Melakukan Backup Data Di Os Android Itu Penting !

 Pernahkah kalian suatu hari menyimpan sebuah data yang kalian anggap penting pada smartph Melakukan Backup data di OS Android itu penting !

Pernahkah kalian suatu hari menyimpan sebuah data yang kalian anggap penting pada smartphone kalian tetapi entah alasannya suatu hal data tersebut hilang entah jawaban dari smartphone yang menjadi error, kerusakan komponen penyimpan data atau kesalahan lainnya, niscaya kalian semua kesal bukan? tetapi disini smartphone kalian tidak bisa disalahkan jadi siapa yang patut disalahkan?

Yang pastinya yang salah yakni kalian sendiri alasannya kalian tidak membackup data kalian apalagi itu yakni sebuah data yang berdasarkan kalian penting yang seharusnya tetap disimpan dan tidak hilang, kemudian kenapa smartphone tidak bisa disalahkan? ya alasannya dalam smartphone tersebut sudah disediakn fitur untuk melaksanakan backup data tersebut bisa pribadi dari system atau dari aplikasi pihak ketiga.

Mau bagaimanapun smartphone itu yakni sebuah alat elektronik yang rentan rusak dalam artian kerusakan secara internal mencakup kerusakan system, crash bahkan error hingga matot dan kerusakan secara external menyerupai smartphone kecemplung di air, dihantam meteor bahkan yang lebih ngerinya di injek kuda mau kawin, nah sesuatu hal yang menyerupai ini tidak bisa kita prediksi dan hampir tidak pernah sanggup kita hindari.

Dengan demikian sebuah smartphone tersebut dibentuk niscaya dengan fitur backup dan restore tersebut, bukan tanpa alasan dibutnya fitur tersebut, melainkan alasannya untuk mengatasi hal kehilangan data yang tidak di inginkan oleh pengguna alasannya faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas, dan kalau data penting yang kalian jaga hilang tanpa kalian backup maka 100% tidak akan kembali lagi data tersebut hingga kapanpun, kecuali kalau sebuah telur bisa tumbuh rambut maka kemungkinan data kalian akan kembali secara gila hehee.

Lalu bagaimana cara membackup data dari sebuah smartphone ? disini ada beberapa pilihan yaitu yakni membackup data dengan aplikasi pihak ketiga, menggunakan system default atau bahkan menggunakan pemberian recovery yang bisa secara default atau bahkan custom recovery.

1. Menggunakan aplikasi pihak ketiga
Jika kalian ingin membackup sebuah data cara yang lebih mudah memang menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga, kalian bisa mendapat aplikasi ini di Playstore mulai dari yang free hingga pro, dan kebanyakan kemampuan aplikasi pihak ketiga ini hanya bisa membackup aplikasi dan beberapa opsi lain menyerupai backup pesan atau kontak.

2. Menggunakan fitur system default
Dalam hidangan settings kalian niscaya terdapat hidangan backup and restore yang berkhasiat memang untuk membackup data kalian yang ada dismartphone dan ketika kalian menginginkannya kembali kalian bisa melaksanakan restore, dan kemampuan backup dari fitur bawaan dari system ini sama menyerupai aplikasi pihak ketiga yang sanggup membackup pengaturan yang dilakukan secara personal, pesan, konytak dan lainnya, cara ini terbilang lebih mudah dari cara pertama alasannya kalian hanya perlu menggunakan fitur yang sudah disediakan system secara default

3. Menggunakan pemberian recovery
Dan kalau kalian menginginkan backup system secara full kalian perlu melaksanakan backup dari recovery alasannya bukan hanya aplikasi, pengaturan, pesan dan kontak yang sanggup di backup melakainkan keseluruhan system tersebut berupa ROM, jadi jangan takut kalau data kalian bakal hilang alasannya kalian hanya perlu melaksanakan restore dengan menggunakan recovery lagi dan data kalian bakal kembali lagi plus dengan keadaan system dikala kalian melaksanakan backup pokoknya lebih komplit deh, tetapi cara ini terbilang agak ribet dan memakan size yang besar untuk tiap file backup jadi direkomendasikan menggunakan kapasitas storage yang berkapasitas besar.

Jika kalian sudah menerapkan salah satu dari cara diatas maka data yang akan kalian lindungi bakal kondusif dan tidak ada rasa khawatir untuk kehilangan data tersebut, tetapi kalau data kalian berada dalam memory eksternal kalian, mungkin kalian bisa menyalin data tersebut ke aneka macam media seperi ke PC, Flashdisk bahkan penyimpanan cloud untuk cari amannya, dan semoga artikel kali ini menjadi pembelajaran yang kasatmata bagi kalian semoga jangan pernah menganggap sepele data penting yang tidak di backup semoga tidak ada penyesalan nantinya.