Cara Menambahkan Tema Vivo (I Theme / Itz) Secara Offline

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini, ada yang tiba dari Brand terkenal dan ada pula yang tiba dengan Brand yang jarang diketahui dan terkesan antah berantah.

Umumnya, semua Smartphone Android itu sama saja, baik itu Smartphone Android dari Brand populer ataupun yang tidak diketahui mereknya, yaitu sama-sama memakai OS Android sebagai basis OS utamanya.

Lalu, apa bedanya Smartphone Android satu dengan yang lainnya? yang membedakan sudah niscaya Produsen pembuat Smartphonenya dan tentu saja Implementasi yang telah ditanamkan, sehingga hal inilah yang menciptakan seakan Smartphone Android itu berbeda antar Brandnya.

Lebih lanjut lagi, pada dilema ini tentu saja kita akan berbicara terkait dilema Custom yang telah dilakukan pihak Vendor dalam Smartphone Android yang mereka buat, dengan adanya Custom dari segi Software tersebut, maka Smartphone Android dari Brand tertentu, seakan mempunyai ciri khasnya sendiri.

Custom yang dimaksud disini yakni Custom yang dilakukan oleh pihak Produsen terhadap Source OS Android yang digunakan, maka disini munculah sebuah istilah Custom ROM untuk menyebut kondisi tersebut.

Hasil dari impelementasi Custom ROM oleh para Produsen Smartphone Android tersebut, bisa kalian lihat sendiri, dengan tumbuh besarnya Custom ROM ternama, menyerupai OxygenOS, MIUI, EMUI, ColorOS, OneUI, FuntouchOS dan lainnya.

Seperti yang kalian ketahui, OS Android itu didistribusikan oleh Google secara Open Source, sehingga siapa saja bisa memakai Source OS Android tersebut, apakah ingin memakai Original Source tanpa Custom dan pada kenyataannya Source tersebut juga bisa di Custom sesuai dengan kehendak pengembangnya.

Maka, dari kemampuan Open Source tersebut, kini ini ada berbagai bermunculan Custom ROM, baik itu yang dibuat oleh Developer dari suatu Produsen Smartphone besar atau dibuat oleh para anggota Komunitas OS Android.

Umumnya, OS Android yang sudah di Custom tersebut, akan memiliki banyak fitur Extra yang tidak akan bisa didapatkan dari OS Android murni, sebab ini yakni merupakan sebuah Inovasi dari Developersnya, maka biasanya inilah yang akan menjadi nilai jual dan daya tarik tersendiri didalam Custom ROM tersebut.

Seperti, kemampuan untuk mengubah Themes System, Fonts, Tools khusus dan beberapa aplikasi Android default yang sudah di Custom sedikian rupa supaya menjadi kaya akan fitur.

Sekarang ini, hampir semua Brand Smartphone Android mempunyai Custom ROM resminya sendiri, sebut saja menyerupai Samsung, Oppo, Xiaomi dan lainnya, mereka mempunyai Custom ROM orisinilnya sendiri.

Sehingga, meski sama-sama memakai OS Android, cita rasa dalam penggunaan Smartphone Android tersebut, jelas sekali berbeda antar Smartphone Android tersebut.

Nah, pada artikel ini kita akan berbicara terkait salah satu permasalahan fitur Custom pada suatu Brand Smartphone Android yang sudah sangat populer ditanah air kita ini, yaitu yakni Vivo dengan FuntouchOS-nya.

Aplikasi i Theme Vivo FuntouchOS

Sama menyerupai Custom ROM lainnya, di Vivo sendiri dengan Custom ROM FuntouchOS-nya, mereka juga menyediakan sebuah Themes Engine independen dengan nama i Theme, pada aplikasi ini kalian bisa dengan gampang mendownload Themes yang ada dan pribadi menerapkannya ke System.

Sehingga, tampilan pada Smartphone Android Vivo kalian akan berubah sepenuhnya, selain itu pada Aplikasi i Theme ini, kalian juga bisa mengganti Font Standard dengan Custom Font yang telah disediakan melalui Aplikasi i Theme tersebut.

Lalu, aplikasi i Theme ini juga memungkinkan kalian untuk menggabungkan beberapa Part Theme secara bersama, menyerupai melaksanakan Mixed pada Lockscreen, Home dan lainnya.

Hanya saja, Aplikasi i Theme ini tidak bisa berkerja dengan baik, selain dari Regional China, kenapa? berikut yakni alasan dan efek negatifnya.

Pilihan Theme yang begitu sedikit dan monoton

Nah, secara umum Theme Engine dari FuntouchOS memang sudah sangat Superior diatas kertas, tetapi kenyataannya Theme Engine Vivo ini hanya akan maksimal dalam regional tertentu menyerupai yang sudah kami jelaskan diatas.

Kita yang berada di Regional Indonesia tidak akan bisa menikmati ribuan Themes keren yang bisa di Download dari aplikasi i Theme, layaknya Themes Engine yang ada pada MIUI Xiaomi / Redmi.

Pilihan dari Themes yang disediakan didalam aplikasai i Theme Regional Indonesia Vivo memang sangat sedikit dan sangat terbatas, Themes yang disediakan tersebut terlihat biasa saja, jikalau dibandingkan dengan koleksi Themes yang ada pada MIUI, tentu saja Themes pada Vivo akan sangat kalah.

Alasan, kenapa Themes Vivo FuntouchOS tidak didistribusikan ke tempat Indonesia, mungkin sebab adanya peraturan Copyright atau hak ekslusive distribusi kekayaan intelektual yang dihentikan diadakan diregional lain, ini hanya kemungkinan atau perkiraan saja, untuk kebenarannya tidak diketahui sama sekali.

Lalu, bagaimana cara penyelesaiannya?

Download dan pasang secara Offline!

Nah, ini yakni solusinya, pada kenyataannya di Aplikasi i Themes Vivo itu memang menyediakan sebuah fitur untuk melaksanakan Load Themes pihak ke-3 yang tidak di Download melalui aplikasi i Themes tersebut.

Dalam artian, Themes tersebut yakni Themes yang kalian Download secara Inpidu, kemudian di Copy Paste ke Direktori Folder tertentu, setelahnya maka kalian bisa dengan gampang mengganti Themes pada Smartphone Android Vivo kalian, tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu dari Aplikasi i Theme.

Banyak pengguna Smartphone Android Vivo asal Indonesia yang memakai cara ini, sebab memang hanya inilah satu-satunya cara yang bisa dilakukan, agar bisa memakai puluhan atau ratusan Themes Vivo yang keren dan tidak terlihat membosankan.

Hanya saja, untuk mencari Themes Vivo (.itz) tersebut, mungkin agak sulit, pada kenyataannya kalian bisa dengan gampang menemukannya di Youtube ataupun dari Situs tertentu, namun koleksi yang disediakan memang cukup terbatas.

Jika, kalian ingin koleksi Themes Vivo (.itz) yang banyak dan variatif, mungkin kalian perlu masuk dalam Grup Vivo China, menyerupai yang disarankan oleh anggota komunitas Vivo Indonesia ke kami, tetapi kami sendiri belum mencoba cara ini.

Karena, berdasarkan kami koleksi Themes FuntouchOS Vivo yang sudah kami miliki sekarang, mungkin sudah cukup untuk menciptakan supaya Smartphone Android Vivo yang kami miliki tidak terlihat membosankan.

Lalu, dimana kalian bisa mendapat Themes Vivo (.itz) tersebut, sekarang?

Download Koleksi Themes (.itz) Vivo

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kalian bisa mendownload Themes Vivo tersebut, bisa melalui Youtube, situs tertentu atau forum/grup tertentu, tetapi jikalau kalian ingin cepat dalam mempraktekan pemasangan Themes Vivo (.itz) tersebut dengan panduan yang telah kami buat dibawah ini.

Maka, kalian bisa dengan gampang untuk mendownload Koleksi Themes (.itz) Vivo yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Tidak banyak memang, hanya ada beberapa, tetapi kalau berdasarkan kami pribadi Themes yang sudah kami paketkan dibawah ini, memang sudah lebih dari cukup, kalianpun juga sudah bisa pribadi mendownload dan mencobanya.

Jangan khawatir, disini kami meletakan Resource Themes Vivo (.itz) di Google Drive, sehingga kalian bisa dengan gampang Mendownloadnya secara langsung, penggunaannya pun Legal, jadi pribadi saja Download dari URL Link dibawah ini :

Password : dadroidrd.com

Setelah, kalian Download silahkan Extract ditempat yang gampang untuk kalian temukan, terserah saja letakan dimana kalian mau, apakah di Internal Storage Smartphone Android Vivo kalian atau bisa juga di Drive Storage PC / Laptop kalian.

Karena, disini kami akan memperlihatkan 2 buah panduan cara untuk memasangkan Themes Vivo (.itz) tersebut, yaitu langsung dari Smartphone Android Vivo dan langsung dari PC / Laptop dengan koneksi USB MTP (Transfer File).

Baiklah, tanpa perlu berlama-lama berikut yakni 2 cara yang kami maksud.

Cara Pasang Themes Vivo secara Offline

Perlu kalian ketahui, disini kami memakai Smartphone Android Vivo V17 Pro dengan System FuntouchOS 9 dengan basis Android 9, tetapi intinya Tutorial yang akan kami bagikan dibawah ini, bisa diterapkan di versi FountouchOS dibawah versi 9.

Jadi, silahkan kalian coba saja, sebab untuk Tutorialnya akan sama saja dan bisa di implementasikan pada seri FountouchOS yang lebih rendah atau lebih tinggi, jikalau ada.

Baiklah, untuk yang pertama kita akan memulai memasangkan Themes Vivo (.itz) tersebut dengan memakai Perangkat Komputer / PC / Laptop, disarankan memakai OS Windows, sebab pada tutorial ini, kami memakai OS Windows 10 sebagai studi kasusnya, jikalau kalian memakai OS lain, maka silahkan sesuaikan saja alur tutorialnya.

Cara Pasang Themes Vivo Offline (.itz) memakai PC / Laptop

Sebelum kalian masuk kedalam tahap Tutorial ini, pastikan kalian sudah memenuhi beberapa persyaratan dibawah ini :

  1. Themes Vivo (.itz) sudah kalian Download dan Extract ditempat yang gampang untuk kalian temukan.
  2. Kabel USB yang masih berfungsi dengan baik.
  3. USB Driver Vivo terpasang dengan baik di OS Windows yang kalian gunakan, jikalau belum silahkan Install dulu USB Vivo di PC / Laptop yang kalian gunakan kini dengan panduan pada halaman dibawah ini :

Jika, sudah berikut yakni tahap dalam pemasangan Themes Vivo secara Offline dari PC :

  1. Silahkan Koneksikan Smartphone Android Vivo kalian ke PC dengan Kabel USB.
  2. Pilih Mode Transfer File.

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Selanjutnya, silahkan masuk ke Internal Storage Vivo yang sudah terkoneksi, menyerupai ini :

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Pada tahap ini, silahkan klik pada Address Bar, menyerupai ini :

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Lalu, silahkan Copy Shortcut Direktori Folder dibawah ini :

\.dwd\c\o\m\b\b\k\t\h\e\m\e\T

  1. Sehingga, menjadi menyerupai ini, dan tekan Enter.

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Nah, pada tahap ini, silahkan Paste atau Pindahkan Themes Vivo (.itz) yang sudah kalian Download dan Extract sebelumnya, menyerupai ini :

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Selesai! Themes Vivo sudah terpasang secara Offline di Smartphone Android Vivo kalian sekarang.

Jika, kalian tidak punya PC / Laptop atau malas memakai PC / Laptop tersebut, kalian bisa saja memasangkan Themes Vivo (.itz) tersebut pribadi dari Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan sekarang, caranya silahkan lihat pada pembahasan dibawah ini.

Cara Pasang Themes Vivo Offline (.itz) pribadi dari Smartphone Android Vivo

Sama menyerupai pada pembahasan diatas, pastikan kalian sudah memenuhi beberapa persyaratan, sebelum mulai mengikuti Tutorial dibawah ini :

  1. Themes Vivo (.itz) sudah kalian Download dan Extract ditempat yang gampang untuk kalian temukan pada Internal Storage Smartphone Android Vivo kalian.
  2. Download Aplikasi ES File Explorer, sebab disini kita akan membuka Folder yang di Hidden oleh System Vivo.

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

Jika, kalian malas untuk mencarinya dari Play Store, silahkan pribadi saja kunjungi Link URL dibawah ini :

Ketika, semua persyaratan diatas sudah kalian penuhi, maka kita akan pribadi saja masuk kedalam pembahasan kita kali ini, silahkan simak dan ikuti dengan benar dan teliti :

  1. Buka Aplikasi ES File Explorer yang sudah kalian Download dan Install sebelumnya dari Google Play Store.
  2. Setelahnya, masuk kedalam Internal Storage.

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Lalu, masuk ke hidangan Settings.
  2. Masuk lagi ke hidangan Folder.

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Lalu, Centang opsi Show Hidden Files.

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Setelahnya, silahkan akses saja File Direktori Themes Vivo di rentetan Direkori Folder ini:

.dwd\c\o\m\b\b\k\t\h\e\m\e\T

  1. Terakhir, silahkan Paste atau Pindahkan Themes Vivo (.itz) yang sudah kalian Download dan Extract sebelumnya, menyerupai ini :

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Done! Themes Vivo (.itz) sudah terpasang di Smartphone Android Vivo kalian secara Offline.

Lalu, bagaimana cara mencari dan menerapkan Themes yang sudah di pasangkan secara Offline tersebut? caranya gampang saja, silahkan ikuti caranya pada pembahasan dibawah ini.

Cara menerapkan Themes Vivo secara Offline

Karena, Smartphone Android Vivo itu dibekali dengan Themes Enginenya sendiri dengan nama Aplikasi i Theme tersebut, maka semua Themes yang kalian pasangkan akan muncul dalam Aplikasi i Theme tentunya.

Cara untuk mencari dan menerapkan Themes Vivo yang sudah kalian Install secara Offline sebelumya, bisa kalian ikuti dengan Tutorial dibawah ini :

  1. Buka Aplikasi i Theme Vivo.
  2. Setelahnya, masuk ke Tab Local >> Local Themes.

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Nah, disini kalian akan melihat Themes (.itz) Vivo yang sudah kalian pasangkan secara Offline sebelumnya, menyerupai ini :

 Smartphone Android memang ada berbagai variasi dan macamnya kini ini Cara menambahkan Tema Vivo (i Theme / itz) secara Offline

  1. Terakhir, silahkan Terapkan / Apply saja Themes yang sudah terpasang tersebut.
  2. Done!

Penting! hal yang harus menjadi perhatian kalian

Nah, disini kami punya beberapa peringatan untuk kalian, sebab disini kita akan memakai Themes Vivo yang di Download dari Internet, maka kalian harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini, jikalau tidak ingin dirugikan.

  1. Jangan pernah mendownload Themes Vivo dalam bentuk (.apk), sebab akan sangat berpotensi mempunyai Malware, Spyware ataupun Adware, pastikan semua Themes Vivo yang kalian Donwload mempunyai Extensions (.itz) atau (.zip / .rar), selain itu jangan jangan mau mendownload Themes Vivo yang sudah disediakan, sebab mungkin akan berbahaya untuk kalian.
  2. Pastikan kalian mendownload Themes Vivo (.itz) terbaru, yang sudah mendukung resolusi minimal FHD+, sebab jikalau kalian memakai Themes yang Support HD saja, maka kualitas gambar dari Themes, baik itu secara Overlay ataupun Icon, akan sangat buruk tampilannya.
  3. Themes Vivo biasanya tidak akan berfungsi dengan baik, jika kalian memakai fitur Dark Mode pada System Default Vivo, sebab bisa terjadi Crash, sehingga jikalau kalian ingin menerapkan Themes Vivo tersebut, silahkan matikan dulu fitur Dark Mode yang sudah kalian aktifkan sebelumnya.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, kami harap kalian bisa dengan gampang mengerti apa yang kami jelaskan diatas.

Secara umum, cara ini memang akan berdampak sangat positif untuk kalian yang memang serinbg bosan dengan tampilan di Smartphone Android Vivo kalian yang begitu-begitu saja.

Dan kami juga sangat mengharapkan bahwa pihak Vivo bisa menyediakan lebih banyak Themes Official, melalui Aplikasi i Theme tersebut, supaya para penggunannya tidak perlu lagi memasangnya secara Offline.

Lalu, yang terakhir yakni bahwa cara diatas tidak memerlukan susukan ROOT sama sekali, kalian bisa pribadi menggunakannya begitu saja, sebab cara ini akan sangat kondusif untuk dilakukan, kami jamin itu.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD