Cara Mengganti Profile Country (Negara) Di Google Play Store Terbaru

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

Tidak perlu diragukan memang, ketika ini Smartphone dengan Sistem Operasi Android memang telah mendominasi pasar Smartphone secara Global, hal ini memang tidak terlepas dari fakta, bahwa memakai Smartphone Android atau Perangkat Pintar Android lainnya memang sangat menyenangkan.

Seperti yang kalian ketahui, OS Android itu selalu saja berevolusi setiap tahunnya, seiring dengan meningkatnya versi dari OS Android tersebut, setiap versi terbarunya tentu saja akan membawa sejumlah peningkatan dari segi keamanan, fitur dan pengalaman penggunaan yang lebih menarik dan mutakhir dari versi sebelumnya.

Selain itu, ketika ini memang ada aneka macam tersedia jenis dan versi Smartphone Android yang dijual kepasaran dengan rentang harga yang sangat variatif pula.

Hal ini terjadi, alasannya yakni memang OS Android tersebut memang disediakan secara Open Source, sehingga siapa saja para pengembang yang ingin mengadopsi dan mengkustom OS Android tersebut, hal itu sah-sah saja dilakukan, selama mengikuti mekanisme dan persyaratan yang dibentuk oleh pengembang utama yaitu yakni Google.

Peran para Produsen Smartphone juga sangat besar sehingga menciptakan OS Android bisa seterkenal kini ini, ketika ini ada puluhan Brand besar yang ikut ambil bab dalam bisnis Smartphone Android tersebut.

Lalu, Brand lokal pun tidak mau ketinggalan, dengan adanya hal ini tentu saja kita sebagai konsumen akan sangat diuntungkan, karena kita bisa menentukan Smartphone Android mana yang terbaik dari segi manfaat dan budget yang kita miliki kini ini.

Beralih ke bab hal paling menyenangkan ketika memakai Smartphone Android yakni karena pertolongan Aplikasinya yang sangat banyak dan sangat beragam!

Sampai kini ini, sudah tidak terhitung lagi banyaknya Aplikasi Android yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan, ada yang bersifat gratisan dan ada pula yang bersifat Premium atau yang berbayar.

Aplikasi-aplikasi Android tersebut memang hadir dalam seluruh Segmentasi kebutuhan, ibarat Aplikasi untuk hiburan, ibarat Games, Video Streaming serta Aplikasi Kreatif lain, kemudian disektor Fotagrafi dan Videografi hingga sektor Komunikasi dan Perkerjaan.

Semua hal tersebut bisa dengan sangat gampang kalian dapatkan hanya dengan satu buah Aplikasi resmi dari OS Android, yaitu yakni Google Play Store.

Ya! Google Play Store yakni tempat dimana kalian bisa mendapat Aplikasi Android yang kalian inginkan, baik itu yang berbayar ataupun yang gratisan.

Saat ini, Google Play Store juga telah berevolusi, sehingga dalam Aplikasi tersebut, tidak hanya Aplikasi Android saja yang tersedia, melainkan ada banyak hal lain, ibarat Buku, Film hingga Music.

Sistem keamanan yang ada dalam Google Play Store pun dijamin keamanannya oleh Google, sehingga Aplikasi yang tersedia didalam Google Play Store tersebut bisa didistribusikan secara kondusif dan bebas dari Virus atau Malware yang merugikan.

Juga, Google Play Store itu juga memepergunakan sistem Country Region (Daerah Kawasan) secara otomatis Konten Domestik hingga Pembayaran Domestik bisa secara otomatis eksklusif dinikmati oleh penggunannya.

Fitur ibarat ini memang sangat hebat, namun ada kekurangan dari Sistem ibarat ini, yaitu beberapa Aplikasi tidak bisa dinikmati oleh pengguna dari Kawasan yang berbeda, sehingga List Aplikasi yang kalian inginkan tidak akan bisa muncul di Google Play Store yang sedang kalian gunakan sekarang.

Lalu, bagaimana cara penyelesaiannya? gampang saja, kalian hanya perlu pindah Profile Country dari tempat Indonesia dipindah ke daerah Negara lain, ibarat United States.

Apa untungnya?

Keutungan memakai Country (Negara) United States (US) di Google Play Store

Kalau tidak ada untungnya, maka terang kami tidak akan menyebarkan artikel ini, alasannya yakni jujur saja, disamping memakai Kawasan Regional Indonesia, kami lebih mempunyai tempat US, apa alasannya?

Praktis saja, alasannya yakni dengan berganti ke daerah tempat US, maka kalian akan mendapati fitur yang sebelumnya tidak ada untuk tempat Indonesia, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Bisa memakai aplikasi yang dibanned didalam Negeri
  2. Aplikasi Pre-Registration yang lebih lengkap
  3. Aplikasi dan Games yang lebih menarik dan banyak
  4. Adanya beberapa fitur baru
  5. Metode pembayaran yang lebih Universal
  6. dll.

Nah, dari apa yang telah kami sampaikan diatas, tentu saja memakai Google Play Store dengan tempat negara lain selain Indonesia, dalam masalah ini memakai Negara US bisa jadi lebih menarik.

Karena memang tersedianya Resource yang sangat banyak dan variatif, kalian tidak akan tertinggal atau terlambat memakai beragam Aplikasi dan Games Exclusive.

Sebagai contohnya, ketika ada masa Pre-Registarion Games Black Dessert Mobile dan Dragon Raja, kami sudah ikut dalam masa Pre-Registration tersebut, dimana untuk kawasan Regional Indonesia belum tersedia.

Ketika Games tersebut sudah dirilis ke Google Play Store, kalian yang mempunyai Regional US akan lebih dulu bisa menikmati Games tersebut, ketimbang untuk tempat Regional Indonesia.

Karena, tidak menutup kemungkinan bahwa Games tersebut bisa jadi tidak dirilis ke Regional Indonesia, sehingga kalian hingga kapanpun mungkin tidak akan bisa menikmati Games yang kalian inginkan tersebut.

Berkaca dari hal tersebut, tentu saja menggunaka tempat Country / Negara Premium ibarat US, akan lebih menguntungkan dan menarik dibandingkan dengan memakai Country / Negara daerah asal.

Hanya saja, ternyata berpindah ke Regional Negara lain juga mempunyai kekurangan, apa saja kekurangan yang kami maksud tersebut?

Kekurangan memakai Country (Negara) United States (US) di Google Play Store

Jika ada keuntungan, terang saja niscaya ada kekurangan, hal pertama yang mungkin sangat terasa yakni berubahnya mata uang yang digunaka pada Google Play Store, alasannya yakni ketika kalian memakai Country / Negara ibarat US.

Maka, mata uang yang dipakai di Google Play Store akan bermetamorfosis Dollar dan bukan Rupiah lagi, sehingga mungkin kalian akan kesulitan untuk membeli Aplikasi, Games atau In-App Purchase bila mata uang tersebut yakni Dollar.

Selian mungkin bisa harganya bisa lebih mahal, untuk metode pembayaran pun juga akan lebih sulit, alasannya yakni bila kalian memakai Google Play Store dengan Country selain Indonesia.

Maka, kemampuan pembayaran via Pulsa, Indomaret, Alfamart serta metode pembayaran dalam negeri lainnya yang sebelumnya didukung, kini tidak bisa dipakai lagi.

Kalian hanya diperkenankan menggunakan Debit / Credit Card atau metode pembayaran lain ibarat PayPal yang sudah bersifat Universal.

Namun, jika kalian tidak mementingkan terkait permasalahan mata uang serta metode pembayaran tersebut, maka memakai Google Play Store dengan Country ibarat US, nyatanya akan lebih menguntungkan untuk kalian, ibarat yang sudah kami jelaskan diatas.

Apakah kalian tertarik memakai Country lain selain Indonesia di Google Play Store? bila iya, maka kalian bisa saja menggantinya kini juga, namun ada peraturan yang harus kalian pahami sebelumnya, apa isi peraturan tersebut?

Peraturan pergantian Country / Negara Google Play Store

Secara umum, kalian memang bebas saja bisa mengganti Profile Country Google Play Store kapan saja kalian mau, kalian tidak harus mempersiapkan banyak hal yang sulit, tetapi dari sisi Google sendiri, ada peraturan yang mutlak yang harus kalian pahami.

Peraturan yang kami maksud tersebut yakni bahwa kalian hanya di izinkan mengganti Profile Country tersebut hanya 1 tahun sekali saja, artinya sesudah kalian mengganti Negara dari Indonesia ke US misalnya.

Maka, kalian hanya bisa mengembalikan Profile Negara tersebut, 365 hari kedepan atau 1 tahun, gres bisa diganti lagi.

Sehingga, disini perlu kalian pertimbangkan dulu bila ingin mengganti Profile Country tersebut, bila hal ini hanya akan menjadikan duduk masalah untuk kalian lebih baik jangan diterapkan di Account Google Play Store utama kalian, maksudnya?

Maksudnya yakni kalian hanya perlu menciptakan satu akun Gmail lagi dan silahkan ganti Profilenya ke Negara lain, maka dalam masalah ini, kalian tidak mengorbankan akun Gmail utama kalian, mudah bukan? selain itu hal ini tentu saja tidak melanggar peraturan Google sama sekali.

Karena bisa saja, satu pengguna Smartphone Android menciptakan beberapa Akun Gmail, bila memang dirasa perlu.

Kami, pikir semua pembahasan umum terkait permasalahan pergantian Profile Country / Negara di Play Store sudah kami bahas secara rinci, maka kita akan eksklusif beralih ke topik pembahasan utama kita, yaitu yakni cara untuk mengganti Profile Negara atau Country tersebut di Google Play Store yang ada di Smartphone Android kalian sekarang.

Cara mengganti Negara / Country Google Play Store

Baiklah, kita sudah hingga pada pembahasan utama kita kali ini, perlu kami tekankan disini, bahwa disini cara yang kita pergunakan hanyalah bermodal sebuah Smartphone Android dengan Aplikasi Google Play Store yang tentu saja bisa dijalankan dengan baik.

Cara ini berbeda dari beberapa cara yang banyak bermunculan di Internet, alasannya yakni disini kami tidak akan menyediakan Link apapun, sehingga semua Implementasi kerjanya hanya akan dilakukan murni dari Google Play Store saja dan kalau bisa Google Chrome juga harus sudah ada di Smartphone Android kalian.

Karena, pada salah satu cara tersebut, Google Play Store akan eksklusif membuka Aplikasi Browser sejenis Google Chrome untuk melaksanakan Konfigurasi secara langsung.

Lalu, ada juga hal yang harus kalian persiapkan, yaitu yakni sebagai berikut :

  1. Nama Negara yang ingin kalian jadikan Profile.
  2. Alamat jalan di Negara tersebut.
  3. Postal Code / Nomor Pos dari alamat di Negara tersebut.

Jika, kalian tidak mau ambil pusing, silahkan gunakan saja Profile alamat, postal code dan negara yang akan kami berikan dibawah nanti.

Bisa kita mulai?

Profile Country Default harus ada

Nah, sebelum kita masuk ke cara pergantian Profile Country di Google Play Store tersebut, pastikan Profile Negara Default, harus sudah ada dalam masalah ini yakni Negara Indonesia.

Kalau tidak ada Profile Negara ibarat ini :

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

Maka, kalian tidak akan bisa mengganti Profile Country / Negara di Google Play Store tersebut, bila masih kosong, kalian bisa mengikuti cara dibawah ini biar Country Defaultnya muncul :

  1. Buka Google Play Store, kemudian pilih opsi Menu.
  2. Buka sajian Account.

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Silahkan lihat pada bab Switch to the Indonesia Play Store.
  2. Lalu, pilih saja Billing yang tersedia, harusnya bila kalian memakai Kartu ibarat Telkomsel, Indosat, XL dan lainnya, maka Billing tersebut akan tersedia.
  3. Jika sudah, maka akan muncul pemberitahuan ibarat ini :

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Tekan saja Continue dan selesaikan prosesnya.
  2. Harusnya setelahnya, Country Default sudah muncul ibarat ini :

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Done!

Setelah, Profile Default terpilih, maka kalian baru bisa mengganti Profile Negara tersebut ke wilayah Regional Negara lain.

Apakah hal ini tidak akan terkena hukum Google yang hanya memperbolehkan pergantian Profile Country hanya untuk satu tahun sekali saja?

Tentu saja tidak! alasannya yakni disini yang kita lakukan hanyalah melaksanakan Set Country Default saja dan tidak menggantinya.

Nah, untuk langkah sesudah ini, gres kita akan mengganti Profile Country Google Play Store tersebut, berikut yakni caranya.

Cara mengganti Profile Country eksklusif melalui Google Play Store

Jika, kalian sudah mengikuti cara diatas dan Profile Country Default sudah muncul dalam masalah ini yakni Negara Indonesia, maka kalian bisa eksklusif mengganti Profile Country tersebut dengan cara dibawah ini :

  1. Buka Aplikasi Google Play Store.
  2. Pilih opsi Menu.
  3. Lalu, pilih opsi Payment Methods.

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Setelahnya, pilih lagi opsi More Payment Settings.

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Secara otomatis disini kalian akan dibawa kehalaman Web Konfigurasi Payment tersebut.
  2. Setelah terbuka, tekan bab Menu dan pilih opsi Settings.

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Scroll kebagian tengah dan tekan Icon Pensil (Edit) pada bab Country/Region.

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Setelahnya, pilih opsi Create New Profile.

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Lalu, pilih opsi Continue.

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Pada tahap ini, silahkan kalian pilih Negara mana yang ingin kalian gunakan dalam masalah ini kami menentukan United States (US), kemudian tekan Continue setelahnya.

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Kemudian, silahkan isi Nama kalian dan masukan Alamat, Kota, Provinsi dan juga Kode Pos, bila kalian resah silahkan ikuti saja ibarat yang kami inputkan, kecuali pada bab Nama, ibarat ini :

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Jika sudah, tekan Submit.
  2. Pada tahap ini, kalian sudah berhasil mengganti Profile Country Default di Google Play Store.
  3. Untuk melihat hasilnya silahkan tekan opsi View Profile, harusnya Profile yang telah kalian buat, sudah akan muncul ibarat ini :

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Sampai pada tahap ini, proses pembuatan Profile Country gres untuk Google Play Store sudah selesai.
  2. Done!

Apakah dengan mengikuti langkah diatas, maka Proses pergantian Profile Country Google Play Store sudah selesai?

Nyatanya tidak! kalian harus melaksanakan 1 hal lagi, yaitu yakni dengan menghapus Profile Country Default Indonesia, sehingga Profile Country United States akan menjadi Country Default gres di Google Play Store kalian.

Caranya bisa kalian ikuti dibawah ini.

Cara menghapus Profile Country / Negara Indonesia di Google Play Store

Ini yakni langkah terakhir biar Profile Country di Google Play Store yang kalian gunakan bisa terubah sepenuhnya.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kalian hanya perlu menghapus Profile Country Default sebelumnya, yaitu yakni Profile Country Indonesia, biar Profile Country gres dari Negara lain bisa aktif sepenuhnya.

Berikut yakni cara untuk menghapus Profile Country Default Google Play Store Indonesia :

  1. Buka Aplikasi Google Play Store >> Menu >> Payment Methods.
  2. Lalu, pilih opsi More Payment Settings.
  3. Kemduan, kalian akan dibawa kehalaman Web Konfigurasi Payment lagi.
  4. Setelah terbuka, pilih opsi Settings.
  5. Pada tahap ini, silahkan pilih Profile Account Google Play Store yang Country Indonesia, ibarat ini :

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Setelahnya, pada bab bawah pilih opsi Close Payment Profile.
  2. Silahkan dicek terlebih dahulu, pastikan Profile yang akan dihapus yakni Profile dengan Country Indonesia.

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Jika sudah, silahkan pilih saja Reason pembatalan Profile ibarat ini :

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Tekan Continue.
  2. Terakhir, silahkan pilih opsi Close Payment Profile.

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

  1. Done!

Dengan menerapkan hal diatas, maka kini ini Profile Country / Negara di Account Google Play Store sudah berubah yang awalnya Indonesia, sekarang sudah menjadi United States.

Kalian bisa melihat statusnya pada bab Menu >> Account, harusnya sudah terganti ibarat ini :

 Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store Cara mengganti Profile Country (Negara) di Google Play Store terbaru

Meski sudah bermetamorfosis Negara selain Indonesia, bukan berarti kalian eksklusif bisa memakai atau mencicipi hal yang sudah kami sampaikan pada pembahasan bab atas.

Karena kalian harus menunggu selama 48 Jam biar perubahan Profile Country tersebut bisa berubah sepenuhnya.

Setelah 48 Jam tersebut, harusnya kalian sudah bisa menikmati semua kelebihan yang ada pada Account Google Play Store dengan Negara selain Indonesia dalam masalah ini yakni United States.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, bagaimana? apakah kalian sudah berhasil berpindah Profile Country tersebut?

Harusnya, bila kalian mengikuti semua hal yang kami sebutkan dengan benar dan tepat, harusnya hasil kesannya akan sama ibarat apa yang telah kami lakukan.

Cara ini memang terbilang lebih gampang untuk kalian lakukan, dibandingkan cara lainnya, alasannya yakni ada beberapa cara yang perlu melibatkan Perangkat Komputer dan alamat Link URL khusus.

Pada Tutorial yang kami bagikan disini, semuanya murni hanya dilakukan dengan Smartphone Android saja dan pastikan kalian mempunyai saluran Internet.

Akhir kata, semoga Tutorial yang kami berikan diatas bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD