Mengartikan Fungsi Dan Arti Spesifikasi Yang Ada Pada Smartphone Android Secara Lengkap

 Mengartikan semua Spesifikasi pada Smartphone Android Mengartikan fungsi dan arti Spesifikasi yang ada pada Smartphone Android secara lengkap

Smartphone memang sudah tidak bisa lagi kita pandang sebagai sebuah alat penunjang yang bersifat Sekunder kini ini, lebih kesini Smartphone sudah berevelosi menjadi sebuah alat yang memang menjadi penunjang kebutuhan utama.

Jika kita bandingkan kelasnya, mungkin kegunaan dan fungsi Smartphone kini ini sama menyerupai sebuah alat transportasi inpidual, menyerupai motor atau sepeda, memang tidak harus dimiliki.

Tetapi, bagi yang memilikinya, maka kegunaan Smartphone tersebut mungkin akan sama keuntungannya menyerupai kegunaan dari alat transportasi yang sudah kami sebutkan diatas.

Kenapa tidak? alasannya kini ini dengan hanya bermodalkan Smartphone saja, kalian sudah bisa melaksanakan banyak hal dengan gampang dan dengan tenaga yang minim, sebut saja menyerupai Komunikasi dengan jalur pribadi atau grup.

Lalu, dengan Smartphone kalian juga bisa melaksanakan hal lain untuk kebutuhan hidup kalian, menyerupai urusan perut, keuangan, asuransi, pulsa, belanja dan kebutuhan utama kita sebagai insan lainnya, memang bisa dipermudah dengan adanya sebuah Smartphone tersebut.

Jika, kita berbicara terkait Smartphone mana yang paling banyak penggunaanya kini ini, maka jawabannya sudah niscaya yaitu Smartphone Android!

Tetapi, pada faktanya kini ini bukan hanya Smartphone Android saja yang bisa kalian miliki, melainkan masih ada Smartphone dengan OS lain yang bisa kalian beli, sebut saja menyerupai rival infinit Smartphone Android, yaitu yaitu Smartphone iOS dari Apple.

Lalu, ada juga Smartphone berbasis OS Tizen, Jola dan lainnya, tetapi dari semua jenis Smartphone tersebut, pada faktanya Smartphone yang paling mendominasi kini ini, ya memang hanya Smartphone Android saja.

Kenapa demikian? dengan alasan Smartphone Android itu bisa hadir dalam semua Segmentasi level pasar, baik itu kelas paling bawah yaitu Entry-level sampai kelas atas yaitu High-end, kalian bisa dengan gampang menemukan variasi dari Smartphone Android dari kelas tersebut.

Berbeda dengan Smartphone dari Apple, yang pada kenyataannya memang hanya berada dan bermain di level kelas High-end saja, sehingga dengan kondisi tersebut, maka masuk akal bila Smartphone Android bisa melaksanakan Dominasi dari dulu sampai sekarang.

Terlebih lagi, dalam dunia Smartphone Android tersebut, ada banyak Brand atau pemain hebat yang juga ikut ambil bagian, sebut saja menyerupai Samsung, Sony, LG, Huawei, Asus dan lainnya.

Dengan adanya dampak Brand besar tersebut, maka tidak mengherankan bila kini ini banyak sekali bermunculan Smartphone Android dengan jenis Inovasi yang variatif dan terkesan sangat mutakhir.

Lalu, jika dari perspektif pembeli atau calon pembeli bagaimana?

Nah, tentu saja akan sangat membingungkan untuk bisa mencari Smartphone Android terbaik dari bermacam-macam jenis Smartphone Android yang bisa kalian pilih dari pasar kini ini.

Apalagi, jika kalian yaitu seorang yang awam, maka untuk bisa menemukan atau membeli sebuah Smartphone Android terbaik dengan budget yang dimiliki niscaya akan sulit dilakukan, jika tidak tahu tolak ukur dan indikatornya.

