Cara Update Manual Aplikasi Play Store Android

 Cara Update Play Store ke versi terbaru Cara Update Manual Aplikasi Play Store Android

Menggunakan sebuah Smartphone Android memang sangat menyenangkan, kita dapat melaksanakan banyak hal dengan hanya bermodal satu buah Smartphone Android saja, alasannya yakni sejatinya Smartphone Android itu memang dirancang bukan hanya sebagai sebuah Perangkat Komunikasi saja.

Melainkan lebih dari itu, alasannya yakni sejatinya Smartphone Android itu dirancang sebagai sebuah Perangkat multifungsi yang dapat dimanfaatkan untuk bermacam-macam kepentingan, menyerupai kepentingan untuk Komunikasi modern, memudahkan perkerjaan, menikmati hiburan baik secara online dan offline, kemudian Smartphone Android juga sangat dapat berkhasiat untuk komunitas tertentu dalam urusan hobi atau kesenangan tertentu.

Melihat hal tersebut, maka memang begitulah seharusnya sebuah Smartphone Android yang ada diera modern menyerupai kini ini, alasannya yakni dengan seiring majunya perkembangan teknologi, maka melihat betapa mutakhirnya Smartphone Android kini ini memang yakni hal yang masuk akal saja terjadi.

Selain itu pada faktanya kini ini Smartphone Android sudah menjadi Smartphone yang paling terkenal dipakai di seluruh dunia, karena memang pada kenyataannya Smartphone Android itu dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Berbeda dari pesaingnya yaitu yakni Smartphone Apple, Smartphone Android nyatanya tiba dengan rentang harga yang sangat variatif, ada yang dijual dikisaran harga kurang dari 1 jutaan dan ada juga yang dijual hingga kisaran harga puluhan juta.

Selanjutnya, Smartphone Android itu ternyata juga berbeda dari satu sama lainnya, meski sama-sama memakai OS Android sebagai basisnya, berkat Custom dan Inovasi yang dibentuk oleh para Produsen Smartphone Android tersebut, maka menyerupai yang terlihat kini ini, meski sama, nyatanya tiap Smartphone Android itu memang akan dapat memperlihatkan pengalaman penggunaan yang berbeda-beda.

Selain itu, memakai Smartphone Android juga akan semakin mengaksikan untuk di Explorasi, alasannya yakni setiap pengguna Smartphone Android dapat saja membuka potensi lebih dari Smartphone Android yang sedang mereka pergunakan.

Yaitu yakni dengan cara melaksanakan hal menyerupai Unlock Bootloader dan ROOT, kedua hal tersebut akan sangat memungkinkan untuk menaikan performa dan fitur dari Smartphone Android kalian, dengan cara melaksanakan bermacam-macam Tweak, Mod hingga melaksanakan Overclock disektor Processor biar lebih lancar bermain Games misalnya.

Selanjutnya, kalian pun akan dapat mengontrol daya dari baterai Smartphone Android tersebut, sehingga akan menjadi lebih ekonomis penggunaannya.

Kedua hal diatas tentu tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, alasannya yakni kalian mesti merubah beberapa Value pada konfig default yang ada pada System OS Android yang sedang digunakan.

Namun, memakai Smartphone Android juga akan menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk pengguna biasa, alasannya yakni menyerupai yang kalian tahu OS Android itu didukung oleh ribuan atau jutaan Aplikasi yang siap untuk dipergunakan untuk bermacam-macam keperluan.

Pada OS Android sendiri, secara default pihak Google selaku pengembang utama dari OS Android tersebut, sudah menyediakan sebuah Aplikasi khusus, daerah dimana kalian dapat mencari, mendownload hingga membeli beberapa Aplikasi untuk Smartphone Android yang sedang kalian gunakan kini ini dengan kondusif dan cepat tentunya.

Ya! Aplikasi tersebut yakni Google Play Store, hampir 90% lebih Smartphone Android didunia memang sudah secara default disuntikan Aplikasi Google Play Store tersebut.

Namun, pada faktanya Aplikasi Play Store tersebut bukanlah menjadi sebuah Aplikasi default yang ada pada Source OS Android, alasannya yakni Aplikasi Play Store tersebut masuk kedalam paketan Google Apps yang tersedia secara terpisah dari OS Android itu sendiri.

Masalah yang sering terjadi pada Aplikasi Play Store

Karena sifatnya yang Third-party, maka tidak mengherankan jikalau dibeberapa Smartphone Android Aplikasi Play Store ini sering bermasalah, apalagi jikalau kalian memasangkan Aplikasi Google Play Store tersebut secara inpidu, misalkan dikala sedang memakai Custom ROM, lalu apa duduk masalah yang sering ditemui?

Dari apa yang telah kami ketahui, umumnya Aplikasi Google Play Store tersebut dapat memunculkan beberapa masalah menyerupai dibawah ini :

  1. Force Close atau tertutup sendiri alasannya yakni adanya Crash pada APK Play Store tersebut.
  2. Muncul pesan Insufficient Storage, padalah Memory Internal Smartphone Android masih banyak tersisa.
  3. Tidak dapat dipakai untuk melaksanakan pembayaran pembelian sebuah Aplikasi, alasannya yakni akan muncul pesan Error atau Hang.
  4. Muncul Download Pending yang sangat lama, padahal koneksi Internet berpengaruh dan sedang tidak apa proses Installasi lain yang terjadi di Aplikasi Play Store.
  5. Aplikasi Play Store tidak terupdate secara otomatis keversi yang paling terbaru.

Seperti yang dapat kalian lihat, pada faktanya meski dikembangkan oleh Perusahaan terkenal menyerupai Google, tetap saja Aplikasi Play Store tersebut, bukanlah sebuah Aplikasi yang tepat sepenuhnya.

Karena, memang masih sering ditemukan bermacam-macam duduk masalah pada Aplikasi tersebut dan duduk masalah tersebut biasanya hanya muncul pada Smartphone Android tertentu saja dan tidak semuanya, alasannya yakni bisa jadi permasalahan tersebut tiba dari System OS Android yang kalian gunakan itu sendiri, sehingga menjadikan Aplikasi Play Store tersebut juga ikut menjadi Error.

Untuk pembahasan kali ini, kami tidak akan membahas semua permasalahan yang telah kami sebutkan diatas, alasannya yakni fokus kita hanya akan tertitik pada pembahasan duduk masalah Aplikasi Google Play Store yang tidak dapat terupdate secara otomatis.

Lalu, jika tidak terupdate, apakah akan menjadi sebuah masalah? dan apa pentingnya?

Pentingnya Aplikasi Play Store yang selalu berada persi terbaru

Sebenarnya gampang saja untuk kalian memahami situasi menyerupai ini, alasannya yakni jikalau tidak penting, lalu kenapa pihak Google memperlihatkan Update untuk Aplikasi Play Store tersebut?

Alasan utama pihak Google memperlihatkan Update versi Aplikasi Play Store tersebut, sepenuhnya memang ditujukan untuk penggunaan yang lebih aman, lancar dan bebas dari duduk masalah yang berbahaya.

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas, mungkin sudah menjawab pertanyaan yang muncul sebelumnya, yaitu Aplikasi Google Play Store yang Up To Date itu penting dan harusnya Update ini akan mengatasi duduk masalah pada Aplikasi Play Store yang timbul pada versi sebelumnya.

Secara umum, Aplikasi Google Play Store itu selalu dikembangkan Google untuk memudahkan penggunaanya dalam banyak urusan, menyerupai :

  1. Penambahan Metode Pembayaran yang lebih ramah dan merakyat.
  2. Peningkatan System keamanan, biar Aplikasi yang ada di Play Store tidak akan hingga membahayakan Smartphone Android kalian.
  3. Peningkatan Performa, biar kinerja dari Aplikasi Play Store tersebut tetap Responsive.
  4. Perbaikan Bugs pada versi sebelumnya.
  5. Dukungan ke versi OS Android yang lebih tinggi, biar kinerja maksimal.
  6. Pengayaan Konten Rekomendasi dan Listing.

Sebenarnya, masih ada banyak hal penting lain, kenapa Aplikasi Google Play Store Android tersebut harus selalu berada dalam versi terbaru tersebut.

Namun, dari apa yang sudah kami sebutkan diatas, harusnya kalian sudah dapat memahami bahwa pada kenyataannya mempunyai Aplikasi Google Play Store yang Up To Date itu akan lebih memuaskan kalian dalam banyak sekali aspek penggunaan.

Lalu, masalahnya yakni untuk beberapa Smartphone Android tertentu, Aplikasi Google Play Store tersebut tidak dapat terupdate secara otomatis, alasannya yakni secara default Aplikasi Play Store tersebut selalu akan melaksanakan Update otomatis jikalau memang ada versi Aplikasi Play Store gres yang dirilis oleh pihak Google.

Sebenarnya, apa sih penyebab dari permasalahan Aplikasi Play Store Android tersebut, tidak dapat terupdate secara otomatis?

Faktor penyebab Aplikasi Google Play Store tidak dapat terupdate sendiri secara Otomatis

Sejauh ini, ada beberapa alasan kenapa Aplikasi Google Play Store tersebut tidak dapat terupdate secara otomatis dengan sendiri.

Permasalahan tersebut dapat tiba dari 2 hal dibawah ini :

  1. Aplikasi Play Store Crash / Error alasannya yakni tidak pernah dibersihkan.
  2. Kapasitas Memory Internal habis.

Jika, permasalahan tersebut tiba dari duduk masalah alasannya yakni habisnya Memory Internal, maka tentu untuk mengatasinya, kalian perlu menghapus beberapa File dalam Internal Storage Smartphone Android kalian.

Idealnya sekecil-kecilnya kapasitas Internal Storage itu harus tersedia paling tidak 1GB bahkan beberapa orang menyebutkan kapasitas minimal yang harus tersisa di Internal Storage itu paling tidak berjumlah 3GB, alasannya yakni untuk keperluan Update System dan Aplikasi, termasuk Aplikasi Google Play Store tersebut.

Namun, jikalau permasalahan tiba dari duduk masalah Aplikasi Play Store yang tidak pernah dibersihkan sama sekali, menyerupai yang kalian ketahui, Cache yang menumpuk itu dapat menciptakan sebuah Aplikasi Android tidak dapat berjalan dengan maksimal dan akan memunculkan beberapa Error, maka dari itu kalian harus membersihkan Cache dan Data dari Aplikasi Play Store tersebut secara manual.

Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu mengakses Aplikasi Settings, kemudian cari Menu Apps Manager atau sejenisnya.

Kemudian cari Aplikasi Google Play Store tersebut, buka dan kalian akan melihat Opsi untuk dapat menghapus Data dan Cache tersebut, menyerupai ini :

 Cara Update Play Store ke versi terbaru Cara Update Manual Aplikasi Play Store Android

Setelahnya, langsung saja lakukan Clear Data dan Cache tersebut, kemudian perlu kami ingatkan, dikala kalian sudah membersihkan Data dan Cache dari Aplikasi Play Store tersebut, kalian harus Login ulang untuk dapat memakai Aplikasi Play Store tersebut.

Kalian tidak perlu khawatir, alasannya yakni harusnya semua Smartphone Android itu mempunyai Menu Apps Manager tersebut, mungkin hanya letak dan penamaannya saja yang berbeda-beda, selebihnya fitur utama dari Menu tersebut tetap sama saja untuk semua Smartphone Android yang ada kini ini.

Lalu, jikalau sudah memakai cara diatas, tetapi Aplikasi Play Store tetap saja tidak dapat terupdate secara otomatis, lalu bagaimana solusinya?

Saran dari kami mengalah saja! alasannya yakni kalian harus melaksanakan Update Aplikasi Play Store Android tersebut secara Manual.

Cara Update Aplikasi Play Store Android secara Manual

Seperti yang kami katakan diatas, jikalau kalian tidak dapat menciptakan Aplikasi Play Store tersebut, terupdate secara otomatis, maka kalian hanya perlu mengupdatenya secara Manual.

Pada Aplikasi Google Play Store sendiri, pada faktanya kalian tetap dapat melaksanakan Update versi Aplikasi Play Store tersebut secara Manual dengan mengikuti cara dibawah ini :

  1. Buka Aplikasi Play Store.
  2. Buka Menu.
  3. Lalu, pilih Menu Settings.

 Cara Update Play Store ke versi terbaru Cara Update Manual Aplikasi Play Store Android

  1. Scroll kebawah, kalian akan melihat kepingan About.
  2. Untuk melaksanakan Update Manual Aplikasi Play Store tersebut, kalian hanya perlu menekan text Play Store Version.

 Cara Update Play Store ke versi terbaru Cara Update Manual Aplikasi Play Store Android

  1. Jika ada versi terbaru dari Aplikasi Play Store tersebut, maka secara otomatis versi Aplikasi Play Store terbaru akan secara otomatis terdownload dan terinstall dengan sendirinya.
  2. Jika versi Play Store sudah berada persi paling baru, maka akan muncul tampilan pemberitahuan menyerupai ini :

 Cara Update Play Store ke versi terbaru Cara Update Manual Aplikasi Play Store Android

  1. Selanjutnya, jika kalian sudah memakai versi Play Store paling terbaru, maka kalian tidak perlu lagi mengupdate Aplikasi Play Store tersebut, alasannya yakni memang belum ada dan tersedia.
  2. Done!

Mudah bukan? lalu, sebenarnya masih ada cara lain yang dapat kalian manfaatkan biar dapat mengupdate Aplikasi Play Store tersebut secara Manual, dengan cara apa?

Kalian hanya perlu Mendownload APK Play Store terbaru dan Installkan saja di Smartphone Android kalian.

Maka, Aplikasi Play Store versi terbaru yang kalian Download tersebut akan menimpa Aplikasi Play Store lama yang ada pada Smartphone Android kalian sebelumnya, sehingga kalian nisa memakai Aplikasi Play Store versi tersebut.

Lalu, dimana kalian dapat menemukan APK Play Store versi terbaru tersebut?

Kalian tidak perlu mencarinya kemana-mana, alasannya yakni sudah kami sediakan, kalian hanya perlu mengunjungi halaman dibawah ini, untuk dapat mendapat APK Play Store versi paling terbaru :

Pastikan, fitur Unknown Sources sudah aktif, sebelum kalian menginstall APK Play Store tersebut secara Manual, alasannya yakni jikalau tidak, maka Proses Installasi akan di Block dan dibatalkan oleh System OS Android, alasannya yakni memang tidak mempunyai Permission.

Bagaimana? apakah kalian sudah dapat berhasil mengupdate Aplikasi Play Store tersebut secara Manual?

Mungkin ada beberapa pengguna yang sudah berhasil melaksanakan Update tersebut, tetapi Aplikasi Play Store tersebut tidak dapat terbuka dan digunakan, lalu bagaimana Solusinya?

Perbaharui versi Google Play Service

Nah, jikalau kalian menemukan duduk masalah menyerupai yang telah kami sebutkan diatas, maka sesungguhnya Solusinya gampang saja, kalian hanya perlu memperbaharui APK Google Play Service saja dan kalian pun bisa melakukannya secara Manual.

Hal yang harus kalian lakukan, ialah dengan Mendownload APK Google Play Service versi terbaru, lalu silahkan Install menyerupai kalian menginstallkan APK Play Store secara Manual dari cara yang sudah kami sebutkan diatas.

Lalu, dimana kalian dapat menemukan APK Google Play Service versi Terbaru tersebut?

Lagi-lagi, kalian tidak perlu mencarinya kemana-mana, alasannya yakni sudah kami sediakan juga, kalian dapat mendapat APK Google Play Service versi paling gres pada halaman yang sudah kami buat dibawah ini :

Harusnya, jikalau kalian sudah menginstall Google Play Service versi terbaru, melalui halaman yang kami sediakan diatas.

Maka, duduk masalah Aplikasi Play Store Android yang tidak dapat terbuka atau tidak dapat digunakan, akan dapat cepat teratasi.

Selanjutnya, laba lain dikala kalian sudah mengupdate APK Google Play Service tersebut, maka Aplikasi Google Apps lain, menyerupai Gmail, Play Games, Play Movies, Play Music dan lainnya, akan bisa berkerja lebih maksimal tanpa adanya duduk masalah apapun lagi.

Nah, dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, kami menyadari Aplikasi Play Store tersebut memang menjadi sebuah Aplikasi yang penting untuk sebuah Smartphone Android.

Merujuk kepada hal tersebut, maka penting rasanya bagi kalian biar selalu dapat maksimal dalam memakai Aplikasi Play Store tersebut untuk bermacam-macam keperluan, maka dari itu untuk memaksimalkan penggunaan dari Aplikasi Google Play Store tersebut, kalian harus memastikan bahwa Aplikasi Play Store tersebut selalu berada didalam versi terbaru yang telah tersedia.

Jika, memang kalian mempunyai duduk masalah Aplikasi Play Store tidak dapat terupdate keversi paling terbaru, maka kalian dapat mengusahakan cara yang telah kami jelaskan secara singkat diatas.

Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian inginkan dapat tercapai dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD