Windows dengan Kabel USB
  4. Buka CMD (Command Prompt) dan arahkan ke Folder Fastboot, bila tidak tahu caranya silahkan ikuti panduan ini :
  1. Jika sudah, silahkan masukan perintah ini, untuk menginstall Custom Kernel :

fastboot flash boot boot.img

  1. Jika muncul pesan OKAY, berarti proses pemasangan sudah berhasil untuk di lakukan.
  2. Saat ini kalian sudah bisa melaksanakan Reboot ke System, dengan memasukan perintah ini dari jendela Fastboot :

fastboot reboot

  1. Sampai sini, tutorial pemasangan Custom Kernel dengan Metode Fastboot telah selesai, kalian bisa mengecek apakah Custom Kernel sudah terpasang atau belum di Aplikasi Settings >> About Phone >> Kernel Version.
  2. Done! selamat menikmati Custom Kernel baru.

Jika, pada kondisi ini kalian tidak mempunyai sebuah Perangkat Komputer berbasis OS Windows, maka kalian tetap akan bisa memasangkan Custom Kernel tersebut hanya dengan bermodalkan Smartphone Android saja.

Yaitu dengan tunjangan Custom Recovery menyerupai TWRP, lebih jelasnya silahkan ikuti panduan di bawah ini.

Cara Install Custom Kernel (TWRP)

Seperti yang sudah kami singgung diatas, memasang Custom Kernel juga bisa di lakukan tanpa perlu adanya tunjangan dari PC / Komputer, alasannya yaitu cukup dengan memakai Custom Recovery, maka Custom Kernel tersebut bisa kalian pasangkan dengan mudah.

Pada kasus ini, kami memakai Custom Recovery TWRP yang memang mempunyai kemampuan untuk menginstall File berjenis Image (.img), untuk Custom Recovery selain TWRP, kami tidak tahu.

Selanjutnya untuk jenis File Custom Kernel yang bisa di Install dari TWRP ini ada 2 buah macam yaitu berbentuk (.zip) dan berbentuk (.img), untuk cara Flash / Installnya juga akan berbeda.

Sebelum itu ada hal penting yang menjadi persyaratan utama dari metode ini, yaitu Smartphone Android kalian harus sudah punya Custom Recovery, dalam kasus ini ialah memakai TWRP, bila kalian belum punya TWRP dan tidak tahu cara pasangnya, silahkan ikuti panduan pemasangan TWRP dari halaman di bawah ini :

Jika, TWRP sudah terpasang, maka untuk proses pemasangan Custom Kernel ini akan gampang untuk di lakukan, benar saja sekali lagi kalian tidak akan memerlukan tunjangan Komputer / PC Windows pada kasus ini, berikut yaitu panduannya :

  1. Pastikan File Custom Kernel yang di Download sudah sesuai (Matched) dengan seri Smartphone yang kalian gunakan.
  2. Selanjutnya Pindahkan Custom Kernel ke Memory Internal (Internal Storage) di kawasan yang gampang untuk kalian temukan.
  3. Silahkan buat Smartphone Android kalian masuk ke dalam Mode TWRP.
  4. Untuk menginstall Custom Kernel, silahkan pilih Opsi Install.

 Bahaya memakai Custom Kernel Android Pengertian dan cara memasang custom kernel android

  1. Jika, Custom Kernel berformat (.zip), silahkan saja pribadi cari File Custom Kernel tersebut melalui Opsi Install di TWRP, kemudian lakukan Konfimasi Install setelahnya.
  2. Jika, Custom Kernel berformat (.img), maka sesudah kalian masuk ke Opsi Install di TWRP, pilih lagi Opsi Install Image, selanjutnya silahkan cari File Custom Kernel dan lakukan Konfimasi Installasi.

 Bahaya memakai Custom Kernel Android Pengertian dan cara memasang custom kernel android

  1. Tunggu hingga proses installasi seleasi.
  2. Jika, sudah disini kalian sudah bisa melaksanakan Reboot.

 Bahaya memakai Custom Kernel Android Pengertian dan cara memasang custom kernel android

  1. Booting pertama sesudah pemasangan Custom Kernel akan cukup lama, sekitar 10 hingga 20 Menit.
  2. Jika sudah Booting dengan sempurna, kalian bisa melaksanakan cek apakah Custom Kernel sudah terpasang atau tidak di Aplikasi Settings >> About Phone >> Kernel Version.
  3. Selesai.

Jika, kalian tidak punya Custom Recovery menyerupai TWRP, apakah masih tetap bisa memasangkan Custom Kernel tersebut? jawabannya yaitu iya bisa! yaitu hanya dengan memakai Aplikasi Android Flasher Khusus, maka kalian bisa memasangkan Custom Kernel tersebut dan cara ini juga tidak akan melibatkan Media Perangkat Komputer sedikit pun, berikut yaitu cara kerjanya.

Cara Install Custom Kernel (Flashify)

Selanjutnya bila kalian tidak punya TWRP, maka solusi lain untuk bisa memasangkan Custom kernel di Smartphone Android kalian, bisa di lakukan dengan sebuah aplikasi khsus berjulukan Flashify.

Aplikasi ini memang di buat secara khusus untuk tujuan Flashing File System bisa berbentuk Image (.img) maupun (.zip), sehingga kalian bisa memanfaatkan aplikasi satu ini untuk pemasangan Custom Kernel tanpa perlu memakai TWRP.

Flashify ini yaitu sebuah aplikasi gratis yang bisa kalian Download secara resmi dari Play Store, pastikan gunakan Flashify untuk ROOT User menyerupai ini :

 Bahaya memakai Custom Kernel Android Pengertian dan cara memasang custom kernel android

Seperti namanya sendiri, aplikasi ini memerlukan Persyaratan utama, yaitu Smartphone Android kalian harus sudah dalam kondisi ROOTED, alasannya yaitu aplikasi ini memerlukan jalan masuk ROOT.

Jika, kalian galau untuk bisa melaksanakan ROOT pada Smartphone Android kalian, silahkan ikuti cara di bawah ini :

Selanjutnya, meski Flashify ini bisa di gunakan untuk melaksanakan Flashing File Custom Kernel dengan Format (.zip) dan (.img), kalau kami sendiri lebih menyarankan kalian untuk menginstall Custom Kernel dengan Format (.img) saja, alasannya yaitu lebih maksimal dan terbukti kondusif dengan resiko yang minimal.

Jika, Smartphone Android kalian sudah bisa mendapat jalan masuk ROOT, maka kalian bisa dengan gampang memasangkan Custom Kernel dengan cara di bawah ini :

  1. Buka aplikasi Flashify dan Izinkan (Grant) terhadap jalan masuk ROOT.
  2. Pilih opsi Boot Image, kemudian cari File Custom Kernel yang telah kalian Download dan letakan di Memory Internal Smartphone Android kalian sebelumnya.

 Bahaya memakai Custom Kernel Android Pengertian dan cara memasang custom kernel android

  1. Setelahnya lakukan Konfirmasi Install.
  2. Tunggu hingga proses selesai dan Reboot.
  3. Done!

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang agak tidak mengecewakan panjang terkait dilema Custom Kernel di OS Android tersebut.

Pastikan kalian tidak salah dalam memakai Custom Kernel tersebut yang tidak di peruntukan untuk seri Smartphone Android yang kalian gunakan, alasannya yaitu balasannya akan Fatal, yaitu di pastikan akan terjadi Brick.

Lalu, metode Install diatas sesungguhnya yaitu metode dasar dan umum saja, alasannya yaitu di luar sana masih ada beberapa cara untuk mengsintall Custom Kernel tersebut, salah satunya yaitu dengan memakai sebuah Tool khusus untuk jenis Spesifik Smartphone Android yang kalian gunakan.

Cara tersebut sengaja tidak kami sertakan, alasannya yaitu disini kami hanya ingin menggambarkan cara secara umum saja.

Pastikan semua cara diatas, kalian ikuti dengan benar dan teliti, alasannya yaitu bila di lakukan sembarangan maka akan sangat berbahaya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian dan semoga hari-hari anda menyenangkan. P.AW DRD