Cara Unbrick Atau Flash Ulang Xiaomi Locked Bootloader Dengan Metode Edl

Perlu kalian ketahui bahwa ketika ini produk terbaru Xiaomi di jual dalam keadaan locked bootloader, jadi dengan kesimpulan jikalau device kalian dalam kondisi locked bootloader maka tidak memungkinkan untuk melaksanakan flash ulang dengan metode fastboot atau untuk mengakses dan memasang custom recovery, hingga hal ini akan menjadi sulit ketika device kalian mengalami problem menyerupai bootloop hingga hardbrick pada kondisi locked bootloader.

Jika dalam kondisi tersebut device kalian sudah berada pada posisi unlock bootloader maka hal ini tidak akan menjadi problem yang perlu kalian lakukan hanyalah dengan cara melaksanakan flash ulang atau fastboot secara normal saja, namun jikalau dalam kondisi locked bootloader cara untuk melaksanakan flash ulang atau fastboot tidak akan bisa, untuk itu tugas metode EDL atau emergency download mode di butuhkan disini.

Untuk metode ini bahwasanya di khusus kan pada device dengan processor Qualcomm Snapdragon, dan untuk versi MediaTek proses flash ulang akan menjadi lebih gampang dengan memakai SP Flashtool yang juga sudah bisa melaksanakan flash ulang walau device masih dalam kondisi locked bootloader, namun untuk device bermesin Qualcomm Snapdragon akan beda penanganan dan hasilnya.

Untuk kalian ketahui persentasi keberhasilan dari metode EDL ini yakni hampir 100% jikalau syarat menyerupai driver USB dan juga PC dalam keadaan normal, untuk itu dalam memakai metode EDL ini perlu adanya materi menyerupai :

1. USB driver terpasang dengan baik pada PC atau laptop.

2. USB debuging pada developer options sudah aktif.

3. Kabel USB yang masih berfungsi dengan baik.

4. Batrai smartphone harus diatas 50%.

5. Disable Driver Signature Enforcement, ikuti caranya DISINI.

6. Driver ADB dan Fastboot sudah terinstall di PC, cara mudahnya DISINI

Perlu kalian ketahui metode ini sanggup di terapkan bukan hanya terbatas pada device Xiaomi saja, melainkan dari merk lain juga bisa asal dengan syarat device bermesin Qualcomm Snapdragon dengan optional locked bootloader, namun pada artikel kali ini hanya terkhusus untuk jajaran produk Xiaomi saja, alasannya yakni hingga ketika ini banyak orang yang masih belum bisa dan tahu cara memakai metode EDL ini untuk melaksanakan fastboot pada device Xiaomi yang dengan kondisi locked bootloader.

Sebelum kalian melaksanakan fastboot atau flash ulang dengan memakai metode EDL ini, ada baiknya kalian melengkapi materi untuk proses kerjanya yaitu yakni :

1. File fastboot dan tool Mi Flash, download DISINI.

2. Fungsi CMD atau Command Prompt pada PC atau laptop kalian berfungsi dengan baik.

3. Direkomendasikan memakai windows versi 64-bit.

Jika sudah di lengkapi pada tahap ini kita akan mulai melaksanakan metode EDL ini dengan klarifikasi yang sederhana sebagai berikut :

1. Install semua komponen ADB, Fastboot driver, Mi Flash tool pada PC kalian.

2. Lakukan settingan file fastboot kalian pada Mi Flash, tidak akan di bahas spesifik disini alasannya yakni untuk bahasan terkait metode fastboot dengan mi flash masing-masing device Xiaomi sudah ada di blog ini.

3. Setelah USB debuging aktif, dalam keadaan smartphone hidup koneksikan device kalian ke PC dengan kabel USB.

4. Buka CMD pada lokasi ADB dan Fastboot driver kalian berada, kemudian masukan perintah ini:

adb devices (Jika terkoneksi dengan baik list id device kalian akan terbaca pada CMD)

Untuk masuk EDL masukan perintah ini:

adb reboot edl (smartphone akan reboot otomatis, ciri-ciri umum sudah masuk EDL lampu LED akan menyala atau berkedip dengan warna merah)

5. Saat ini device kalian sudah masuk dalam mode EDL, selanjutnya buka Mi Flash tool yang sudah kalian setting sebelumnya.

6. Tekan button refresh, maka device kalian akan terbaca, jikalau list yang muncul di tandai dengan COM, maka device kalian berhasil masuk EDL dan sanggup melaksanakan metode fastboot.

7. Lakukan flashing file fastboot dengan Mi Flash, tunggu hingga selesai.

8. Beres.

Jika kalian tidak bisa masuk kedalam mode EDL pada kasus khusus menyerupai harbrick atau bootloop yang hanya bisa mengakses atau masuk pada mode fastboot saja tentu kalian tidak bisa menjalan metode EDL ini secara normal untuk itu disini di butuhkan penanganan yang lebih khusus biar EDL sanggup di akses, detailnya proses dan prosedurnya DISINI.

Masih tidak bisa masuk kedalam mode EDL atau memakai kabel DFC khusus? mungkin ini beliau alasannya kenapa mode EDL tidak bisa kalian gunakan pada smartphone Xiaomi kalian artikel lengkapnya DISINI.

Dengan demikian proses fastboot atau flash ulang dengan metode EDL sudah berhasil, jikalau kalian melaksanakan cara tersebut sesuai dengan petunjuk diatas maka harusnya proses akan berjalan dengan semestinya dan berhasil, juga sekali lagi jikalau ada terjadi sesuatu dengan device kalian itu bukan tanggung jawab dari kami, untuk tutorial sendiri sudah kami uji coba berkali-kali dengan hasil yang 100% berhasil, good luck.