Lalu, apa sih tolak ukur dan indikator value (Nilai) dari sebuah Smartphone Android tersebut? maka jawabannya yaitu 2 hal ini :

  • Harga
  • Spesifikasi

Jika, terkait harga maka sudah jelas, ada harga ada kualitas, tetapi bila dari Perspektif Spesifikasi? maka disini kalian bisa akan lebih banyak diuntungkan.

Karena ada beberapa kondisi dimana ada sebuah Smartphone Android dengan Spesifikasi yang lebih bagus, tetapi dijual dengan harga yang lebih rendah, dari Smartphone Android dengan Spesifikasi yang lebih rendah, tetapi dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Nah, inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu terkait masalah kunci kepuasan pembeli dalam sebuah Smartphone Android yang akan mereka beli dari Budget yang sudah disiapkan, alasannya kunci kepuasan ada di Spesifikasi Smartphone Android tersebut.

Apa pentingnya Spesifikasi di Smartphone Android?

Jika, dulunya kalian hanya mementingkan sebuah Brand dan tidak mau tahu terkait Spesifikasi yang ada didalamnya, maka mungkin cara pandang kalian harus diubah dulu.

Karena, bagi kami pribadi, masa kurang cerdik dengan yang namanya Brand, asalkan Spesifikasi dari Smartphone Android tersebut baik dan terbaik bila dilihat dari Valuenya, maka sudah niscaya Smartphone Android tersebut akan kami beli.

Alasan yang mendasari dari kondisi ini yaitu alasannya disini yang dipertaruhkan yaitu uang yang kalian kumpulkan, untuk membeli sebuah Smartphone Android baru, yang niscaya saja kalian ingin sebuah Smartphone Android paling terbaik dengan Budget yang bisa kalian jangkau.

Namun, bila kalian yaitu seorang Fanboy atau seorang yang sudah cinta mati dengan sebuah Brand tertentu, maka tidak salah juga sebetulnya dan bahasan dibawah ini masih tetap akan bermanfaat untuk kalian.

Karena disini kami akan mengartikan semua hal terkait yang ada dalam sebuah Spesifikasi didalam suatu Smartphone Android tersebut.

Lalu, jika kalian bertanya, apa pentingnya Spesifikasi tersebut untuk diketahui? maka jawabannya akan sangat penting sekali, alasannya Spesifikasi akan berkaitan bersahabat dengan kepuasan penggunaan Smartphone Android tersebut dan tentu saja Spesifikasi juga akan mencerminkan Kualitas dan Harga dari Smartphone Android terkait.

Kenapa Spesifikasi perlu diperhatikan?

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, Spesifikasi itu bila dipelajari akan berdampak positif untuk kalian, alasannya dengan adanya Spesifikasi tersebut, kalian bisa menbandingkan Smartphone Android satu dengan lainnya dan mengukur Smartphone Android mana yang terbaik yang bisa kalian jangkau kini ini.

Untuk bisa melihat Spesifikasi tersebut, gampang saja, kalian bisa berkunjung kehalaman situs resmi Produsen Smartphone Android terkait, atau bisa juga mendapat info dari Spesifikasi Smartphone Android tersebut dari situs pihak ke-3 menyerupai GSMArena atau Phone Arena.

Jika, kalian yaitu seoarang yang memang kritis dengan Budget yang kalian miliki, maka hal terkait Spesifikasi dan pembandingannya tersebut akan menjadi sangat krusial untuk kalian lakukan, alasannya kepuasan yang akan dipertaruhkan disini.

Lalu, indikator Spesifikasi itu baiknya dilihat dari faktor apa saja?

Indikator evaluasi Spesifikasi Smartphone Android yang baik

Jika, kita berbicara terkait Indikator, maka sudah niscaya dalam evaluasi sebuah Spesifikasi Smartphone Android yang baik itu, kita akan membutuhkan beberapa Indikator perbandingan yang bisa kita lihat dari beberapa aspek.

Aspek-aspek tersebut memang bab menyeluruh dari sebuah Smartphone Android, tetapi dipisahkan menjadi bagian-bagian penting yang akan diperbandingkan, aspek yang kami maksud disini ialah :

  • Display
  • Body & Material
  • Performance
  • Features

Nah, ke-4 bab diatas yaitu kunci untuk bisa mempelajari Spesifikasi pada sebuah Smartphone Android dan kami tekankan sekali lagi, semua hal yang kami bahas dibawah ini merujuk ke pada hal yang berkaitan dengan Hardware dalam 80% persentasinya.

Baiklah, tanpa perlu berlama-lama, kita akan mulai pembahasan kita kali ini, kami akan menjelaskannya secara bertahap, sesuai dengan aspek-aspek yang sudah kami sebutkan diatas.

Mengartikan Spesifikasi pada Smartphone Android

Seperti yang sudah kami singgung diatas, disini kami akan menjelaskan terkait problem Spesifikasi tersebut secara runtut, berbasarkan aspek dan segmentasi yang sudah kami sebutkan diatas.

Kami pun akan menjelaskannya secara padat pada tiap bab Part yang perlu diartikan, sehingga kalian bisa dengan gampang memahaminya, oke kita akan mulai masuk pada titik berat pembahasan kita kali ini :

Display Specifications

 Mengartikan semua Spesifikasi pada Smartphone Android Mengartikan fungsi dan arti Spesifikasi yang ada pada Smartphone Android secara lengkap

  1. Display Panel : Panel utama pada Smartphone Android untuk memunculkan gambar dan teknologi Touch Screen, umumnya Display Panel yang sering dipakai dikala ini yaitu TFT LCD, IPS LCD, OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED dan Fluid AMOLED.
  1. Ratio : Berkaitan dengan luas pandangan pada Smartphone Android, umumnya ratio yang sering dipakai yaitu 16:9, tetapi diteknologi Full Screen kini ini, Smartphone Android sudah lebih banyak memakai Ratio 18:9 sampai 21:9.
  1. Resolusi (PPI Density) : Berkaitan dengan ketajaman layar atau kejernihan dari gambar yang dihasilkan oleh Display Panel, semakin tinggi Resolusi yang digunakan, maka akan semakin jernih gambar yang ditampilakn, alasannya Pixel yang sangat rapat dan kecil (PPI Density), Resolusi yang sering dipakai pada Smartphone Android kini ini yaitu HD, HD+, FHD, FHD+, QHD (2K) dan UHD (4K).
  1. Ukuran / Size (Inch) : Ukuran layar pada Smartphone Android itu tidak dihitung menurut CM, melainkan Inch, umumnya Smartphone Android Modern itu sudah memakai Size layar minimal 5.5 Inch, tetapi perlu digaris bawahi, ukuran Layar yang besar, juga harus dibarengi dengan Resolusi Layar yang besar juga, misalkan Layar 6.3 Inch, maka minimal Resolusi Layarnya yaitu FHD atau FHD+, bila memakai HD+ saja, maka gambar dilayar Smartphone Android tersebut, tidak akan lezat untuk dipandangi.
  1. Corning Gorilla Glass : Ini yaitu sebuah Proteksi Kaca layar yang berfungsi untuk menahan goresan yang terjadi dilayar Smartphone Android, tetapi alasannya harganya yang cukup mahal, biasanya pinjaman layar ini hanya tersedia untuk Smartphone kelas Menengah keatas saja.

Jika, kalian berminat untuk mempelajari semua hal terkait Display tersebut secara lebih mendalam, silahkan pelajari selengkapnya pada halaman yang sudah kami tulis dibawah ini :

Nah, bab layar ini sudah kita bahas, berikutnya yang akan kita bahas yaitu terkait Spesifikasi Body & Material.

Body & Material Specifications

 Mengartikan semua Spesifikasi pada Smartphone Android Mengartikan fungsi dan arti Spesifikasi yang ada pada Smartphone Android secara lengkap

  1. Polycarbonate : Adalah materi material yang Body Smartphone Android yang dibuat dengan basis Plastik kuat yang gampang untuk dibuat dan sangat Superior untuk bisa menangkap Signal Seluler secara maksimal.
  1. Metal : Adalah bahan material dari besi yang akan terasa lebih kokoh dan kuat, tetapi tidak cukup anggun untuk menangkap Signal Seluler, kecuali pada Smartphone Android tersebut diletakan Anthena Lines dibagian Case belakang Smartphone Android terkait.
  1. Glass : Adalah bahan material yang terbuat dari kaca, bukan beling semabarangan tetapi sebuah beling yang kokoh dan biasanya sudah diberikan pinjaman oleh Corning Gorilla Glass.
  1. Ceramic : Bahan material yang sebetulnya cukup menyerupai dengan kaca, tetapi lebih kokoh dan tahan terhadap tekanan, sama menyerupai material materi Glass, materi material pada Ceramic pada Smartphone Android, biasanya juga sudah diberikan pinjaman extra dari Corning Gorilla Glass.
  1. Aluminum : kalau ini biasanya dipakai untuk menciptakan rangka atau frame dari sebuah Smartphone Android, agar bobot Smartphone Android akan menjadi lebih ringan, sekaligus menjadi lebih kokoh dari metarial berbahan plastik, umumnya Frame Aluminum ini biasanya dipakai sebagai Athena Lines perhiasan untuk Smartphone berbahan Metal, Glass ataupun Ceramic.

Jika, kalian ingin lebih mendalami terkait problem Body & Material tersebut, kami punya pembahasan komperhensifnya, bila berminat silahkan pelajari semua hal tersebut pada halaman dibawah ini :

Pembahasan terkait aspek Body & Materai sudah selesai kita bahas, kemudian hal yang menjadi pembahasan selanjutnya yaitu terkait pada bab Performa tersebut.

Performance Specifications

 Mengartikan semua Spesifikasi pada Smartphone Android Mengartikan fungsi dan arti Spesifikasi yang ada pada Smartphone Android secara lengkap

  1. CPU : Biasanya disebutkan untuk mewakali Processor, fungsi CPU ialah untuk melakukan semua tidankan Processing yang berjalan di Smartphone Android, semakin cepat CPU, maka akan semakin cepat dan lancar tanpa Lags, aplikasi yang telah kalian jalankan, umunya CPU Processor yang kerap dipakai yaitu Dual-Core, Quad-Core sampai Dexa-Core.

Mau tahu, ranking CPU terbaik untuk Smartphone Android kini ini dan jenis-jenis dari Processor Android yang ada dan umum dipakai kini ini? maka silahkan lihat halaman dibawah ini :

  1. GPU : Sepaket dengan CPU yang menjadi satu bab dari SoC, GPU ini berfungsi sebagai media Rendering untuk mengolah grafis 3D, umumnya bila kalian yaitu seorang Gamers, maka permasalahan GPU ini wajib untuk kalian perhitungkan, karena tidak semua Smartphone Android mempunyai GPU yang anggun untuk bisa diajak bermain Games 3D yang berat.

Mau tahu, ranking GPU terbaik untuk Smartphone Android kini ini dan jenis-jenis dari GPU Android yang ada dan umum dipakai kini ini? maka silahkan lihat halaman dibawah ini :

  1. Memory / RAM : Fungsinya sama menyerupai yang ada di Komputer Desktop, kegunaan RAM di Smartphone Android juga akan berfungsi sebagai sebuah media untuk menjalankan Resource Size dari Aplikasi-aplikasi Android dan umumnya lebih berfungsi sebagai media Multitasking, semakin besar Size RAM, maka akan semakin lancar aplikasi yang kalian buka, meski dibuka dan dijalankan bahu-membahu sekaligus.

Mungkin muncul pertanyaan, penting mana? RAM atau CPU untuk Smartphone Android, maka halaman dibawah inilah jawabannya :

  1. Internal Storage : Hal ini terkait dengan Hardware Drive Storage yang ada pada sebuah Smartphone Android, umumnya memakai Hardware eMMC, tetapi kini ini beberapa Smartphone Android kelas atas sudah memakai Harwdare UFS yang mempunyai transfer yang lebih cepat dan usia yang lebih lama dari eMMC.
  1. External / Expansion Storage : Mudahnya ini bisa kalian artikan dengan sebagai media untuk menambahkan Storage External dari Memory SD, tetapi tidak semua Smartphone Android mempunyai fitur ini.
  1. Battery : Ini sudah terang sebenarnya, yaitu baterai, semua orang niscaya sudah tahu bahwa Smartphone Android itu gres bisa hidup, bila baterai pada Smartphone Android tersebut ada dayanya, umumnya jenis Baterai yang dipakai yaitu Li-Ion dan Li-Po dan untuk besaran kapasitas baterai pada Smartphone Android itu dihitung menurut Milliampere Hour (mAh).

Perlu kalian perhatikan, Battery besar bukan berarti akan tahan seharian atau tahan lama, alasannya? sudah kami tulis dihalaman dibawah ini :

Sampai sini, selesai sudah pembahasan 3 kunci aspek utama dalam melaksanakan evaluasi terhadap Spesifikasi pada Smartphone Android tersebut, sesudah ini kita akan berbicara terkait Spesifikasi Optional yang nyatanya juga akan sangat penting untuk diperhitungkan, yaitu terkait problem Features atau Fitur.

Features Specifications

 Mengartikan semua Spesifikasi pada Smartphone Android Mengartikan fungsi dan arti Spesifikasi yang ada pada Smartphone Android secara lengkap

  1. Fast Charging : Adalah sebuah fitur untuk melaksanakan akselesari dalam kecepatan Charge Battery semoga bisa lebih singkat dan cepat penuh Battery Smartphone Android terkait, umumnya fitur Fast Charging ini memakai besaran 18W, 20W, 30W sampai lebih besar lagi, semikin besar Watt tersebut, maka akan semakin singkat Process Charging berlangsung.
  1. Fingerprint : Adalah sebuah alat keamanan berupa sensor sidik jari yang ditanamkan pada Smartphone Android terkait, peletakan umumnya biasanya terletak pada bab Case Belakang (Rear Mounted), bab samping sekaligus menjadi Tombol Power dan dulunya juga sering dipakai di Home Button, ingat! tidak semua Smartphone Android mempunyai fitur ini.
  1. Fingerprint under Display : Sama menyerupai fitur fingerprint yang sudah kami jelaskan diatas, tetapi Fingerprint under Display ini, memiliki letak dibawah bab layar dan sifatnya juga Optical.
  1. Camera : Ini yaitu fitur yang selalu menjadi pembanding utama, biasanya seseorang yang ingin membeli sebuah Smartphone Android baru, niscaya ingin mempunyai sebuah Smartphone Android dengan performa kamera yang bagus, sejauh ini ada bermacam-macam jenis Camera yang ada pada Smartphone Android.

Karena, pembahasan terkait Kamera pada Smartphone Android ini bisa jadi sangat panjang sekali, maka kami sarankan untuk melihat detailnya pada halaman yang sudah kami buat dibawah ini :

  1. Face Unlock / ID : Adalah terkait fitur keamanan yang akan menfungsikan kamera depan (Selfie) Smartphone Android kalian untuk bisa dipakai dalam melaksanakan Scanning wajah pengguna, sehingga Smartphone Android bisa terbuka seketika, bila wajah kalian dikenali oleh System OS Android melaluai Kamera Selfie tersebut, umumnya fitur ini dimiliki semua Smartphone Android, asalkan mempunyai kamera depan.
  1. Iris Scanner : Fungsinya munkin mirip menyerupai Face ID, tetapi Iris scanner ini yaitu sebuah Teknologi yang sangat canggih yang bisa membaca biometrics Iris mata pengguna Smartphone Androd terkait, fitur ini masih sangat jarang digunakan, karena memang biaya produksinya mahal.
  1. Wireless Charging : Ini yaitu sebuah fitur masa depan, dimana Smartphone Android kalian tidak perlu lagi di Charge dengan memakai sebuah Kabel dan Adaptor, cukup tempatkan pada alat Wireless Charging, maka Smartphone Android kalian akan terisi baterainya secara otomatis, tanpa kabel sama sekali.
  1. NFC : Memiliki arti Near Field Communication yaitu sebuah fitur dan menjadi Standard gres dalam proses transaksi cepat, menyerupai belanja di minimarket, mall ataupun bayar jalan tol, hanya saja di Indonesia, fitur NFC ini masih sangat jarang di Implementasikan, sehingga Smartphone Android yang masuk ke Indonesia, rata-rata masih belum mempunyai fitur tersebut.
  1. USB on Go : Punya Flashdisk? dan kalian mau semoga Flashdisk tersebut bisa terbaca di Smartphone Android? maka USB on Go yaitu fitur untuk bisa mewujudkan hal tersebut.
  1. USB Type-C : Ini yaitu Standard gres dalam pengguna USB di Perangkat Smartphone Android, umumnya fitur ini telah menggantikan teknologi Micro USB yang mempunyai Transfer File lebih lamban dan tidak bisa dibolak balik Portnya (Reverse).
  1. Dolby Atmos : Merunjuk kepada sebuah fitur pengeras bunyi yang sangat ahli untuk mengeluarkan bunyi yang lantang, bulat, jernih dan nendang, sekali lagi tidak semua Smartphone Android mempunyai fitur ini.
  1. AI (Artificial Intelligence) : Kecerdasan buatan, itulah fungsi dari fitur ini, umumnya fitur ini bisa sangat diandalkan untuk mengatur segala hal yang tidak bisa kalian lakukan dan umumnya AI itu mempunyai keputusannya sendiri.
  1. OS : Terkait kepada System Software yang digunakan, umumnya di indikasikan dengan Versi dari OS Android terkait dan biasanya beberapa Produsen Smartphone Android juga menyertakan Custom ROM disini, menyerupai MIUI, EMUI, ColorOS, One UI, OxygenOS dan lainnya.
  1. Sensor : Ini terkait dengan banyaknya sensor yang ada di Smartphone Android, menyerupai sensor Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Compass, Barometer, Pleasure dan Temperature, tidak semua Smartphone Android mempunyai Sensor yang lengkap.
  1. Wi-Fi, GPS, Bluetooth, SIM, Network : Kalian tahu sendiri lah fungsinya ini buat apa.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan sederhana kita kali ini, kami menyadari mungkin ada beberapa hal yang masih belum kami sertakan diatas, alasannya mungkin ketidaktahuan kami.

Tetapi, artikel ini akan terus akan kami lengkapi dan update setiap saat, semoga bisa menjadi pola untuk tempat berguru yang anggun untuk mengartikan sebuah komponen yang ada dalam suatu Perangkat Smartphone Android.

Dengan adanya artikel ini, kami harapkan kalian bisa dengan gampang melaksanakan perbandingan antar Smartphone Android dan bisa mencari yang terbaik diantara banyak perbandingan yang telah kalian buat sebelumnya.

Karena, disini kita berbicara terkait Budget, maka hal maksimal harus menjadi prioritas untuk kalian, semoga kalian tidak akan dirugikan setelahnya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, pengetahuan kalian bisa bertambah dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD