Cara Menciptakan Tampilan Android Menjadi Dark Mode (System & Apps)

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

Smartphone Android ketika ini memang telah menjadi sebuah Perangkat Pintar yang memang diperlukan banyak orang, lantaran sifatnya yang bisa diandalkan untuk melaksanakan baragam hal, ibarat itu membantu meringankan perkerjaan, menyalurkan talenta serta hobi, dipakai sebagai wadah untuk media hiburan dan juga bisa dipakai untuk mencari pelengkap penghasilan.

Sehingga, dengan bermacam-macam kebutuhan tersebut, maka masuk akal saja kalau ketika ini Smartphone Android mempunyai bermacam-macam kemampuan yang unik satu sama lainnya, ibarat yang kalian ketahui, dimana-mana OS Android itu sama saja.

Tetapi, yang membedakan satu dengan yang lainnya ialah terkait pada nama Brand dan Inovasi Teknologi yang dibentuk oleh masing-masing Vendor Smartphone Android itu sendiri, itulah kenapa ketika ini setiap Smartphone Android yang berbeda merek tersebut, seakan berbeda, tetapi pada kenyataannya bergotong-royong tetap sama saja, yaitu sama-sama memakai OS Android.

Lebih lanjut lagi, lantaran OS Android itu sifatnya yang Open Source, maka disini pihak Vendor atau Produsen Smartphone Android terkait, bisa dengan bebas melakukan Customization diberbagai sektor, ibarat dukungan hardware yang lebih canggih, sampai perombakan total disektor tampilan antar muka OS Android itu sendiri.

Maka dari itu, coba kalian perhatikan Smartphone Android Samsung dan Oppo, pada kenyataannya sama saja, yaitu sama-sama memakai basis OS Android, tetapi kenapa bisa berbeda?

Ya! inilah yang kami maksud sebelumnya, lantaran disini bisa kita lihat terkait perbedaan Inovasi Teknologi dan Customization yang telah di Implementasikan, sehingga disini akan muncul sebuah Identitas gres atau ciri khas tersendiri, dari masing-masing Produk Smartphone Android tersebut.

Secara umum, OS Android itu selalu berkembang menjadi lebih baik disetiap tahunnya, perkembangan tersebut sebagian besarnya diadaptasi dengan kebutuhan dan musim yang diinginkan oleh penggunannya.

Maka, kalian tidak perlu heran, lantaran kini ini OS Android bisa mempunyai bermacam-macam fitur gres yang unik dan terkesan sangat keren, karena inilah kiprah dari Google, selaku pengembang dari OS Android tersebut.

Karena, mereka harus peka dengan kemauan pasar dan kehendak konsumen, kemudian inilah juga yang menjadi salah satu rahasia, kenapa OS Android bisa menjadi OS yang bisa mendominasi distribusi penggunaan OS Mobile dunia.

Itu lantaran Google bisa membawa hal yang kita butuhkan, karena kebutuhan akan sesuatu yang hebat dan cepat itu selalu saja menjadi tuntutan yang harus dipenuhi, apalagi dizaman digital yang serba cepat ini.

Maka dari sini, lahirlah bermacam-macam fitur dan fungsi menarik, sebut saja ibarat Artificial Intelligence (AI), bermacam-macam Tool Office dan bermacam-macam Tool yang bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi serta untuk menikmati hiburan.

Selanjutnya, tuntutan yang ada disini, bukan melulu ihwal Hardware atau sebuah Inovasi Fitur yang mutakhir saja, melainkan ada hal yang lebih penting dari itu semua, yaitu terkait dari User Experience dari sebuah System Operasi.

Nah, hal ini memang perlu diperhatikan, lantaran disinilah awal mulanya kepuasan dari Konsumen itu berasal, kalau UX dari sebuah OS itu bagus, dalam artian Desain tampilan yang simple, mudah dimengerti dengan Navigasi yang jelas.

Maka sudah niscaya OS tersebut akan banyak disukai oleh penggunannya, lantaran akan bisa menciptakan penggunannya betah untuk melaksanakan Navigasi dan bermain-main dengan UX pada OS tersebut.

Selain itu, pihak Developer OS pun juga harus mengerti terkait penggunaan Style dari Interface OS tersebut, biar bisa disukai oleh semua pihak dengan bermacam-macam jenis kesukaan yang berbeda-beda, maka disini munculah yang namanya Adaptive System Display.

Nah, inilah yang akan menjadi pembahasan utama kita kali ini, yaitu terkait sebuah Fitur yang belakangan tengah ramai digunakan, lantaran sifatnya memang benar-benar bisa bermanfaat, yaitu ialah Fitur Dark Mode yang ada pada OS Android versi Terbaru.

Fungsi Fitur Dark Mode Android

Secara resmi Google memang sudah membenamkan Fitur Dark Mode ini secara default dan bisa dengan bebas dipakai oleh penggunaanya, mulai dari versi Android 10 dan seterusnya.

Lalu, yang menjadi pertanyaannya ialah apa sih fungsi dari fitur ini?

Maka, jawabannya ialah fitur ini akan menciptakan tampilan System OS beserta beberapa Aplikasi Android didalamnya berkembang menjadi tampilan dengan penggunaan komposisi Warna utama yang Gelap atau Dark.

Sehingga, fitur ini akan menciptakan tampilan dari System di Smartphone Android yang kalian gunakan berubah, yang awalnya berwarna putih higienis (Light), kini bisa berkembang menjadi gelap (Dark) secara otomatis.

Selanjutnya, fitur ini bukanlah potongan dari sebuah Themes Pack atau Themes pihak ke-3, melainkan ini ialah sebuah Fitur Default atau sebuah Fitur Murni yang memang ada di OS Android secara default, dimulai dari OS Android 10 dan seterusnya.

Dengan adanya fitur ini, maka kini ini Fitur Dark Mode juga sudah banyak di Impelementasikan oleh bermacam-macam Vendor Smartphone Android, biar bisa di Implementasikan pada Custom ROM Android yang telah mereka buat.

Sehingga, muncul bermacam-macam jenis Tampilan Warna Dark yang berbeda-beda, ada yang berwarna Dark Grey dan ada juga yang berwarna Totally Black (Hitam Pekat).

Lalu, apa sih menfaat dari penggunaan Dark Mode di OS Android tersebut?

Keuntungan memakai Dark Mode untuk Smartphone Android

Seperti yang kalian ketahui, fitur Dark Mode pada OS Android terbaru tersebut, bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk menciptakan Tampilan System OS Android menjadi semakin keren saja, tetapi ada bermacam-macam manfaat yang bisa kalian manfaatkan dari penggunaan Dark Mode tersebut.

Pada faktanya, bukan hanya OS Android saja yang kini telah menunjukkan fitur Adaptive System Display untuk kenyamanan penggunannya tersebut, melainkan OS Windows untuk Komputer Desktop, juga telah melaksanakan hal yang sama.

Secara umum, kenapa fitur ini menjadi ada itu bukan tanpa alasan, bergotong-royong kalian bisa saja dengan gampang untuk menciptakan tampilan di OS Android itu menjadi gelap atau dark, dengan bermacam-macam Themes pihak ke-3, tetapi kenapa fitur ini menjadi salah satu fitur Default yang disertakan oleh pihak Google atau Microsoft?

Maka, dari sini saja kita sudah bisa tahu, karena faktanya fitur Dark Mode ini memang akan bisa menunjukkan manfaat yang lebih banyak kepada pengguna OS yang telah mereka buat dan komersilkan, kemudian apa saja sih manfaat dari penggunaan Dark Mode di OS Android tersebut?

Nyaman dipakai ketika kondisi gelap

Inilah manfaat yang akan kalian dapatkan ketika memakai fitur Dark Mode pada OS Android tersebut, yaitu ialah kenyamanan ketika melaksanakan navigasi dan membaca content dari Smartphone Android yang kalian miliki, ketika dikondisi malam atau gelap.

Dengan adanya fitur ini, maka mata kalian tidak akan cepat lelah ketika sedang membaca goresan pena pada layar Smartphone Android yang kalian gunakan.

Sehingga keuntungannya akan secara luas bisa kalian rasakan, yaitu ialah kalian bisa lebih usang melihat content yang ada dilayar Smartphone Android kalian dan mata kalian juga akan semakin sehat dan tidak cepat terganggu, lantaran efek penggunaan Smartphone Android di lingkungan yang kurang cahaya.

Membuat Konsumsi daya baterai semakin irit

Selanjutnya, hal ini yang akan menjadi laba atau manfaat yang bisa kalian dapatkan dari penggunaan fitur Dark Mode tersebut, tetapi manfaat ini hanya bisa dirasakan oleh para pengguna Smartphone Android dengan layar berjenis OLED dan turunannya saja, ibarat AMOLED atau Super AMOLED.

Seperti yang kalian ketahui, layar OLED dan AMOLED itu bisa menampilkan warna hitam yang memang benar-benar pekat, hal ini terjadi lantaran Pixel yang ada pada Panel Layar OLED atau AMOLED tersebut, memang tidak akan aktif ketika menampilkan warna hitam.

Sehingga, sudah jelas, Konsumsi Daya Battery akan menjadi lebih ekonomis dan tidak boros, lantaran Pixel di Panel Layar OLED atau AMOLED hanya akan aktif diwarna selain hitam, untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat keunggulan Layar OLED atau AMOLED pada halaman yang sudah kami tulis dibawah ini :

Namun, sayangnya manfaat ini tidak akan bisa dirasakan oleh pengguna Smartphone Android yang mempunyai Spesifikasi Panel Layar selain OLED / AMOLED, ibarat IPS LCD ataupun TFT.

Integrasi lebih efektif dan luas

Hal ini terkait hal teknis dari User Experience yang ada pada OS Android tersebut, lantaran kalau kita lihat tentu saja penggunaan fitur Dark Mode ini akan lebih efektif dan efesien digunakan, dari pada penggunaan sebuah Themes Third Party.

Keuntungannya adalah, pada fitur Dark Mode ini integrasi perubahan Color Schemenya terjadi secara menyeluruh, yang kalau kita artikan effectnya tidak akan hanya terlihat di System OS saja, melainkan beberapa Aplikasi didalamnya pun juga akan ikut menjadi bertema Dark.

Sehingga, kalau kita bandingkan, maka sudah terperinci penggunaan Dark Mode ini akan menjadi lebih efisien dibandingkan memakai Themes pihak ke-3 yang kebanyakannya, memang tidak bisa berfungsi secara maksimal dan beberapa diantaranya memang akan berefek kepada penggunaan Konsumi Daya Battery yang lebih boros.

Ke-3 hal diatas, ialah manfaat yang bisa kalian dapatkan dari penggunaan fitur Dark Mode pada OS Android versi Terbaru tersebut.

Namun, yang menjadi pertanyaanya ialah jika saya memakai OS Android lama, sebut saja dibawah versi Android 10 apakah saya masih tetap bisa memakai Fitur Dark Mode tersebut, tanpa sumbangan sebuah Themes pihak ke-3?

Maka, inilah yang akan menjadi titik berat pembahasan kita kali ini, yaitu terkai Cara untuk menciptakan Tampilan Dark Mode pada OS Android lama, sebut saja versi dibawah OS Android 10, ibarat Nougat, Marshmallow dan Lollipop.

Apakah masih bisa memakai fitur Dark Mode tersebut, tanpa memakai sebuah Themes pihak ke-3? maka jawabannya sangat bisa!

Cara mengaktifkan fitur Dark Mode Android

Nah, disini kita tidak akan memakai Mod yang akan di Install ke System OS Android, ibarat melalui TWRP atau melalui kemampuan ROOT.

Karena, untuk bisa memakai fitur Dark Mode tersebut, disini kita hanya perlu memakai sebuah Aplikasi Gratis dan bersize kecil yang bisa kalian dapatkan kini juga melalui Aplikasi Google Play Store.

Nama dari Aplikasi tersebut ialah Dark Mode, yang memiliki fungsi instant yang bisa menciptakan tampilan Smartphone Android kalian seketika menjadi Dark (Gelap) dengan hanya satu sentuhan saja.

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

Kalian tidak perlu khawatir, lantaran Aplikasi ini sudah kami uji coba dan bisa berjalan dengan sangat baik di versi Android lawas atau versi dibawah Android 10 yang tidak mendukung fitur Dark Mode secara default.

Umumnya, aplikasi ini akan bisa maksimal di OS Android yang sudah memakai Layout dan Style Material Design, ibarat Android 5.0 keatas.

Hal pertama yang harus kalian lakukan, silahkan Download dan Install dulu Aplikasi Dark Mode tersebut di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang, kalau kalian malas untuk mencarinya di Google Play Store, silahkan pribadi tekan Link dibawah ini :

Setelahnya, silahkan ikuti tutorial yang akan kami jelaskan dibawah ini dan pastikan semua hal yang telah kami sarankan, bisa untuk kalian ikuti semuanya.

Namun, sebelum itu ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi dulu, sebelum mencoba memakai Aplikasi Dark Mode tersebut, yaitu ialah sebagai berikut :

  1. Pastikan kalian sudah mengupdate Aplikasi Core yang sering kalian gunakan, ibarat Google Play Store, WhatsApp, Youtube, Chrome, Instagram dan lainnya.
  2. Minimal penggunaan Aplikasi Dark Mode ini adalah Android 5.0 dengan Layout Material Design.
  3. Tidak memakai Themes apapun.
  4. Lebih disarankan dipakai pada OS Android Stock / murni, meski demikian aplikasi ini masih tetap bisa berfungsi dibeberapa Custom ROM, baik Branded ataupun hasil Amatiran.

Jika, kalian sudah bisa memahami bermacam-macam hal diatas dan bisa mengikutinya, selanjutnya kita akan praktekan bagaimana cara memakai Aplikasi Dark Mode tersebut, silahkan ikuti intruksinya dibawah ini.

Cara memakai Dark Mode di Android 

  1. Silahkan buka Aplikasi Dark Mode yang sudah kalian Download dan Install sebelumnya.
  2. Jika sudah terbuka, disini kalian akan melihat 3 buah Toogle Opsi yang bisa kalian pilih dan gunakan.
  3. Untuk mengaktifkan Dark Mode, silahkan pilih Opsi Night Mode.

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

  1. Setelahnya, seketika itu juga tampilan System dan Apps di Smartphone Android akan berkembang menjadi Dark.
  2. Done

Beberapa teladan hasil dari penggunaan Aplikasi Dark Mode

Nah, pada uji coba kali ini, kami menerapkan penggunaan Aplikasi Dark Mode ini pada 2 buah Smartphone Android berbeda, yaitu salah satunya dengan OS Android versi 7.1 dan satu lainnya mempunyai versi Android 9.0.

Bagaimana hasilnya? berikut ialah penampakannya ketika sudah memakai Aplikasi Dark Mode tersebut :

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

Seperti yang bisa kalian lihat, Aplikasi Dark Mode ini bisa secara Instant mengubah warna System OS yang sebelum bertema Light, kini menjadi Dark.

Selain itu, beberapa aplikasi juga akan terkena effect dari Dark Mode tersebut. Namun, beberapa diantara aplikasi tersebut, memang memerlukan Settingan tambahan untuk mengaktifkan Dark Mode-nya, ibarat Youtube dan Google Chrome.

Sebenarnya, masih ada banyak aplikasi yang juga akan ikut berkembang menjadi Dark, ketika kalian sudah mengaktifkan fitur Dark Mode tersebut, tetapi disini kami hanya akan menunjukkan beberapa teladan sample saja, yang berarti, bahwa Aplikasi satu ini memang benar-benar bisa berkerja dan dipercaya fungsinya.

Aplikasi ini tidak berkerja ?

Mungkin ada beberapa dari kalian yang mengalami hal serupa, tetapi disini perlu kami tekankan, kalau Aplikasi Dark Mode ini tidak bisa berkerja selayaknya pada Smartphone Android yang kalian miliki.

Maka, bukan berarti Tutorial ini tidak berkerja atau Aplikasi Error dan bermasalah, melainkan perkara gagalnya impelentasi Dark Mode tersebut, memang lantaran disebabkan murni oleh ROM yang sedang kalian gunakan.

Developer dari Aplikasi ini juga sudah mengatakan, bahwa pada faktanya Aplikasi Dark Mode ini, mungkin tidak akan bisa berfungsi dibeberapa Smartphone Android, lantaran Vendor yang melaksanakan Customisasi dari ROM Android tersebut, memang telah secara sengaja memblock atau menonaktifkan kemampuan Adaptive System Display tersebut.

Sehingga, terperinci saja Aplikasi Dark Mode ini tidak akan bisa menuntaskan pekerjaannya, lantaran dari System pun sudah tidak memungkinkan untuk dirubah menjadi Dark untuk Layout dan Design-nya.

Maka, satu-satunya solusi yang bisa kalian lakukan, kalau memang masih benar-benar ingin memakai fitur Dark Mode tersebut, ialah hanya dengan beralih ke Custom ROM lain saja.

Kalau ingin balasannya maksimal dan dipastikan bisa berfungsi dengan baik, maka pilihah Custom ROM Android yang berbasis dari AOSP atau Android Murni.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, kami harapkan Tutorial diatas bisa berkerja dengan baik di Smartphone Android yang sedang kalian gunakan kini ini.

Tetapi, perlu kami tekankan sekali lagi, meski Aplikasi ini memang terbukti bisa menciptakan Smartphone Android kalian menjadi Dark Mode seketika dan Instant, pada faktanya tidak semua Aplikasi akan bereffect menjadi Dark Mode.

Namun, untuk keseluruhan System dipastikan akan bisa berkembang menjadi Style Gelap atau Dark, sehingga kami bisa menjamin bahwa Aplikasi ringan dan simple satu ini, memang benar-benar bisa berkerja dengan baik.

Jika, kalian ingin kembali ke Mode Light, silahkan pilih opsi Day Mode pada Aplikasi Dark Mode tersebut, maka tampilan System Android beserta dengan Appsnya akan kembali menjadi putih atau Light.

 mengganti Tampilan Android menjadi Hitam Cara menciptakan tampilan Android menjadi Dark Mode (System & Apps)

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa tercapai dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD