Daftar Nama Versi Os Android, Sejarah Dan Perkembangannya (Updated)

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Transisi dari era Traditional ke era Digital memang sudah terjadi kini ini, tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan, bersamaan dengan bermacam-macam Inovasi digital yang bisa di gunakan oleh masyratakat dunia.

Salah satu penetrasi dari era Digital yang memang sangat terasa dampaknya yakni terkait dengan aspek Komunikasi dan Multimedia, ya! Smartphone yakni salah satu penggenjot kenapa era Digital ini bisa begitu cepat tiba dan berubah ke level yang baru.

Smartphone sendiri bukan lagi menjadi barang yang glamor dan langka kini ini, sebab Smartphone di zaman kini ini sudah bisa di gunakan oleh siapapun, meski dengan daya beli yang berbeda di masing-masing Inpidu.

Karena, sejatinya dikala ini kalian sudah bisa memakai Smartphone dengan hanya merogoh kocek kantong, paling tidak ratusan ribu, maka sebuah alat yang namanya Smartphone itu sudah bisa kalian miliki dan dinikmati manfaatnya.

Smartphone sendiri yakni sebuah alat yang memang merupakan sebuah evolusi dari sebuah Ponsel biasa yang berkembang menjadi sebuah Ponsel Pintar (Smartphone), kata Pintar disini bukan tanpa arti, sebab sejatinya sebuah Ponsel Pintar itu gres bisa di katakan Pintar kalau sudah bisa di gunakan dalam hal yang beragam.

Tidak semata-mata untuk melaksanakan Komunikasi jarak jauh saja, melainkan bisa di gunakan untuk hal lain, seperti untuk menunjang Pekerjaan biar lebih gampang diselesaikan, menikmati bermacam-macam hiburan, menyerupai menonton Video atau bermain Games, mengabadikan moment Foto dan Video secara eksklusif dari Smartphone.

Sehingga sebuah Ponsel itu gres bisa di katakan Pintar kalau bisa melalukan semua hal yang sudah kami sebut diatas dan semua hal diatas akan sulit di kerjakan kalau tidak ada sebuah System, di dalam kasus ini yakni sebuah System Operasi (OS).

Maka, dengan demikian, Smartphone itu memang kuat kaitannya dengan yang namanya OS (Operating System).

Pada era kini ini, memang ada bermacam-macam jenis Smartphone dengan OS yang berbeda-beda, tetapi dari banyak OS Mobile tersebut hanya ada beberapa saja yang benar-benar terkenal dan bisa diandalkan untuk melaksanakan bermacam-macam hal.

Sebut saja menyerupai iOS milik Apple dan juga Android milik Google, kedua OS ini memang selalu menghiasi pasar Smartphone secara Global dari waktu yang sudah sangat lama.

Meski demikian, di luar sana ada beberapa OS Mobile yang nyatanya sudah berhenti beroperasi, sebab memang kalah canggih (ketinggalan zaman) dan tentu saja kalah dari aspek Inovasi dan Teknologi.

Sehingga, inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu terkait perihal Sistem Operasi Smartphone yang paling terkenal yaitu adalah OS Android.

Bagi, kalian yang memang gemar dengan dunia Teknologi serta bahagia untuk mengikuti perkembangannya, tentu saja bahasan terkait OS Android tersebut memang akan selalu menarik untuk di bahas.

Hanya saja, di luar sana, masih tidak ada Informasi akurat yang menarik untuk di baca dalam mengupas tuntas semua hal terkait OS Android tersebut, sebab menyerupai yang kalian ketahui OS Android itu memang menjadi OS Mobile yang paling aktif pengembangannya kini ini.

Sehingga, semua Informasi yang ada terkait di OS Android selalu saja bisa berubah sewaktu-waktu, maka disinilah kami akan mengambil tantangan tersebut, guna untuk menyajikan goresan pena artikel yang lengkap untuk pembahasan OS Android tersebut.

Maka, disini kami akan berbicara banyak terkait apa itu OS Android, sejarahnya, cara distribusinya, perkembangannya, hingga hal lain yang memang penting untuk kalian ketahui.

Apa itu OS Android?

Hal pertama yang harus kalian ketahui yaitu apa sih OS Android tersebut? apa keunggulan dan kehebatannya di bandingkan OS lain? maka disinilah kalian akan bisa memahami hal tersebut.

  1. OS Android yakni sebuah Sistem Operasi untuk Perangkat Pintar yang berbasis pada Linux Kernel sebagai prosedur System utama untuk menjalankan keseluruhan fungsi dari OS tersebut, OS Android sejatinya berjalan dengan Structure Platform 32-bit dan juga 64-bit.
  1. Kehebatan dari OS Android itu ialah sebab bersifat Open Source, yang dalam artian setiap Inpidu, Agency, Group Development, Researcher hingga Corporate bisa ikut terlibat dalam pengembangan Sistem Operasi tersebut dengan prosedur Third Party.

Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu, kenapa OS Android bisa tumbuh sebesar sekarang, karena tugas Komunitas di dalamnya yang memang aktif dan faktanya melaksanakan bermacam-macam hal terkait Development pada OS Android memang selalu menarik untuk di lakukan.

Selain menjadi ladang bisnis yang bagus, Project Open Source di OS Android ini juga bisa di gunakan untuk membuat perangkat dengan teknologi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, misalkan menyerupai Teknologi Artificial Intelligence (AI) ataupun Augmented Reality (AR), semua hal tersebut bisa tercipta dengan adanya dukungan dari OS Android tersebut sebagai media uji cobanya, meski tidak mutlak ada sebab OS Android tentunya.

OS Android bukan hanya untuk Smartphone

Menyambung dari pembahasan diatas, menyerupai yang kalian ketahui OS Android itu memang Populer dan berasal dari sebuah Smartphone (Ponsel Pintar), tetapi semakin kesini OS Android itu bukan hanya di gunakan pada Smartphone saja lagi, melainkan sudah bisa di Implementasikan ke banyak sekali Perangkat Pintar lainnya.

Sehingga OS Android bukan lagi menjadi sebuah OS Mobile yang khusus untuk sebuah Smartphone, sebab pada faktanya OS Android itu didesign dan bisa di jalankan pada perangkat sebagai berikut :

  • Tablet
  • Smart TV
  • Auto Technology
  • Console
  • Digital Camera
  • Smartwatch
  • Wearable Gadget

Maka, bisa di bilang OS Android itu sangat kasar dalam pertumbuhan serta perkembangannya, maka jangan heran, kalau di masa depan nanti, akan ada lebih banyak Perangkat Pintar yang memakai OS Android tersebut.

Karena hingga sekarang hanya OS Android lah satu-satunya OS yang bisa menjangkau banyak hal, terkait untuk akomodasi dalam hidup di zaman serba digital menyerupai yang ada kini ini.

Google bukan pencipta OS Android

Kali ini kita akan berbicara terkait fakta, sebab mungkin yang kalian tahu bahwa OS Android itu yakni milik Google, Statement tersebut tidak salah, karena kini memang milik Google dalam hal Development dan License-nya.

Tetapi, faktanya bukan Google yang menciptakan OS Android tersebut, melainkan sebuah perusahaan yang berjulukan Android Inc, yang selanjutnya di akuisisi oleh Google pada tahun 2005 dan pengembangan serta hak miliknya pindah ke Perusahaan Raksasa Internet Google hingga kini ini.

Maka, kalau kalian sudah mengetahui hal ini, jangan lagi salah dalam menyampaikan sejarah dari OS Android tersebut, memang benar OS Android menjadi terkenal sehabis di beli oleh pihak Google, tetapi OS Android ini tidak akan pernah ada kalau tidak di buat oleh perusahaan Android Inc yang berasal Palo Alto yang mulai di buat dari sekitaran tahun 2003.

Pola Distribusi OS Android

Hal ini yang menarik dari OS Android, memang benar OS Android kini di kembangkan oleh Google, tetapi yang membuatnya semakin terkenal justru sebab pihak Produsen Smartphone!

Bagaimana bisa terjadi? sebab Google hanya membuat OS Android dan selanjutnya akan di Implementasi oleh Produsen Smartphone, mudahnya begini Google yang membuat, Vendor Smartphone yang menjual, meski sebetulnya mereka harus membeli License dari Google sebelumnya.

Maka, inilah yang sebelumnya kami katakan menarik, umumnya pihak Google hanya akan menerbitkan Source OS Android versi terbaru dalam sebuah paketan yang berjulukan AOSP (Android Open Source Project) yang selanjutnya di ambil oleh pihak Produsen Smartphone, kemudian di Implementasikan ke Produk Smartphone yang mereka buat.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Karena, OS Android itu bersifat Open Source, maka pihak OEM (Produsen Smartphone) bisa dengan leluasa untuk berbagi Source dari AOSP tersebut, sehingga terciptalah banyak sekali macam jenis Smartphone Android yang mempunyai karakteristik berbeda-beda menyerupai kini ini.

Tetapi, ada hal yang harus kalian ketahui juga, sebab Google sendiri juga membuat dan menjual Smartphone Android dengan OS Android orisinil atau OS Android murni menyerupai Source dari AOSP, sehingga kini menjadi nilai tersendiri sebab keunikannya.

Maka, sanggup kita simpulkan, bahwa Smartphone dengan OS Android kini ini mempunyai 2 buah bentuk, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Smartphone dengan OS Android Murni (AOSP)
  2. Smartphone dengan OS Android Custom (OEM Impelented)

Hal hebat lainnya dari OS Android ialah, pihak Google tidak menunjukkan batasan apapun terkait dalam dilema Custom tersebut, asalkan tidak jauh melenceng dari pada konsep OS Android secara default.

Sehingga, kini ini bisa kalian lihat sendiri, meski sama-sama memakai OS Android, nyatanya Smartphone Android yang ada kini ini, bisa mempunyai rasa yang berbeda-beda dan kalian harus berterima kasih, karena OS Android itu Open Source, sehingga hal inilah yang membuatnya menjadi mungkin.

Smartphone OS Android Pertama

Pembahasan ini yakni juga pembahasan penting, sebab ini juga menjadi salah satu Pilar sejarah OS Android yang harus kalian ketahui, sebab tanpa adanya Smartphone ini, maka OS Android tidak akan bisa di kenali hingga sekarang.

Smartphone pertama yang memakai OS Android ialah Smartphone buatan dari vendor HTC yaitu yakni HTC Dream atau juga di kenali dengan T-Mobile G1, berikut yakni penampakan Smartphone pertama dengan OS Android :

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Meski di rilis masih dalam keadaan menyerupai bayi, nyatanya OS Android berhasil menarik perhatian OEM besar, menyerupai Samsung dan Sony, sehingga munculah Smartphone Samsung Galaxy Spica dan juga Sony Ericsson X10 yang mana disinilah di mulai eranya Smartphone Android mulai banyak di kenali dan di gunakan.

Melalui, semua keterbatasan pengembangan di awalnya, OS Android berani menantang OS secara umum dikuasai untuk Ponsel zaman dulu menyerupai OS Symbian pada Nokia dan OS Java untuk Featured Phones, dengan modal kerja keras dan pandai membaca pasar dan kemauan pasar, maka sekarang ini OS Android sudah benar-benar menjadi OS yang paling banyak dipakai dan paling Populer di seluruh dunia.

Pelopor Terkenalnya Smartphone Touchscreen

Sebenarnya, bukan Smartphone Android yang membuat Smartphone Touchscreen tersebut, tetapi melalui Smartphone Android lah Perubahan Massive itu mulai terjadi.

Karena pada dasarnya OS Android itu memang di design untuk Smartphone dengan Teknologi Layar Sentuh secara primer, hingga menjadi Trend menyerupai yang ada kini ini.

Maka, kalau kita lihat dari Historisnya, maka benar saja, semua Produk Smartphone yang memakai OS Android memang hampir semuanya memakai fitur Touch Screen, maka tidak salah kalau kita menyebutkan, bahwa OS Android memang menjadi salah satu Pelopor Smartphone Layar Sentuh yang masih Exist hingga masa sekarang.

Meski demikian, sebetulnya masih ada OS lain yang juga mempopulerkan Smartphone berlayar sentuh tersebut, sebut saja menyerupai Nokia dengan OS Symbian dan juga Apple iPhone, maka disini OS Android hanya berperan sebagai salah satu Pelopornya saja dan bukan yang menjadi yang pertama dalam penggunaan fitur Touch Screen tersebut.

Perubahan Logo OS Android

Karena OS Android itu merupakan sebuah Brand dari Google, maka sudah terang disini mereka perlu sebuah Logo untuk membuat suatu karakter dan ciri khas, biar orang-orang bisa dengan gampang mengenali OS Android dari Brand Logo tersebut.

Sejauh ini, Logo OS Android sudah 3 kali berubah semenjak pertama kali rilis, uniknya Logo untuk Smartphone Android itu bukan berbentuk menyerupai Brand Logo pada umumnya, sebab Logo OS Android itu ya Text atau kata Android yang di buat dengan style khusus.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, OS Android mengalami perubahan Logo sebanyak 3 kali, yaitu yang pertama semenjak tahun 2007, kemudian berubah pada tahun 2014 dan berubah lagi pada tahun 2019, berikut yakni bentuk evolusi dari Logo OS Android :

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)
Digunakan dari 2007 – 2014
 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)
Digunakan dari 2014 – 2019
 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)
Digunakan mulai 2019

Bagaimana? sederhana bukan? ya! sebab OS Andriod tidak memerlukan model Logo yang atraktif biar bisa terkenal dan gampang di kenali orang, cukup dengan Logo sederhana tersebut, maka orang sudah bisa tahu bahwa itu yakni Logo dari OS Android yang memang menjadi sebuah Fenonema kini ini.

Jika, kalian ingin warta lebih lanjut, mungkin kalian perlu mengetahui terkait latar belakang dan makna yang ada pada Logo Android tersebut yang bisa kalian dapatkan dari warta bacaan dibawah ini :

Baiklah, kini kita akan beralih ke pembahasan selanjutnya dan inilah pembahasan utama kita kali ini, pastikan semua warta yang kami sajikan dibawah ini, bisa kalian serap dengan baik, biar bisa dijadikan ladang ilmu pengetahuan gres yang bermanfaat.

Daftar Nama dan Versi OS Android

Jika, kalian sudah mengetahui bahwa OS Android itu sebetulnya mempunyai sejarah yang panjang, maka hal selanjutnya yang harus kalian ketahui, yakni terkait perihal Nama dan Versi dari OS Android tersebut.

Kenapa harus ada Nama? inilah uniknya OS Android, sebab umumnya setiap versi OS Android itu mempunyai nama tersendiri atau biasanya disebut dengan Codename yang akan mewakili penamaan dari Versi OS Android yang sedang di gunakan.

Fakta menarik yang harus kalian ketahui selanjutnya dari OS Android ini lah, bahwa setiap 1 tahun sekali OS Android itu akan mendapat peningkatan Versi.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Artinya dalam tahun yang berbeda, maka akan ada 1 Versi OS Android gres dan budaya ini tetap berlangsung hingga kini yang di mulai dari tahun 2008.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut yakni Daftar Urutan Nama dan Versi OS Android dari yang Pertama hingga yang Terbaru kini ini, berikut dengan hal fakta-fakta menarik di dalamnya :

Android 1.0

Disinilah dimulainya pengembangan OS Android untuk pertama kali pada tahun 2008, hanya saja pada pengembangan pertama ini, di ketahui hanya Smartphone HTC Dream atau T-Mobile G1 saja yang menggunakan OS Pertama Android tersebut.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Pada versi pertama inilah Konsep OS Android di kembangkan dengan memakai API Level Versi 1, hingga menjadi kini ini dengan ciri khas tersendiri, semua itu di mulai Versi 1.0 yang hadir dengan beberapa fitur Core OS Android yang bisa kalian nikmati kini ini, menyerupai :

  1. Android Market (sekarang di kenal dengan Google Play Store)
  2. Integrasi Google Apps (Gmail, Maps, Calender, etc)
  3. Availability Bluetooth dan Wi-Fi Support
  4. Notfication / Statusbar (Ciri khas OS Android)

Selain itu, masih ada banyak fitur kunci utama yang ada pada Versi Pertama OS Android tersebut, tetapi hanya 4 hal diatas saja yang harus kalian ketahui, sebab ke-4 Fitur diatas memang sudah sangat bervolusi kini ini.

Fakta menarik dari OS Android 1.0 yakni sebab pada versi ini OS Android belum mempunyai sebuah Codename, sehingga tidak ada nama resmi dari OS Android Pertama ini, banyak yang menyebutkan bahwa Versi Pertama OS Android ini mempunyai Codename Alpha, tetapi hingga dikala ini masih belum bisa di Konfirmasi kebenarannya.

Android 1.1

Pada tahun berikutnya yaitu tahun 2009, OS Android mendapat pembaharuan Versi ke 1.1 yang di kenali dengan Codename Beta.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Versi OS Android 1.1 ini mempunyai API Level 2 dengan beberapa peningkatan sebagai berikut :

  1. Peningkatan fitur Maps
  2. Peningkatan Minor dan perbaikian beberapa Bugs pada versi Android sebelumnya

Update Versi OS Android 1.1 ini di ketahui hanya di distribusikan secara resmi untuk Smartphone HTC Dream atau T-Mobile G1 saja, yang memang menyerupai yang sudah kami jelaskan bahwa Smartphone Komersial itulah yang Pertama kali memakai OS Android secara resmi.

Android 1.5

Di tahun yang sama yaitu pada tahun 2009, kini OS Android sudah mulai menggunakan Codename secara Resmi untuk nama dari Versi OS Android tersebut biar gampang di kenali oleh penggunannya, untuk Codename dari Android 1.5 yakni Cupcake dengan memakai API Level 3.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Ada banyak pembaharuan pada versi OS Android ini dan selanjutnya pada OS Android ini juga persebaran penggunaan OS Android sudah kian membanyak, sebab sudah di Implementasikan oleh beberapa Produsen Smartphone kala itu, menyerupai Samsung dan Sony Ericsson.

Beberapa Update Besar (Major) pada versi Android 1.5 ini yakni sebagai berikut :

  1. Kemampuan memakai Virtual Keyboard
  2. Kemampuan memakai Widget
  3. Penambahan Efek Transisi System
  4. Fitur Rotasi terintegrasi dengan Sensor terkait
  5. Support Video dengan Formal MP4 dan 3GP

Jika, dilihat maka dari Versi Android 1.5 inilah semua hal hebat mulai ada di OS Android, sebab selain sebagai OS Android pertama yang memakai Codename, versi OS Android 1.5 ini juga mengalami peningkatan besar dari segi User Experience.

Android 1.6

Lagi-lagi pada tahun 2009 pihak Google kembali merilis versi OS Android gres yaitu versi Android 1.6 dengan Codename Donut (API Level 4).

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Teradapat bermacam-macam pembaharuan fitur dan juga perbaikan besar dari versi sebelumnya yang ada pada Versi Android 1.6 tersebut, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Peningkatan fitur Intenal Search
  2. Integrasi Fitur Multimedia biar lebih cepat di gunakan (Gallery, Camera, Camcoder, dll)
  3. Penambahan fitur VPN
  4. Pnambahan Teknologi SIM dengan Implementasi jaringan CMDA / EVDO yang awalnya cuma GSM saja.
  5. Mendukung hingga Resolusi layar WVGA (768×470)

Pada versi OS Android 1.6 ini OS Android sudah mulai di kenali oleh masyrakat luas, meski demikian masih ada sedikit saja OEM yang berani mendistribusikan Smartphone dengan OS Android.

Karena dampak Featured Phones dengan OS Java yang masih begitu kuat pada zaman itu, tetapi disinilah mulanya OS Android mulai menggeliat dan naik ke permukaan.

Android 2.0

Pada versi ini di mulailah eranya OS Android, sebab pada masa inilah OS Android sudah bisa di terima oleh masyarakat luas, sebab beberapa OEM Smartphone sudah mulai banyak membuat Smartphone dengan OS Android untuk di jual kepasaran.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

OS Android versi 2.0 ini di kenali dengan Codename Eclair (API Level 5) yang waktu perilisannya yakni pada tahun 2009 juga, yaitu di tahun dimana OS Android 1.1 hingga 1.6 Exist.

OS Android 2.0 ini juga membawa perubahan yang cukup besar yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Dukungan HTLM5
  2. Multiple Integrated Mail Account
  3. Support Bluetooh 2.1
  4. Peningkatan Performa dan peningkatan UX & UI
  5. Peningkatan fitur Google Maps Mobile
  6. Lahirnya Fitur Live Wallpaper yang melegenda

Selanjutnya, pada versi Android 2.0 ini, terdapat lagi 2 buah versi Update OS, sehingga muncul Sub-Version dengan Codename sama, tetapi berbeda versi dan API Level, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Android 2.0.1 (API Level 6)
  2. Android 2.1 (API Level 7)

Tetapi, pada Update tersebut hanya di berikan Update Minor untuk memperbaiki beberapa Bugs yang ada dari versi sebelumnya, untuk Codenamenya masih sama-sama memakai nama Eclair sebagai alat Brandingnya.

Android 2.2

Tahun 2010, pihak Google kembali merilis OS Android terbaru dengan peningkatan besar-besaran dari segi Fitur dan Fungsionalitas, OS Android 2.2 di kenali dengan Codename Froyo yang merupakan hasil kependekan dari Frozen Yogurt (API Level 8).

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Ada beberapa Update besar bersifat Major yang telah di rekam dari jejak sejarah versi OS Android ini, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Peningkatan Performa yang signifitan dengan Impelentasi JIT (Just in Time) Module
  2. Support Chrome
  3. Penambahan fitur Push Notifications
  4. Pembaharuan Launcher dan pembaharuan beberapa Aplikasi Core OS Android
  5. Penambahan Wi-Fi Tethering dan USB Tethering (Sejarah penting untuk Fakir Kouta)
  6. Support fitur gambar formal GIF
  7. Dukungan dari Adobe Flash
  8. Dukungan hingga Resolusi layar HD (1280 x 720)
  9. Support keamanan dengan metode angka atau numeric

Selanjutnya, sama menyerupai OS Android 2.0, pada versi Android Froyo ini, pihak Google juga diketahui mengupdate versi Android 2.2 ini ke beberapa Sub Versi, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Android 2.2.1
  2. Android 2.2.2
  3. Android 2.2.3

Hanya, saja pada pembaharuan Sub Versi ini, tetap memakai API level 8 dan tidak ada perubahan pada Codename, sebab sifat dari Pembaharuan tersebut hanya Minor saja.

Android 2.3

Pada versi ini OS Android sudah mendunia, sebab pada dikala OS Android berada pada versi 2.3 inilah banyak sekali Produsen Smartphone yang sudah menggunakan OS Android untuk menjadi sebuah OS Primer pada Smartphone yang mereka jual, jejak rekamnya terlacak mulai dari tahun 2010.

Karena pada masa-masa ini bukan hanya Brand Smartphone International saja yang telah mengimplementasikan OS Android pada Smartphone yang mereka buat, sebab dikala ini Brand Lokal pun juga sudah mulai memakai OS Android untuk mencoba peruntungan baru.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

OS Android 2.3 ini memang menjadi salah satu pilar sejarah penting dalam historisnya, OS Android 2.3 ini di kenali dengan Codename Gingerbread (API Level 9), pada versi OS Android 2.3 ini juga pihak Google menunjukkan Update besar-besaran terhadap bermacam-macam Support fitur dan Integrasi Hardware yang antara lain yakni sebagai berikut :

  1. Pembaharuan tampilan (UI)
  2. Support hingga ukuran layar WXGA (1366 x 768)
  3. Dukungan fitur NFC
  4. Dukungan Integrasi Equalizer
  5. Peningkatan pada konsumsi daya baterai yang kini sudah lebih efisien
  6. OS Android Pertama yang memakai Easter Egg!

Selain itu pada versi Android 2.3 ini, pihak Google juga beberapa kali menunjukkan Update dengan bertambahnya Sub Versi OS Android 2.3 tersebut, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Android 2.3.1 (API Level 9)
  2. Android 2.3.2 (API Level 9)
  3. Android 2.3.3 (API Level 10)
  4. Android 2.3.4 (API Level 10)
  5. Android 2.3.5 (API Level 10)
  6. Android 2.3.6 (API Level 10)
  7. Android 2.3.7 (API Level 10)

Era Android 2.3 atau Gingerbread ini memang tidak bisa terlupakan, sebab menyerupai yang telah kami singgung sebelumnya, pada era inilah OS Android sudah mendunia, diakui sebagai sebuah OS yang menjanjikan dan sudah mendapat Popularitas tersendiri.

Android 3.0

OS Versi ini menjadi OS Android yang paling unik, kenapa? sebab tidak tersedia untuk Smartphone dan mempunyai Sub Versi yang paling banyak, diantara Sub Versi pada versi OS Android lain, selanjutnya OS Android 3.0 ini juga di mulainya sebuah sejarah baru, yaitu sejarah penggunaan Android Tablet!

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Benar sekali, OS Android 3.0 ini bukan di buat untuk Smartphone, melainkan untuk Tablet, sehingga OS Android ini tidak pernah di distribusikan ke Smartphone secara resmi, Android 3.0 ini mempunyai Codename Honeycomb yang di rilis pada tahun 2011 dengan API Level 11

Selanjutnya, ada beberapa List Update yang kuat untuk kita kini yang tiba dari OS Android satu ini, yaitu yakni :

  1. OS Android yang bisa di gunakan di Tablet
  2. Fitur USB On The Go
  3. Peningkatan akselerasi Hardware

Untuk Tablet pertama yang memakai OS Android dengan versi 2.3 Honeycomb ini yakni Tablet Motorola Xoom, tetapi pada dikala itu, nampaknya penggunan Tablet memang masih menjadi hal yang tidak umum.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Selanjutnya, pada versi Android Honeycomb ini, Google juga paling banyak menunjukkan Update pada Sub Versinya, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Android 3.1 (API Level 12)
  2. Android 3.2 (API Level 13)
  3. Android 3.2.1
  4. Android 3.2.2
  5. Android 3.2.3
  6. Android 3.2.4
  7. Android 3.2.5
  8. Android 3.2.6

Sehingga, kalau kalian yakni pengguna Tablet Android, maka disinilah eranya Tablet Android di mulai, sebab kalau tidak ada OS Android 3.0 ini, maka mungkin tidak ada yang namanya Tablet Android kini ini.

Android 4.0

Pada tahun 2011 pihak Google kembali merilis OS Android gres dengan membawa peningkatan besar pada sisi User Interface (Tampilan) dengan memakai Branding nama “Holo”, Android 4.0 ini di kenali sebagai Ice Cream Sandwich dengan API Level 14.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Design Holo pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini memang sangat berbeda dari versi OS Android sebelumnya, sebab perubahan yang terjadi, terlihat menyeluruh, dengan Background Default berupa Gradient.

Beberapa, fitur penting pada Update Android 4.0 tersebut yakni antara lain :

  1. OS Android Pertama yang memakai Font Roboto yang legendaris
  2. Dukungan Pertama terhadap fungsi Virtual Navigation Button
  3. Peningkatan fungsi Lock Screen
  4. OS Android Pertama yang mendukung fungsi Face Unlock
  5. Pengenalan Android Beam yang sangat terasa kini keuntungannya dari fitur NFC
  6. Dukungan perekaman default dari aplikasi Camcoder orisinil OS Android hingga resolusi 1080p (FullHD)

Sejarah, juga mencatat OS Android Ice Cream Sandwich ini juga mendapat beberapa kali Update Sub Versi, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Android 4.0.1
  2. Android 4.0.2
  3. Android 4.0.3 (API Level 15)
  4. Android 4.0.4

Design Holo pada OS Android Ice Cream Sandwich ini sangat di sukai oleh pengguna Smartphone Android pada masa itu, sebab tampilan antar mukanya memang benar-benar keren pada dikala itu dan menjadi seakan sangat modern, Design Holo tersebut juga bertahan hingga tahun-tahun selanjutnya.

Android 4.1

Dirilis pada tahun 2012, OS Android 4.1 yang di kenali dengan Codename Jellybean ini memakai API Level 16 yang pada Updatenya menunjukkan peningkatan performa yang sangat baik dengan adanya Fitur Project Butter yang membuat kinerja OS Android 4.1 menjadi sangat cepat dan responsif di bandingkan dari seri versi sebelumnya.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Pada versi ini Google juga menunjukkan beberapa Update penting, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Peningkatan performa navigasi mencakup transisi dan pengolahan grafis secara signifikan
  2. Dukungan fitur USB Audio
  3. Dukungan fitur Screensaver
  4. Peningkatan konsumsi Bluetooth yang ramah energi
  5. Peningkatan signifikan untuk Games berbasis OS Android, dikarenakan telah memakai OpenGL ES 3.0
  6. OS Android Pertama untuk fitur Emoji
  7. Mendukung hingga Resolusi layar 4K (2160 x 3840)

Selanjutnya, OS Android Jelly Bean ini juga beberapa kali mendapat pembaharuan pada Sub Versinya, yaitu sebagai berikut :

  1. Android 4.1.1
  2. Android 4.1.2
  3. Android 4.2 (API Level 17)
  4. Android 4.2.1
  5. Android 4.2.2
  6. Android 4.3 (API Level 18)
  7. Android 4.3.1

OS Android JellyBean ini memang tidak begitu menunjukkan kesan yang banyak, untuk para penggunannya, sebab dari segi tampilan, memang hampir sama persis dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, sehingga banyak pengguna di masa itu yang menentukan lebih bertahan memakai Androd 4.0 saja, ketimbang melaksanakan Update, itulah fakta yang terjadi pada dikala itu.

Android 4.4

Jika, pada versi OS Android sebelumnya tidak menunjukkan kesan yang menakjubkan, maka pada OS Android 4.4 atau yang biasa di kenal dengan Codename KitKat ini, menunjukkan hal yang bertolak belakang dari OS Android Jellybean.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Karena perlu kalian ketahui OS Android 4.4 KitKat ini di katakan menjadi salah satu OS Android terbaik yang pernah di buat oleh Google, sebab Performa dan Stabilitas yang ada pada OS Android 4.4 KitKat ini memang sangat baik dan bahkan terlampau sangat baik.

Hal tersebut, terjadi sebab Google telah memberikan Standard baru bagi penggunaan OS Android di masa itu, yaitu RAM minimal harus memakai kapasitas 512MB, sehingga disinilah titik balik terjadinya penggunaan RAM di OS Android yang kian membesar tiap tahunnya.

Asumsinya yakni semakin besar RAM, maka kinerja OS Android akan semakin baik, kemudian di mulailah era Smartphone Android dengan RAM besar bermunculan setelahnya.

OS Android 4.4 ini memakai API Level 19 dengan peningkatan fungsi sebagai berikut :

  1. Dukungan teknologi Caching terbaru yang di beri nama ART (Android Runtime)
  2. Efisiensi resource OS untuk Smartphone berspesifikasi rendah (Inilah kenapa Android KitKat menjadi yang terbaik, sebab mampun berjalan tepat meski dengan Spesifkasi Smartphone Android yang rendah)
  3. Penambahan variant transisi pada Framework

Selanjutnya, di era Android 4.4 KitKat inilah, OS Android kian melebarkan sayapnya untuk menyasar Gadget Non-Smartphone, sebab pada masa ini Google telah merilis OS Android berbasis KitKat untuk penggunaan Wearable menyerupai Smartwatch.

Untuk jejak rekam update Sub Versi dan variant Android 4.4 KitKat, bisa kalian lihat di bawah ini :

  1. Android 4.4.1
  2. Android 4.4.2
  3. Android 4.4.3
  4. Android 4.4.4
  5. Android 4.4W (Wearable, API Level 20)
  6. Android 4.4W.1
  7. Android 4.4W.2

Fakta menarik dari OS Android KitKat ini yakni berdasarkan sumber bahwa OS Android ini mencetak penggunaan OS Android pada Smartphone Android terbanyak sepanjang masa, sebab pada masa Android KitKat inilah, ada banyak sekali jenis Smartphone yang di jual secara Massive masuk ke dalam Pasar Global ataupun Domestik.

Android 5.0

Era gres tampilan OS Android yang Modern di mulai pada OS Android 5.0 atau yang lebih kenal dengan Codename Lollipop tersebut, sebab di OS inilah nama Branding “Material Design” pertama kali di gunakan.

Karena mengusung konsep Material Design, maka ada perubahan besar-besaran yang terjadi pada tampilan OS Android satu ini, kalau sebelumnya memakai tampilan Holo dengan gaya Bold dan Gradient.

Maka, pada Material Design ini lebih di perhalus, dengan konsep design warna Flat yang Eye Catching tentunya.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

OS Android Lollipop ini memakai API Level 21 dengan beberapa fitur penting di dalamnya, Google sendiri gres merilis OS Android Lollipop ini pada tahun 2014 dengan inti pembaharuan sebagai berikut :

  1. Peningkatan performa yang lebih efektif
  2. Dukungan pertama untuk jenis CPU 64-bit
  3. Menggunakan OpenGL ES 3.1 yang menunjukkan dampak besar terhadap fungsi GPU (Penting untuk para Gamers)
  4. Performa konsumsi baterai yang lebih efisien
  5. Dukungan Smart Lock dengan bermacam-macam opsi
  6. OS Android Pertama untuk teknologi Dual SIM
  7. Dukungan pertama untuk sistem Upgrade OS via Internet (OTA) eksklusif dari System

Selanjutnya, OS Androd 5.0 ini juga beberapa kali mendapat pembaharuan Sub Versi dengan jejak rekam sebagai berikut :

  1. Android 5.0.1
  2. Android 5.0.2
  3. Android 5.1 (API Level 22)
  4. Android 5.1.1

Sehingga, hingga kini peninggalan OS Android 5.0 Lollipop ini tetap bisa kita rasakan dampak besarnya, yaitu yakni tampilan antar muka dari OS Android tersebutlah yang menjadi peninggalan terbesar Android Lollipop yang masih bisa kita rasakan hingga sekarang.

Android 6.0

Pada tahun 2015 Google kembali merilis versi terbaru dari OS Android dengan nama yang cukup susah untuk di ketik, yaitu dengan Codename Marshmallow (API Level 23), membawa peningkatan yang tidak mengecewakan banyak.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Menjadikan OS Android 6.0 Marshmallow ini menjadi OS Android Modern Look yang paling banyak di gunakan dan paling usang di gunakan.

Karena kalau kita melihat dari data yang tersaji, maka banyak sekali pengguna aktif dari OS Android Marshmallow tersebut, meski versi OS Android terbaru sudah di rilis oleh Google, hal tersebut terjadi sebab OS Android 6.0 memang membawa sejumlah update yang sangat penting, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Dukungan Doze Mode, dimana konsumsi daya baterai akan hampir tidak di gunakan, ketika Smartphone tengan Standby atau Sleep
  2. OS Android Pertama untuk Teknologi Fingerprint
  3. OS Android Pertama untuk Teknologi USB Type-C
  4. Fitur gres yang bisa di gunakan untuk menambah kapasitas Memory Internal dengan dukungan dari kapasitas Memory External
  5. Support MIDI
  6. Update koleksi Emoji yang lebih banyak dan variatif

Selanjutnya, OS Android 6.0 Marshmallow hanya 2 kali mendapat peningkatan Sub Versi, yaitu sebagai berikut :

  1. Android 6.0.1

OS Android Marshmallow di katakan menjadi OS Android Revolusioner, sebab dari era OS Android 6.0 inilah, beragam Inovasi di bidang teknologi dalam penggunaan OS Android, berkembang dengan sangat pesat.

Android 7.0

Pada era ini, OS Android kian makin maju dan makin Modern dari segi Teknologi, di mulai pada tahun 2016 semenjak Google pertama kali merilis OS Android 7.0 ke publik yang di kenali dengan Codename Nougat (API Level 24).

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Versi Android ini eksklusif disambut baik oleh para pengguna Smartphone Android, sebab dari sinilah Performa 3D rendering di OS Android semakin signifikan mengambarkan perubahan yang sangat drastis.

Sehingga para era inilah bermunculan banyak sekali Games Android dengan grafis fantastis yang bisa di nikmati oleh pengguna Smartphone Android, sebab OS Android 7.0 Nougat ini secara resmi sudah mendukung Teknologi Vulkan, yang membuat Animasi 3D tampak lebih nyata.

Selain itu, ada beberapa update besar yang hadir pada versi OS Android 7.0 ini, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Perkenalan fitur Daydream (Virtual Reality)
  2. Dukungan fitur Multi Windows terhadap aplikasi yang berjalan
  3. Dukungan pertama Vulkan 3D API Rendering (Gamers harus berterima kasih dengan ini!)
  4. Peningkatan pada sektor User Interface (UI) dan User Experience (UX)
  5. Update Emoji dengan koleksi lebih banyak
  6. Peningkatan Gesture Navigasi yang kini lebih responsif
  7. Pengayaan fitur Fingerprint

Lalu, OS Android 7.0 ini juga beberapa kali di update oleh Google melalui Sub Versinya, yang bisa kalian lihat di bawah ini :

  1. Android 7.1 (API Level 25)
  2. Android 7.1.1
  3. Android 7.1.2

Pada masa Android 7.0 atau Nougat inilah banyak sekali Games yang bersifat Online maupun Offline dengan grafis yang tinggi mulai banyak bermunculan, maka sekali lagi, jika kalian yakni Gamers dan kalian merasa ada perbedaan besar pada Games di OS Android lawas dan baru, maka salah satu alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi, yakni sebab adanya update dari Android 7.0 tersebut.

Android 8.0

Ini yakni OS Android yang paling manis, kalau berdasarkan kami, sebab selain memakai Codename yang familiar, yaitu yakni Oreo, faktanya OS Android 8.0 (API Level 26) ini juga hadir dengan bermacam-macam fungsi gres yang tentu saja keuntungannya bisa kita rasakan hingga kini ini.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Selanjutnya, pada era Android 8.0 dimulai semenjak tahun 2017 inilah pihak Google membuat sebuah OS Android yang ramah dan bisa di jalankan dengan lancar pada Smartphone Android berspesifikasi rendah, Project tersebut di kenali dengan Project Android Go yang berbasis pada Android 8.0 versi Go (Lite).

Selain itu, ada beberapa Update Major yang harus kalian ketahui pada versi Android 8.0 Oreo tersebut, yaitu yakni :

  1. Dukungan pertama Project Treble, system gres dalam prosedur dristribusi Update pada OS Android melalui Internet.
  2. Booting yang sudah sangat cepat
  3. Dukungan lebih banyak variant Emoji baru
  4. Integrasi pertama dan resmi fitur Font Changer
  5. Adaptive themes (Dark / Light)
  6. Peningkatan besar dari sisi System yang kini lebih efektif dan responsif
  7. Peningkatan pada Layout Statusbar dan Notifikasi

Pada OS Android 8.0 ini, pihak Google juga diketahui hanya menunjukkan 1 kali update pada Sub Versi, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Android 8.0.1 (API Lebel 27)

Dari OS Android 8.0 ini sebetulnya di mulai era penggunaan Display terbaru dari Smartphone Android, sebab biasanya memakai Ratio 16:9, maka pada era ini sudah terjadi pergeseran, sebab secara Massive para Vendor Smartphone Android menjual dan membuat Smartphone dengan Ratio layar 18:9.

Jika kita artikan layar Smartphone Android lebih panjang dengan resolusi bari yaitu FullHD+ yang mempunyai konsep utama yaitu Full Display dengan hanya sedikit menyisakan Border.

Android 9.0

Sudah kami singgung sedikit terkait penggunaan Trend baru dalam Teknologi Display pada Smartphone Android, maka disini versi Android 9.0 atau lebih di kenal dengan Codename Pie (API Level 28) yang di rilis pada tahun 2018 menjawab hal tersebut dengan merilis beragan fungsi dan fitur terkait penggunaan Trend Display gres tersebut.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Android Pie ini juga membawa sejumlah perubahan besar pada paket Updatenya, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Dukungan penuh terhadap Display Layar 18:9
  2. OS Android pertama yang memakai Round Corner (Sudut cekung)
  3. Navigation Bar gres yang Support Gesture untuk memaksimalkan fungsi pada Smartphone Android dengan konsel Full View Display
  4. Update Vulkan API 1.1 yang makin sangar dalam merender Animasi 3D
  5. NFC bisa di gunakan untuk membuka kunci Smartphone
  6. Redesign beberapa Layout Funsionalitas
  7. Animasi Transisi baru
  8. Dukungan peningkatan Security Biometric yang penggunaannya sudah di perluas

Fakta menarik dari Android 9.0 Pie yakni sebab Google tidak menunjukkan Update lagi setelahnya, dalam artian tidak ada Sub Versi pada OS Android 9.0 tersebut, sehingga OS Android 9.0 menjadi OS Android Modern pertama yang tidak mempunyai Sub Versi

Android 10

Sejarah gres muncul lagi pada versi ke 10 OS Android tersebut, sebab pada versi ini OS Android tidak lagi memakai nama makanan sebagai Codenamenya, melainkan hanya Android 10, begitu saja.

Hal tersebut dilakukan biar para pengguna Smartphone Android tidak kebingungan untuk mengetahui versi Android apa yang sedang mereka gunakan, sebab kalau dari Codename mungkin hanya segelintir orang saja yang tahu.

Maka, disinilah revolusi gres OS Android dimulai, sebab pada awalnya Android 10 (API Level 29) ini memang di kabarkan masih memakai seri Android Q dengan Codename Queen Cake, tetapi dibatalkan oleh pihak Google, dengan alasan menyerupai yang sudah kami sebutkan diatas.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Rilis pada tahun 2019, membuat OS Android inilah yang menjadi OS Android paling terbaru dan paling canggih yang ada kini ini, OS Android 10 ini membawa beberapa Update sebagai berikut :

  1. Management App Background yang lebih baik
  2. Penambahan Permission gres dalam penggunaan Aplikasi Android yang membutuhkan Resource
  3. Peningkatan disektor manipulasi Gambar / Foto
  4. Dukungan Format AVI-1 dan HDR+
  5. Peningkatan sektor keamanan Biometric
  6. Dukungan pertama untuk Smartphone berjenis layar lipat (Foldable)
  7. Dukungan Security Protocol WPA3 pada Wi-Fi
  8. Jangkauan Themes Dark Mode yang lebih menyeluruh dari Dark Mode yang ada pada versi sebelumnya.
  9. Penggunaan Project Mainline, yang memungkinkan untuk melaksanakan Update Core Android OS dengan kemampuan Google Play Store, untuk efesiensi waktu keseluruhan dalam tahap Updating, sehingga bisa menjadi lebih singkat

Sejauh ini, tidak ada Sub Versi dari Android 10 tersebut, sebab memang gres saja di rilis ke Publik.

Android 11

Awal tahun 2020, pihak Google kembali mengumumkan bahwa pengembangan versi Android sudah masuk ke tahap Testing dengan nama versi Android 11.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Android 11 memakai API Level 30, hingga dikala ini belum ada banyak warta lebih lanjut terkait apa saja hal besar yang ada pada Android 11 tersebut, beberapa hal yang diketahui akan ada di Android 11 antara lain yakni sebagai berikut :

  1. Adanya perubahan sedikit pada System OS
  2. Peningkatan keamanan
  3. Pemutakhiran System Keamanan berbasis Biometrics
  4. Dukungan terhadap jaringan 5G
  5. Permission Control dengan design baru

Umumnya, pengembangan simpulan dari versi Android 11 ini gres akan sepenuhnya terlihat ketika sudah menginjak bulan Juli hingga Agustus nanti.

Program OS Android Khusus

Google sekalu orang dibalik pengembangan OS Android kini ini, nampaknya akan terus menunjukkan kejutan dan Inovasi, biar OS Android yang mereka kembangkan bisa menjangkau lebih banyak pengguna di lapisan masyarakat yang berbeda-beda.

Sudah kami singgung diatas, bahwa sejatinya OS Android itu hadir dengan 2 buah Interface, satunya berjalan dengan Kemampuan Murni dari OS Android itu sendiri dan satu lainnya berjalan sesuai dengan Custom yang sudah di Implementasi oleh pihak OEM.

Agar, OS Android Murni ini bisa dipakai oleh masyarakat luas dan untuk memperkenalkan OS Android yang sebenarnya, tanpa adanya Custom dari pihak OEM, maka disini Google selaku pemilik OS Android, mengeluarkan Program khusus untuk OS Android Murni buatan mereka.

Bukan hanya akan ditempatkan di Smartphone Exclusive mereke saja, menyerupai Google Pixel, sebab pada Program Khusus dari Google ini, tetap melibatkan para Produsen Smartphone, hanya saja dengan Syarat dan Ketentuan khusus.

Sehingga, para OEM yang berkerja sama dengan Google dalam Program Khusus ini, diharuskan mendistribusikan OS Android Murni tanpa Custom untuk nilai jual utamanya.

Sekarang ini ada 2 buah Program OS Android Khusus yang diberlakukan oleh pihak Google, yaitu yakni sebagai berikut :

Android One

Program ini digagas pertama kali pada tahun 2014 lalu, kalau kalian sebelumnya familiar dengan istilah Smartphone Android Nexus, maka inilah generasi terbarunya, yaitu diberi nama Android One.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Sama, menyerupai variant Smartphone Android Nexus, pada Android One ini juga program utamanya yakni untuk memperkenalkan OS Android Murni, yang dipakai sebagai OS Android Premier atau yang utama.

Sehingga Smartphone jenis Android One ini akan mendapat banyak keuntungan lain, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Bisa mencicipi bagaimana rasanya memakai OS Android Murni Original dari Google
  2. Mendapatkan Update versi Android Prioritas / Lebih cepat dari yang lain
  3. Harga jual Smartphone Android One akan lebih murah dibandingkan dengan Smartphone Android yang sudah di Custom

Hal, menarik dari Program Android One ini yakni adanya kolaborasi dari pihak Google terhadap Brand Lokal, sehingga Exposure dari pada Brand Smartphone Android Lokal tersebut akan lebih terlihat.

Karena, biasanya ketika sebuah Produsen Smartphone Android sudah melaksanakan kolaborasi dengan Program Khusus milik Google tersebut, maka secara tertulis mereka dianggap kompeten untuk mengeluarkan dan menjual Smartphone Android yang berkualitas.

Dari jejak rekam sejarah, Smartphone Android berbasis Android One ini pertama kali di Implementasikan pada tahun 2014 silam oleh Produk Smartphone Lokal, yaitu

  • Micromax
  • Spice
  • Karbonn

Brand Lokal di Indonesia juga tidak ketinggalan untuk dipercaya menjalankan Program Android One tersebut, Brand yang dipercayakan untuk menjalankan OS Android One asal Indonesia yakni sebagai berikut :

  • Mito
  • Evercoss
  • Nexia

Selanjutnya, Brand ternama lainnya juga ikut andil pecahan dalam Program Android One tersebut, yaitu yakni :

  • Xiaomi
  • Nokia
  • Motorola
  • LG
  • HTC

Android One pertama kali dirilis pada era OS Android 5.0 Lollipop, sehingga basis Android One Pertama kalia memang berada pada versi Android 5.0 tersebut, hingga kini nampaknya Program Android One ini masih terus dilakukan dengan tujuan yang masih sama

Yaitu, untuk memperkenalkan OS Android Murni biar bisa menjangkau lebih banyak pengguna dan mitra.

Android Go

Ini yakni Program Khusus terbaru yang telah digaungkan oleh pihak Google, Systemnya sama saja, yaitu untuk memperkenalkan OS Android Murni biar penggunaannya bisa lebih banyak dan seimbang dengan penggunaan OS Android Custom dari pihak OEM.

Hanya saja, berbeda dengan Program Android One, Program khusus terbaru dari Google yang berjulukan Android Go ini dikhususkan untuk mengekspansi Smartphone kelas bawah (Entry-level) saja, sehingga Program ini tidak akan mengganggu ekosistem dari pangsa pasar Android One.

 tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan Daftar Nama Versi OS Android, Sejarah dan Perkembangannya (UPDATED)

Program ini pertama kali di rilis ke Publik pada tahun 2017 dengan menggaet OS Android 8.1 Oreo sebagai basisnya.

Keutamaan dari Program Android Go ini yakni khusus diperuntukan untuk Smartphone Android dengan Spesifikasi rendah dan harga yang murah, menyerupai Smartphone Android dengan RAM dibawah 1GB, pada dasarnya untuk kelas Entry-level.

Meski diterapkan pada Smartphone Android di kelas yang paling rendah, kalian dihentikan meremehkan OS Android Go ini, sebab ada bermacam-macam laba yang bisa kalian dapatkan, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Size OS sangat kecil sehingga tidak akan memberatkan Internal Storage
  2. Aplikasi Google juga sudah dikonversi dengan tingkatan Size yang paling rendah tanpa adanya pengurangan fitur dan performa
  3. Kinerja dari OS Android Go ini tetap cepat dan stabil, meski dipakai pada Smartphone Android dengan RAM dibawah 1GB
  4. Mendapatkan Prioritas Update versi OS Android terbaru yang sudah dijamin oleh pihak Google
  5. Harga jual Smartphone Android One ini sangat murah, yaitu dibawah 1.5 jutaan saja

Selanjutnya, sejarah juga mencatat bahwa Brand Pertama yang memakai Program Android Khusus Android Go ini yakni sebagai berikut :

  • Nokia
  • ZTE
  • Alcatel

Sekarang ini, setiap versi Android terbaru sehabis Android 8.0 Oreo akan terus mendapat versi “Go” atau versi ringannya, sehingga pada seri Android 9.0 Pie dan Android 10, kedua buah versi tersebut juga telah dibuatkan versi Go-nya.

Maka, kalian para pengguna Smartphone Android Go ini akan sangat beruntung, sebab akan mendapat Update OS Android Murni terbaru yang akan lebih cepat dari Brand Smatphone Android Custom manapun.

OS Android bukan OS Mobile Sempurna

Memang cukup sulit untuk mendefiniskan tingkat kesempurnaan suatu Produk, kalau yang terbaik, maka benar saja OS Android memang merupakan salah satu OS Mobile terbaik yang ada dikala ini, tetapi kalau tepat itu tidak!

Karena, menyerupai yang kalian ketahui, OS Android itu sangat rentan terkena masalah, baik itu dilema secara Internal dan External, dilema yang kami maksud disini yakni terkait penurunan Performa kalau di gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Hal tersebut berkaitan dengan Mekanisme Caching yang harus kita akui tidak sebaik yang ada pada iOS milik Smartphone Apple, hanya saja setiap waktunya OS Android terus di perbaharui biar bisa berjalan dengan lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Masalah lain yang kerap muncul ialah terjangkit Virus dalam kasus ini yakni Malware, sebab OS Android merupakan sebuah OS yang bersifat Complex, maka ini juga menjadi sebuah resiko yang harus di hadapi.

Faktor pengguna juga sangat kuat terhadap Performa dan Stabilitas OS Android tersebut, sebab kalau di gunakan tidak sesuai Standard, maka akan menjadikan dilema lain, menyerupai Bootloop, Brick hingga yang paling ringan yakni munculnya kasus Hang yang sangat sering.

Sehingga, OS Android bukan menjadi OS yang sempurna, sebab kembali lagi ke definisinya, tidak ada hal yang Sempurna di dunia ini! begitu juga dengan OS Android.

Tetapi, kalian tidak perlu khwatir, sebab pihal Google selaku Developer OS Android akan selalu berbagi OS satu ini biar bisa tampil lebih Epic pada setiap pembaharuannya.

Dengan demikian, selesailah sudah pembahasan kita pada artikel sederhana ini, tujuannya yakni biar kalian bisa lebih memahami dan bisa mendapat pengetahuan yang luas perihal OS Android melalui sejarahnya dan hal teknis lainnya.

Artikel terkait Daftar OS Android ini akan selalu kami Update kalau ada Informasi terbaru yang dirilis Google secara resmi, sehingga semua hal terkait perihal rekam jejak dari OS Android bisa kalian ketahui melalui satu artikel ini saja.

Sekali lagi, OS Android memang menjadi salah satu OS Mobile yang Fenomenal, sebab perkembangannya yang sangat cepat dan juga bisa bertahan di era yang cepat berubah menyerupai kini ini dengan melaksanakan bermacam-macam adaptasi yang sanggup menggoda konsumennya.

Semoga dengan adanya artikel ini wawasan kalian akan bertambah banyak, apalagi kalau kalian yakni seorang penggemar berat OS Android, maka warta diatas harus kalian ketahui.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, bisa menjadikan pembelajaran yang cantik dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD