Cara Melaksanakan Logcat Di Smartphone Android

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan Programming, Developing Software maupun hanya seorang Debugger, maka Smartphone Android ialah alat bermain yang sangat menarik dan cocok untuk kalian explorasi.

Benar saja, alasannya ialah sejatinya OS Android itu ialah sebuah OS yang didistribusikan secara Open Source oleh Google selaku Developer utama dari OS Android tersebut.

Setiap tahunnya, Google selalu merilis versi OS Android terbaru dengan banyak sekali peningkatan yang sangat menarik dan terkesan sangat berkhasiat serta bermanfaat untuk penggunannya.

Selain itu, Google tidak hanya merilis Source dari OS Android tersebut secara cuma-cuma, mereka juga membekali para pengguna yang berminat untuk ikut membantu tumbuh kembang OS Android tersebut, dengan beragam Tool, Driver, Tutorial hingga Software yang mutakhir.

Maka, tidak mengherankan jikalau kini ini OS Android menjadi OS Mobile yang paling Populer dan paling banyak dipakai dari pengguna Smartphone seluruh dunia.

Dengan adanya Sistem Open Source tersebut, maka efek positifnya ialah bahwa penggunaan dari OS Android tersebut tidak kaku, alasannya ialah bisa di Customisasi sebebas mungkin, kemudian dengan adanya hal tersebut juga membuahkan hasil yang sangat spektakuler terhadap pengembangan Aplikasi yang Support OS Android tersebut.

Hingga kini ini, sudah tidak terhitung lagi banyaknya Aplikasi untuk OS Android, baik yang bisa kalian dapatkan secara resmi dari Google Play Store atau bisa kalian dapatkan dari sumber lain.

Selanjutnya, dengan adanya prosedur Open Source tersebut, para pengembang kecil-kecilan juga bisa ikut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kualitas penggunaan dari Smartphone Android tertentu.

Yaitu dengan cara banyak menciptakan Mod keren, menciptakan Custom ROM, Custom Kernel hingga beberapa Aplikasi yang memang akan meningkatkan value kepuasan dalam menggunaan Smartphone Android tersebut.

Kami berkeyakinan, bagi mereka yang memang bahagia dengan System yang ada pada OS Android tersebut, mereka tidak akan kesulitan sama sekali dalam membangun, memonitoring hingga mengeksekusi System atau Aplikasi yang sedang mereka bangun.

Karena dari segi Developer Console tersebut, pihak Google telah menunjukkan semua hal tersebut dengan sangat baik, sehingga siapa yang mempunyai minat dan kemampuan dalam urusan Programming tersebut, bisa dengan gampang melaksanakan apa yang ingin mereka lakukan.

Tentu saja, membangun sebuah System atau Software itu tidaklah mudah, sering kali memang memunculkan hasil yang tidak diperlukan dan sering kali juga bisa menghasilkan sesuatu yang fatal.

Nah, untuk mengatasi hal ini dan mempercepat urusan Solving dari duduk kasus yang tengah terjadi, maka kalian bisa pribadi melihat dan melacak Log Library letak permasalahan tersebut secara Real Time, hal semacam ini biasanya disebut dengan Logcat Android.

Lalu, apa sih Logcat pada Smartphone Android tersebut?

Maksud Logcat Android

Dari klarifikasi diatas, memang sudah kami singgung bahwa Logcat itu berfungsi sebagai sebuah Console Monitoring yang bisa dipakai untuk melihat semua aktifitas yang terjadi di Smartphone Android kalian secara Real Time.

Dengan adanya derma Logcat tersebut, maka kalian bisa dengan gampang mengidentifikasi suatu duduk kasus dan melacak duduk kasus yang ditimbulkan dari hal tertentu.

Hebatnya lagi, kalian bisa dengan gampang melacak permasalahan tersebut pada Logcat Android, alasannya ialah Logcat tersebut dibentuk dengan memakai Indikator tertentu untuk menandai sebuah aktifitas yang tengah berlangsung.

Logcat Android ditujukan untuk siapa?

Sudah jelas, fitur Logcat di Smartphone Android itu memang bukan diperuntukan kepada orang-orang awam, alasannya ialah warta yang tersaji dari Logcat tersebut semuanya memang bersifat dan berbentuk teknis.

Bagi orang awam, terperinci saja mereka niscaya akan kesulitan dalam memahami List yang muncul di dalam Logcat yang telah di sanksi tersebut.

Sehingga, Logcat Android ini hanya akan cocok untuk mereka yang memang memahami permasalahan Programming, Debugging hingga Developing pada sebuah System atau Software tertentu.

Logcat dipakai untuk apa?

Secara umum dan garis besarnya memang sudah kami jelaskan diatas, bahwa Logcat itu peruntukannya untuk melihat, memonitoring hingga mengeksekusi suatu permasalahan atau hal yang terjadi secara Real Time di OS Android yang sedang berjalan.

Namun, jikalau kita lebih perdalam lagi, maka penggunaan Logcat tersebut ada banyak sekali, yaitu bisa dipakai untuk bermacam-macam hal dibawah ini :

  1. Melihat Error pada suatu komponen System.
  2. Melihat aktifitas performa dari suatu Aplikasi Android yang sedang berjalan.
  3. Melihat bermacam-macam aktifitas yang terjadi di OS Android secara keseluruhan.
  4. Dapat dipakai untuk menyelesaikan suatu permasalahan Error / Fatal Error dengan lebih Efektif dan Efisien.
  5. Bisa dipakai untuk menguji coba sebuah Aplikasi Android / Custom ROM yang telah kalian bangun, apakah berjalan dengan semestinya atau tidak.
  6. Dapat diandalkan untuk menentukan arah pengembangan untuk jangka panjang.
  7. Dapat digunakan, meski Smartphone Android kalian tengah mengalami Bootloop.

Sebenarnya, masih banyak hal yang bisa dilakukan dengan adanya Logcat pada OS Android tersebut, hal yang kami sebutkan diatas adalah hal-hal yang biasa kami rasakan ketika tengah melaksanakan interaksi dengan fitur Logcat pada Smartphone Android yang kami miliki.

Dengan adanya Logcat tersebut, artinya setiap pengembangan Software ataupun System bisa diukur dengan tolak ukur yang efektif, sehingga perbaikan terhadap suatu duduk kasus itu akan berakhir secara efektif dengan tidak membuang-buang waktu kalau hanya untul menerka-nerka suatu permasalahan yang tengah terjadi.

Cara kerja Logcat Android

Logcat di Android tentu mempunyai sebuah prosedur khusus yang memang telah dirancang sedemikian rupa biar gampang untuk dipakai para penggunannya.

Secara umum, kalian sudah bisa mulai melaksanakan Logcat tersebut ketika Smartphone Android kalian sudah berada dalam kondisi Bootscreen, Boot Splash Screen atau Bootanimation.

Pada ketika ini, Logcat sudah bisa menampilkan dan melaksanakan Record warta secara Real Time, artinya ketika Smartphone Android kalian sudah masuk kedalam Interface System OS utama, maka Logcat gres bisa berjalan.

Sehingga, Logcat tersebut tidak akan bisa aktif dan dipakai ketika Smartphone Android kalian Power Off atau tidak sedang berada dalam Inferface System utama, ibarat Mode Bootloader, Mode Fastboot atau gagalnya System ROM untuk di Load karena ada suatu permasalahan ditingkat yang lebih dalam.

Selanjutnya, secara default melaksanakan Logcat di Smartphone Android itu memang memerlukan sebuah Perangkat penghubung khusus dalam kasus ini ialah Perangkat Komputer yang lebih kami khususkan kepada penggunaan OS Windows untuk bisa membaca Record dari Logcat yang telah terkumpul tersebut.

Lalu, kalian juga memerlukan beberapa persyaratan khusus sebelum bisa memakai Fitur Logcat di Smartphone Android tersebut secara penuh.

Apa saja persyaratannya?

Persyaratan memakai Logcat Android

Sebelum kalian mulai memakai Logcat untuk melihat aktifitas secara Real Time di Smartphone Android kalian, maka kalian memerlukan beberapa persyaratan sebelum bisa menggunakannya, yaitu ialah sebagai berikut :

USB Debugging aktif

Ini ialah hal pertama yang harus kalian lakukan, yaitu ialah dengan cara mengaktifkan fitur USB Debugging di Smartphone Android kalian terlebih dahulu.

Karena disini kita memakai Perangkat Komputer sebagai Media penghubungnya, maka terperinci saja kalian harus mengijinkan Perangkat pihak ke-3 tersebut untuk bisa mengeksekusi Logcat yang telah terjadi, sehingga jadinya bisa kalian lihat dari layar Perangkat Komputer Windows tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur USB Debugging tersebut? jikalau kalian tidak tahu caranya, kalian bisa dengan gampang mengikuti Tutorial cara mengaktifkan USB Debugging di Smartphone Android melalui halaman yang sudah kami sediakan dibawah ini :

Setelah fitur ini aktif, maka kalian tidak bisa pribadi memakai Logcat tersebut, alasannya ialah masih ada persyaratan lain yang harus kalian penuhi, silahkan lanjutkan bacaan ini untuk warta lebih lengkapnya.

ADB Driver

Nah, inilah hal yang paling penting dari penggunaan Logcat di Smartphone Android dengan memakai media Perangkat Komputer OS Windows tersebut, ya! kalian memerlukan sebuah Driver khusus yang berjulukan ADB Driver.

Perlu kalian ketahui, bahwa ABD Driver ini ialah sebuah Driver yang memang dirancang khusus oleh Google untuk penggunaan tingkat Advanced yang melibatkan media Perangkat Komputer sebagai pengeksekusinya.

Selain itu ADB Driver ini juga merupakan bab dari Android SDK yang memang diperuntukan untuk pengembangan Aplikasi dan System OS Android.

Jika, kalian tidak mempunyai ADB Driver tersebut, silahkan gunakan salah satu ADB Driver yang sudah kami sediakan dibawah ini :

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, kalian hanya perlu memakai salah satu dari beberapa koleksi ADB Driver yang telah kami sediakan tersebut.

Kalian juga tidak perlu khawatir, alasannya ialah kami pastikan kalian niscaya akan bisa memakai fitur Logcat tanpa permasalahan apapun ketika memakai satu dari beberapa ADB Driver yang sudah kami sertakan diatas.

Perlu Kabel USB

Karena disini kita menggunakan media Perangkat Komputer dan memerlukan fitur USB Debugging yang harus aktif, maka artinya sudah terperinci disini kalian perlu memakai Kabel USB sebagai penghubung antara Smartphone Android kalian ke Media pihak ke-3 yaitu ialah Perangkat Komnputer Windows.

Pastikan kalian menggunakan Kabel USB yang masih berkondisi bagus, alasannya ialah jikalau kalian ingin hasil yang Real Time, maka sudah terperinci koneksi dari Smartphone Android kalian ke Perangkat Komputer tersebut dilarang terputus tiba-tiba atau putus nyambung.

Selain itu, pastikan juga Port USB pada Perangkat Komputer kalian masih bisa berkerja dengan baik, alasannya ialah hal ini yang akan memilih kesuksesan dalam melaksanakan Logcat Android tersebut.

Menggunakan Aplikasi Command Prompt Windows

Ini ialah hal yang harus kalian mengerti sebelumnya, alasannya ialah disini yang akan kita lakukan ialah dengan cara menyisipkan perintah atau Command tertentu untuk menciptakan Record Log, maka terperinci saja kita akan memerlukan Aplikasi CMD di OS Windows yang nantinya akan terhubung ke ADB Driver.

Pastikan, Aplikasi CMD di OS Windows kalian tidak bermasalah, jikalau tidak ada Aplikasi CMD tersebut, bahu-membahu kalian pun juga bisa memakai Aplikasi sejenis PowerShell Windows, alasannya ialah sejatinya CMD dan PowerShell itu sama-sama saja.

Jika, semua persyaratan sudah kalian penuhi dan bisa kalian mengerti, maka harusnya kalian sudah siap untuk bisa melaksanakan Logcat di Smartphone Android kalian kini juga, berikut ialah cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android melalui CMD.

Cara Logcat Android (Windows)

Sampailah kita pada tahap inti dari pembahasan kita kali ini, yaitu kita akan melakukan Logcat pada Smartphone Android dengan memakai media dari Perangkat Komputer Windows.

Pastikan sebelum kalian mengikuti apa yang kami sampaikan dibawah ini, semua persyaratan yang sudah kami sediakan diatas, bisa kalian penuhi semuanya.

Selain itu, melakukan Logcat di Smartphone Android bisa memakai 2 buah perintah yang berbeda, lebih jelasnya kalian bisa pribadi masuk pada tahap tutorial dibawah ini.

  1. Pastikan USB Debugging sudah aktif dan ADB Driver sudah terpasang di Komputer Windows yang kalian miliki.
  2. Hubungkan Smartphone Android dengan memakai Kabel USB.
  3. Kemudian, buka Aplikasi Command Prompt (CMD) yang sudah terarah pada ADB Driver.
  4. Lalu, masukan perintah ini :

adb logcat > [nama file].txt

  1. [nama file] bisa kalian isi secara bebas semau kalian.

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

  1. Setelahnya, tekan Enter.
  2. Pada tahap ini, kalian sudah bisa melihat Record dari Logcat yang muncul pada Folder ADB Driver dengan nama file yang telah kalian tentukan sebelumnya.

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

  1. Setelahnya, silahkan buka file Log tersebut dengan memakai Aplikasi sejenis Notepad++ biar tampilannya lebih rapi, berikut ialah tampilan didalam Logcat yang telah diambil :

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

  1. Untuk berhenti memakai Logcat, kalian hanya perlu melaksanakan Close (Menutup) jendela CMD yang telah kalian buka.
  2. Done!

Selain perintah diatas, kalian juga bisa memasukan perintah Logcat lain yang berdasarkan kami jadinya akan lebih rapi dan gampang untuk dibaca, berukut ialah langkahnya :

  1. Buka aplikasi CMD.
  2. Kemudian masukan perintah ini :

adb logcat -v long > [nama file].txt

  1. [nama file] bisa kalian isi secara bebas semau kalian.

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

  1. Setelahnya, tekan Enter.
  2. File Logcat tersebut juga akan muncul di Folder ADB Driver.

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

  1. Silahkan buka File tersebut memakai aplikasi sejenis Notepad++.
  2. Bisa kalian lihat sendiri, bahwa struktur line dari Command satu ini terlihat lebih rapi dan lebih gampang untuk dipahami.

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

  1. Untuk berhenti memakai Logcat, silahkan Close saja CMD yang telah dipergunakan.
  2. Done!

Sampai sini, kalian sudah berhasil dalam memakai Logcat Android tersebut, namun apakah kalian kesulitan dalam memahami isi Logcat tersebut?

Jika iya, maka kalian harus tahu dulu Indikator yang ada pada Line Logcat tersebut, biar bisa dengan gampang memahami permasalahan yang terjadi.

Indikator duduk kasus di Logcat Android

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas sebelumnya, Logcat Android itu sudah dibentuk sebaik mungkin oleh para pengembang OS Android yaitu ialah dari pihak Google.

Agar gampang digunakan, tentu saja mereka akan meletakan sebuah indikasi terhadap hasil Record yang sudah diterima, indikasi-indikasi tersebut ialah berupa Huruf Abjad.

Nah, pengertian dari Indikator tersebut bisa kalian pahami dengan gampang dengan cara menerjemahkan dari arti Huruf yang tampil tersebut, yaitu ialah sebagai berikut :

  • V : Verbose
  • D : Debug 
  • I : Info
  • W : Warning 
  • E : Error 
  • F : Fatal 
  • S : Silent

Nah, jika kalian hanya memerlukan Logcat untuk Aplikasi khusus yang tengah kalian bangun, maka kalian bisa mempersempit hasil Logcat tersebut pada satu hasil Record khusus saja, kalian bisa melakukannya dengan cara dibawah ini.

Cara Logcat Android terhadap satu permasalahan khusus

Dari apa yang sudah kalian lihat diatas, kenyataannya Tutorial Logcat yang kami sampaikan itu hanya bersifat Universal, artinya akan melaksanakan Record terhadap semua aktifitas yang terjadi di Smartphone Android yang kalian miliki.

Namun, kalian bisa saja mengkhususkan Logcat tersebut pada satu Value tertentu yaitu dengan cara langsung menginputkan Part yang bermasalah kedalam Command Line Logcat khusus.

Setelahnya, maka Logcat hanya akan menghasilkan Record dari Part yang sudah kalian inputkan, biasanya cara ini untuk melihat duduk kasus dengan Indikasi Error (E) atau Fatal Error (F) biar lebih gampang untuk dipecahkan masalahnya.

Untuk melaksanakan Logcat khusus pada komponen tertentu tersebut, kalian bisa memasukan perintah ini :

adb logcat [nama komponen yang bermasalah]:E *:S -v long > [nama file].txt

  1. Sebagai misalnya ibarat ini :

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

  1. Lalu, setelahnya kami masukan perintah tersebut ke CMD ibarat ini :

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

  1. Maka, jadinya akan menjadi ibarat ini :

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

  1. Done!

Dengan melaksanakan hal ini, tentu saja akan lebih menghemat waktu kalian biar tidak terbuang sia-sia untuk melihat dan mencari permasalahan yang terjadi secara acak.

Tentu cara ini akan sangat efisien untuk bisa kalian lakukan, jikalau yang ingin kalian lihat hanya pada suatu komponen khusus saja, dalam artian tidak secara menyeluruh, biasanya cara ini dipakai pada pengembang Aplikasi Android, untuk melihat performa Aplikasi yang mereka bangung secara Real Time.

Nah, pembahasan Logcat dengan memakai media Perangkat Komputer Windows ini sudah selesai, namun apakah Logcat Android ini tidak bisa dipakai pribadi dari Smartphone Android?

Jawabannya tentu saja bisa!

Cara Logcat pribadi dari Smartphone Android

Sebenarnya, menggunakan Logcat ini tidak mutlak hanya bisa dilakukan dengan memakai media Perangkat Komputer saja, melainkan kalian juga bisa pribadi memakai Logcat di Smartphone Android kalian dengan aplikasi tertentu.

Seperti aplikasi CMD Android atau aplikasi Logcat khusus yang bisa kalian dapatkan secara pribadi dari Google Play Store, ibarat ini :

 Bagi kalian yang mempunyai minat tertentu dalam urusan  Cara melaksanakan Logcat di Smartphone Android

Namun, melakukan Logcat pribadi dari Smartphone Android itu memang mempunyai kekurangan yang besar, yaitu ialah sebagai berikut :

  1. Tidak bisa dipakai ketika Smartphone Android tidak bisa Booting sempurna.
  2. Sedikit sulit untuk melihat Log dan melaksanakan Explore Log, alasannya ialah memang sistemnya yang Touchscreen.
  3. Ada kalanya, kalian akan kesulitan untuk menemukan File Record Log yang telah dibentuk dari Logcat tersebut.
  4. Beberapa Aplikasi Logcat memerlukan kanal ROOT.

Sebenarnya, kalian bebas saja, apakah mau memakai Logcat dengan derma Perangkat Komputer atau pribadi dengan menggunakan Smartphone Android.

Kedua cara tersebut memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tetapi kalau kami sendiri, maka kami akan lebih menyarankan kalian memakai Logcat Android melalui Perangkat Komputer saja.

Karena memang akan lebih gampang dipakai dengan jangkau yang lebih luas tentunya, selain itu kalian juga akan mudah dalam melaksanakan navigasi untuk melihat Log yang muncul tersebut.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, kami harap kalian bisa memanfaatkan fitur Logcat ini sebaik mungkin dan semaksimal mungkin.

Karena, jikalau kalian bisa memaksimalkan fitur Logcat tersebut, mungkin kalian akan lebih kreatif dalam membangun suatu System atau Aplikasi Android yang tengah menjadi Project yang sedang kalian kerjakan.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, semoga hal yang kalian harapkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD