Cara Root Redmi Note 8 (Ginkgo) Cepat Dan Mudah

 dengan merilis sebuah Smartphone yang tak kalah menarik dari Redmi Note  Cara ROOT Redmi Note 8 (Ginkgo) cepat dan mudah

Setelah sukses dengan seri Redmi Note 7, kini pihak Xiaomi kembali merilis sebuah Smartphone Android suksesor pada lini Sub-Brand Redmi mereka, dengan merilis sebuah Smartphone yang tak kalah menarik dari Redmi Note 7, yaitu yaitu seri lini Redmi Note 8.

Seperti yang kalian ketahui, variant Smartphone Android Redmi itu tidak pernah mengecewakan dari segi Spesifikasi dan Harganya, alasannya sama menyerupai Redmi Note 7, seri terbaru dari Redmi Note 8 ini juga membawa spesifikasi yang sangat baik dengan harga jual yang kompetitif tentunya.

Sehingga, seri Redmi Note 8 memang diramalkan juga akan meraih kesuksesan menyerupai seri pendahulunya, yaitu Redmi Note 7 yang beberapa kemudian tampil dengan sangat memukau dan fenomenal.

Berbeda dari seri sebelumnya, pada seri Redmi Note 8 ini, pihak Xiaomi menunjukkan bermacam-macam perbaikan dan peningkatan dari segi functionality dan tentu saja akan ada banyak penambahan fitur gres pada seri terbaru keluarga Redmi Note tersebut.

Hal jago yang bisa kita lihat dan temui dari lini Redmi Note 8 ini yaitu Desain Smartphone yang baru, Chipset Processor upgrade memakai Qualcomm Snapdragon 665 (11nm) dan yang paling menarik yaitu Smartphone Android Redmi Note 8 ini hadir dengan 4 buah kamera utama!

Tentu saja, untuk segment kelas menengah, maka Redmi Note 8 ini akan bisa bersaing secara kompetitif dengan Produk pesaing, alasannya bila kita lihat dari Spesifikasi dan fitur, maka sudah terperinci Smartphone Android Redmi Note 8 ini yaitu salah satu yang terbaik yang bisa kita temui kini ini.

Selanjutnya, perlu kalian ketahui, sebenarnya lini Redmi Note 8 ini hadir dalam 2 buah versi berbeda, salah satunya yang akan kita bahas kali ini yaitu khusus untuk seri Regulernya saja, yaitu yaitu Redmi Note 8 saja.

Lalu, ada lagi variant lainnya yang mempunyai Spesifikasi yang lebih tinggi, yaitu yaitu Redmi Note 8 Pro, sehingga pastikan kalian tidak salah dalam mengikuti tutorial ini, alasannya secara Spesifikasi dan Device Info, terperinci sekali Smartphone Android Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro itu berbeda.

Biar lebih jelasnya, silahkan lihat pada halaman Perbandingan dan Perbedaan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro dibawah ini :

Pastikan kalian tidak salah tempat, alasannya pada pembahasan ini, kami hanya akan membahas terkait problem ROOT pada seri Redmi Note 8 saja dan tentu saja tidak bisa di implementasikan ke Smartphone Android Redmi Note 8 Pro.

Tutorial ROOT untuk Redmi Note 8 (Ginkgo)

Biar kami perjelas lagi, menyerupai yang sudah kami singgung sedikit diatas, pada artikel tutorial kali ini, kami hanya akan khusus berbicara terkait kepada Smartphone Android yang spesifik saja, yaitu yaitu Redmi Note 8.

Sehingga, tutorial ROOT ini hanya bisa diterapkan pada seri Redmi Note 8 dengan identifikasi codenmane Ginkgo, bahwasanya mekanismenya memang memakai mekanisme universal dan standard dalam proses ROOTING yang umum dipakai hampir pada semua Smartphone Android yang ada ketika ini.

Tetapi, pada artikel kali ini, kami juga menyertakan beberapa syarat yang harus dipenuhi, biar kalian bisa melaksanakan ROOT pada Smartphone Android Redmi Note 8 (Ginkgo) tersebut.

Sehingga, syarat dan materi yang kami berikan dibawah ini hanya dikhususkan untuk seri Redmi Note 8 saja dan sekali lagi tidak bisa dipakai pada Smartphone Android Redmi Note 8 Pro, pastikan kalian tidak salah, mengerti?

Jika, kalian sudah mengerti, maka kita akan lanjutkan ke pembahasan selanjutnya, secara berurutan tentunya.

Maksud ROOT?

Mungkin diantara kalian pengguna Smartphone Android Redmi Note 8 ada yang masih awam terkait problem teknis menyerupai ROOT tersebut, maka disini akan kami jelaskan sedikit, biar kalian bisa dengan gampang mengerti, kenapa ROOT ini menjadi perlu dan apa saja untung dan ruginya.

Maka, hal pertama yang harus kalian pahami adalah, apasih ROOT pada Redmi Note 8 tersebut?

  1. ROOT adalah sebuah tindakan yang dilakukan pengguna Smartphone Android terkait untuk membuka jalan masuk ke System OS Android dengan jangkauan yang lebih luas dan aman.

Sehingga, bila kita artikan maka ROOT ini mempunyai arti bahwa ROOT ini yaitu sebuah metode yang memang dikhususkan untuk membuka jalan masuk ke System, biar bisa di ubah Value Standard menjadi Value Custom, sesuai dengan kehendak kalian.

Maka, hal ini akan sangat terkait pada pembahasan fungsi dari ROOT yang akan kita lanjutkan pada pembahasan dibawah ini.

Fungsi ROOT

Melanjutkan dari pembahasan diatas, disini kami hanya akan sedikit saja berbicara terkait fungsi dari fitur ROOT yang nantinya akan kalian Implementasikan pada Smartphone Android Redmi Note 8.

Pada faktanya, ROOT itu memang mempunyai berbagai fungsi, tetapi fungsi yang terperinci sekali bisa kalian nikmati secara positif yaitu sebagai berikut :

  1. Akses ke System dengan Permission (R/W)
  2. Memungkinkan untuk mengubah Settingan / Value dari System
  3. Bisa dipakai untuk menginstall Custom Recovery menyerupai TWRP
  4. Dapat dipakai untuk menginstall Custom Kernel
  5. Bisa dipakai untuk menghapus aplikasi bawaan System yang mengganggu (Bloatware)
  6. Dapat dipakai untuk mengubah Informasi Smartphone secara basic
  7. Dapat dipakai untuk melaksanakan Overclock Processor
  8. Dapat dipakai untuk bermacam-macam Mod dan Tweak

Sebenarnya, fungsi yang kami sebutkan diatas hanya sedikit saja dari fungsi-fungsi lain yang bisa kalian dapatkan dari jalan masuk ROOT tersebut.

Intinya, ROOT ini akan menciptakan penggunaan Smartphone Android Redmi Note 8 menjadi lebih flexible dan tidak terbatas hanya dengan Settingan Standard dari OEM lagi, alasannya disini kalian akan berlaku sebagai seorang Super User terhadap System OS Android yang ada pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki.

Jika, memang demikian, apa sih Untung dan Rugi dalam penggunaan ROOT tersebut?

Untung & Rugi ROOT

Sebenarnya, bila kita lihat dari kondisinya, maka sudah terperinci ROOT ini akan lebih banyak untungnya dari pada ruginya, laba yang bisa kalian dapatkan yaitu menyerupai yang sudah kami jelaskan pada scene Fungsi ROOT diatas, lalu ruginya?

Kalau dari perspektif kami, maka kami sendiri tidak melihat adanya kekurangan dari ROOT tersebut, alasannya ROOT sendiri bukanlah menjadi tindakan yang akan membahayakan Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki.

Bagaimana? apakah kalian sudah paham atau mengerti terkait tindakan yang akan kita lakukan pada Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut?

Jika, iya dan kalian siap untuk melakukan ROOT pada Redmi Note 8, maka silahkan lengkapi persyaratan utama ROOT pada Redmi Note 8 dan bagaimana kondisi ideal yang harus kalian penuhi.

Persyaratan ROOT di Redmi Note 8 (Ginkgo)

Karena disini kita akan melaksanakan sebuah metode yang bersifat teknis, maka sudah terperinci disini diharapkan beberapa persyaratan yang akan mendukung proses ROOTING yang akan kalian lakukan nantinya.

Pastikan semua persyaratan dibawah ini bisa kalian penuhi tanpa satupun yang tertinggal atau kalian lewatkan, karena kesuksesan dari proses ROOT yang akan kalian lakukan itu hampir seluruhnya tergantun pada apakah Persyaratan yang kami sebutkan dibawah ini bisa kalian ikuti atau tidak.

Jika, kalian bisa mengikuti semua persyaratan dan kondisi ideal yang akan kami jelaskan dibawah, maka 100% jaminan bahwa proses ROOT yang akan dilaksanakan nanti bisa berhasil sepenuhnya.

Baiklah, tenpa perlu berlama-lama lagi, silahkan lengkapi semua persyaratan dibawah ini :

Unlock Bootloader

Ya! kalian gres bisa melaksanakan ROOT pada Smartphone Android Redmi Note 8 (Ginkgo) ketika kalian sudah melaksanakan proses Unlock Bootloader dengan cara resmi yang sudah direkomendasikan oleh pihak Xiaomi.

Kenapa harus Unlock Bootloader? karena disini kalian perlu memakai sebuah Custom Recovery dalam proses ROOTING tersebut dan faktanya Custom Recovery hanya bisa digunakan, ketika Smartphone Android Redmi Note 8 kalian sudah dalam kondisi Unlock Bootloader.

Jangan khwatir untuk problem UBL tersebut, alasannya kami sudah menyebarkan artikel khusus terkait hal tersebut, kalian hanya perlu mengikutinya saja, pada halaman yang telah kami tulis lengkap dibawah ini :

Jika, Smartphone Android Redmi Note 8 kalian sudah dalam kondisi Unlcok Bootloader, silahkan ikuti persyaratan selanjutnya.

Custom Recovery (TWRP)

Nah, inilah yang sudah kami singgung sebelumnya, karena disini kita akan memakai metode ROOT dengan cara menggunakan TWRP sebagai media flashnya, cara ini memang bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mendapat jalan masuk ROOT pada Redmi Note 8.

Tetapi, cara ini yaitu cara yang paling gampang untuk dipakai dan dimengerti, walaupun kalian yaitu seorang pengguna yang awam atau baru.

Jika, kalian berminat, kalian bisa saja memakai cara atau opsi ROOTING lain dalam proses ROOT Redmi Note 8 tersebut, dengan cara mengikuti opsi yang tersedia pada halaman dibawah ini :

Namun, bila kalian memang berniat untuk memakai cara ROOT dengan memakai media TWRP, maka silahkan pastikan bahwa TWRP sudah terpasang pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki.

Jika, kalian belum mempunyai TWRP pada Redmi Note 8 yang kalian gunakan, silahkan pasang dan download TWRP Redmi Note 8, melalui halaman dibawah ini :

Setelah, TWRP terpasang pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki, maka masih ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, silahkan lanjutkan bacaan artikel ini hingga selesai.

File Magisk ROOT

Pada metode kali ini, kita akan memakai Magisk sebagai File ROOT Exploit yang akan dipasangkan ke System OS Android pada Smartphone Redmi Note 8 yang kalian miliki.

Meski demikian, masih ada jenis File ROOT Exploit lain bahwasanya yang bisa kalian terapkan, menyerupai SuperSU, tetapi disini kami hanya akan memakai File Magisk saja, karena Magisk memang mempunyai kinerja dan fitur yang lebih baik dari pada SuperSU.

Sehingga, silahkan Download dulu File Magisk versi terbaru dari halaman dibawah ini :

Setelahnya, silahkan letakan File Magisk ROOT tersebut pada Memory Internal Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki, pada kawasan yang gampang untuk kalian temukan tentunya.

Pada tahap ini, kita hanya membutuhkan 3 buah persyatan utama saja, menyerupai yang sudah kami jelaskan diatas, tetapi disini kalian juga harus memenuhi kondisi Ideal di Smartphone Redmi Note 8 yang kalian miliki, biar proses ROOT ini bisa berjalan dengan lancar, apa saja kondisi idealnya?

Kondisi Ideal dalam proses ROOT

Sebenarnya, scene ini hanya bersifat optional saja, bisa kalian ikuti dan bisa juga tidak, tetapi bila ingin proses ROOT ini berhasil pada Smartphone Redmi Note 8 yang kalian miliki, maka paling tidak kalian harus memenuhi kondisi ideal dibawah ini :

  1. Kapasitas Battery paling tidak 50%
  2. Semua persyaratan diatas sudah kalian penuhi dan pastikan sesuai menyerupai yang sudah kami gambarkan
  3. Mendownload aplikasi ROOT Checker pada Google Play Store yang nantinya akan sangat berkhasiat untuk melihat status ROOT apakah sudah sukses atau tidak

Jika, kondisi Ideal diatas bisa kalian penuhi, maka sesudah ini, kita sudah siap untuk melaksanakan ROOT pada Smartphone Android Redmi Note 8.

Kami hanya akan masuk pada pembahasan inti saja dan akan kami jelaskan secara singkat saja, alasannya semua klarifikasi terkait, sudah kami jelaskan secara lengkap dan berurutan pada pembahasan diatas.

Cara ROOT Redmi Note 8 (Ginkgo)

  1. Silahkan buat Redmi Note 8, masuk ke dalam Mode TWRP dengan cara menekan Tombol Volume Up (+) dan Power bersamaan ketika Redmi Note 8 dalam kondisi Power Off.
  2. Pilih opsi Install.

 dengan merilis sebuah Smartphone yang tak kalah menarik dari Redmi Note  Cara ROOT Redmi Note 8 (Ginkgo) cepat dan mudah

  1. Cari File Magisk yang telah kalian Download sebelumnya.
  2. Setelahnya, Flash File Magisk tersebut.
  3. Prosesnya akan cepat selesai.
  4. Setelahnya, lakukan Reboot.
  5. Booting pertama sesudah ROOT bisa memakan waktu hingga 15 Menit atau lebih
  6. Done!

Terjadi Bootloop setelahnya ?

Beberapa dari kalian mungkin akan menemui kasus menyerupai ini sesudah melaksanakan proses ROOT pada Smartphone Android Redmi Note 8, yaitu yaitu kasus Bootloop.

  1. Bootloop sendiri yaitu problem yang umum terjadi pada Smartphone Android kebanyakan, yang memikili ciri kondisi masalah yaitu pada ketika Booting, OS gagal masuk ke Homescreen dan proses Boot akan selalu terulang-ulang hingga kapanpun.

Maka, bila kalian menemui problem menyerupai ini, kalian tidak perlu khwatir, alasannya disini kami punya solusi untuk problem tersebut.

Solusinya adalah, kalian hanya perlu melaksanakan Flash File DM-Verity yang akan kami bagikan dibawah ini, Flash melalui TWRP sesudah kalian menuntaskan proses ROOT yang sudah kami jelaskan diatas.

Setelahnya, maka Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki, akan bisa Booting secara Normal dan akses ROOT sudah bisa kalian gunakan sepenuhnya sekarang.

Dengan demikian, berakhirlah sudah pembahasan panduan ROOT untuk pengguna Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut.

Bagaimana? kami kira panduan yang telah kami tuliskan diatas sudah cukup terperinci dan sudah bisa dipahami dengan mudah, jangan khwatirkan terkait problem panduan yang tidak tepat, alasannya panduan tutorial Cara ROOT untuk Redmi Note 8 (Ginkgo) diatas sudah kami buat menurut cara yang bahwasanya dan dipastikan akan berhasil.

Selanjutnya, tinggal kalian saja lagi, apakah kalian sudah bisa dengan benar 100% untuk mengikuti cara yang sudah kami tuliskan diatas?

Sebenarnya, bila kalian sudah mengikuti cara yang kami jelaskan diatas sepenuhnya, maka harusnya kini ini kalian sudah bisa mendapat jalan masuk ROOT pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian gunakan sekarang.

Akhir kata, semoga artikel diatas bisa berkhasiat dan bermanfaat untuk kalian, semoga kalian beruntung dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD