Cara Install Twrp Di Redmi Note 8 (Ginkgo)

 kembali merilis seri terbaru dari variant Redmi Note dengan seri  Cara Install TWRP di Redmi Note 8 (Ginkgo)

Jika sebelumnya, seri lini Redmi Note 7 dan keluarganya telah sukses dipasaran, maka kini pihak Xiaomi melalui Sub-Brand resminya, yaitu Redmi, kembali merilis seri terbaru dari variant Redmi Note dengan seri Redmi Note 8.

Seperti yang kalian ketahui, Produsen Smartphone Xiaomi itu memang piawai dalam menciptakan dan menjual sebuah Smartphone Android berkualitas, tetapi dengan harga yang terjangkau, sehingga hampir semua variant Smartphone Android dari Xiaomi, baik itu untuk Brand utama pada seri Xiaomi Mi dan Sub-Brand nya Redmi.

Pasti selalu mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat, karena spesifikasi yang dipakai memanglah tidak main-main, apalagi menyerupai yang akan kita bahas kali ini, yaitu ialah seri Redmi Note 8.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Redmi Note 8 ini merupakan sebuah Smartphone Android suksesor dari seri sebelumnya, yaitu Redmi Note 7, hadir dengan bermacam-macam keunggulan dengan fitur kekinian menyerupai memakai Chipset Qualcomm Snapdragon terbaru dan juga sudah mendukung kemampuan Quad (4) Kamera dengan bermacam-macam fungsi.

Sehingga, untuk Smartphone Android dikelas menengah, sepertinya variant Redmi Note 8 ini cukup banyak mendapat perhatian, karena pesona yang dimilikinya, baik secara fisik ataupun spesifikasi.

Sejatinya, pihak Xiaomi itu merilis 2 buah variant pada seri Redmi Note 8 tersebut, yaitu ialah seri Reguler dan seri Pro dengan spesifikasi yang lebih tinggi, yaitu ialah Redmi Note 8 Pro.

Jika, kalian memang sulit untuk membedakan kedua buah seri Smartphone ini, lebih baik pelajari dulu perbedaan dari kedua buah seri ini, pada perbandingan spesifikasi dibawah ini :

Kenapa kami menganjurkan untuk melihat perbandingan tersebut? alasannya ialah pada dasarnya Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro itu berbeda, baik dari Device Info ataupun Spesifikasinya.

Karena, pada artikel yang akan kita bahas kali ini, hanya akan khusus untuk membahas variant Reguler saja, sehingga cara dibawah ini tidak bisa diterapkan pada seri Redmi Note 8 Pro.

Khusus untuk pengguna Redmi Note 8 (Ginkgo)

Baiklah, semoga tidak salah, maka disini kami akan perjelas lagi, bahwa Tutorial Cara Install TWRP ini hanya diberlakukan khusus untuk seri Smartphone Android Redmi Note 8 dengan Codename Ginkgo saja.

Sehingga, sekali lagi cara yang akan kami sampaikan dibawah ini, tidak diperuntukan untuk Smartphone Android lain, khususnya Redmi Note 8 Pro, alasannya ialah sudah terperinci File TWRP yang dipakai itu berbeda source.

Sehingga, jangan hingga kalian salah baca dan memahami artikel ini, oke sesudah kalian paham, bahwa kalian memang sedang memakai Smartphone Android Redmi Note 8 (Ginkgo) dan sedang mencari TWRP yang bisa digunakan, maka kalian sudah berada ditempat yang tepat.

Tetapi, sebelum itu apakah kalian tahu apa itu TWRP?

Mungkin pembahasan ini tidak diharapkan lagi, kalau kalian memang sudah mengenal TWRP tersebut, tetapi nampaknya Informasi ini bisa bermanfaat untuk pengguna awam, maka akan kami jelaskan sedikit terkait TWRP tersebut.

Apa itu TWRP di Redmi Note 8?

Baiklah, ini ialah info suplemen saja, menyerupai yang kalian ketahui, OS Android itu sejatinya memang bisa memakai sebuah Tool Maintenance yang kerap disebut dengan Recovery.

Sejatinya, Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut memang sudah dibekali Tool Recovery secara default dan nama dari Tool Recovery tersebut ialah Mi Recovery, kemudian apa yang dimaksud dengan TWRP?

Disinilah perbedaannya, kalau Mi Recovery itu ialah Stock Recovery (Bawaan), maka TWRP itu ialah jenis Custom Recovery yang bisa kalian Install sesuka hati kalian, alasannya ialah pada dasarnya Mi Recovery itu memang dibentuk dengan kemampuan yang terbatas.

Sehingga, disini kalian memerlukan sebuah Custom Recovery yang lebih Powerful yang bisa dipakai untuk bermacam-macam hal, disinilah TWRP tersebut akan sangat berkhasiat dan terlihat sangat hebat dibandingkan Mi Recovery.

Jadi, kalau kita artikan, maka TWRP disini ialah sebuah Custom Recovery yang akan kita pasangkan untuk mengganti (Replace) Mi Recovery (Stock) untuk tujuan penggunaan yang lebih luas.

Lalu, seperti apa sih maksud manfaat dari penggunaan TWRP tersebut? apakah memang sehebat itu?

Fungsi & Kegunaan TWRP

Melanjutkan pembahasan diatas, pada klarifikasi sebelumnya kami memang menyinggung terkait penggunaan yang lebih luas.

Maksudnya ialah terkait dengan Fungsi dan Kegunaan yang lebih kaya dari Stock Mi Recovery, yaitu ialah sebagai berikut :

  1. Tool Recovery Professional
  2. Bisa untuk menerapkan ROOT
  3. Bisa untuk melaksanakan Advanced Wipe (Factory Reset)
  4. Bisa memakai kemampuan USB Storage (MTP)
  5. Dapat dipakai untuk menginstal Custom ROM
  6. Dapat dipakai untuk mengupdate ROM MIUI
  7. Dapat dipakai untuk melaksanakan Flash file berjenis Image (.img)
  8. Memiliki kemampuan layar sentuh
  9. Memiliki Fitur penggantian Themes
  10. Memiliki Opsi Reboot ke bermacam-macam Mode
  11. Bisa mengeksekusi bermacam-macam Script dan Mod
  12. Menjadi sebuah Custom Recovery paling Populer dan Terbaik selama bertahun-tahun

Nah, dari beberapa Point diatas, bisa kalian simpulkan sendiri, bahwa sejatinya TWRP ini memang memiliki banyak kelebihan dari Stock Recovery Redmi, yang memang hanya diperuntukan untuk fungsi Upgrade ROM saja.

Maka, masuk akal kalau banyak pengguna Smartphone Android lain yang memang menyukai TWRP dibandingkan dengan Stock Recovery.

Karena, banyak undangan terkait Cara Install TWRP di Redmi Note 8 tersebut, maka disini kami akan buatkan Tutorial tersebut semoga gampang untuk kalian terapkan dan ikuti.

Lalu, apakah ada kekurangan dari TWRP tersebut?

Pada faktanya, hampir tidak ditemukan kekurangan dalam hal terkait TWRP tersebut, selebihnya yang kalian dapatkan hanyalah laba saja.

Tetapi, perlu digaris bawahi, TWRP tersebut harus dibentuk dengan Prosedur yang benar, oleh tangan para terampil yang sudah terpercaya, seperti TWRP yang akan kami bagikan dibawah ini, tidak usah diragukan lagi dari mana sumbernya, alasannya ialah TWRP tersebut tiba dari sumber terpercaya yang dibentuk oleh developer handal.

Namun, sebelum kita masuk pada pembahasn utama kita, disini ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, kalau ingin memakai TWRP di Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut.

Persyaratan dibawah ini mutlak harus kalian penuhi, apa saja persyaratn tersebut? silahkan ikuti dengan teliti dan pastikan sama dengan apa yang kami jelaskan dibawah ini.

Unlock Bootloader Redmi Note 8

Ini ialah syarat paling utama, kalau kalian memang ingin memakai TWRP di Redmi Note 8 yang kalian miliki, alasannya ialah TWRP ini gres bisa dipakai saat Smartphone Android Redmi Note 8 itu sudah berada dalam kondisi Unlock Bootloader.

Sejatinya, secara default Redmi Note 8 itu dijual dalam kondisi Locked Bootloader, sehingga kalian harus melaksanakan metode Unlocking untuk mendapat kondisi yang sudah disyaratkan tersebut, alasannya ialah dalam metodenya.

Pemasangan, TWRP ini gres bisa dilakukan saat Smartphone Android Redmi Note 8 sudah mempunyai kemampuan Fastboot yang hanya bisa didapatkan saat sudah mencapai kondisi Unlock Bootloader.

Maka, silahkan lakukan Unlock Bootloader dulu kalau belum, untuk tutorialnya, silahkan ikuti perintah dibawah ini :

Fastboot Driver

Selanjutnya, perlu kalian ketahui, bahwa pada metode ini kita akan melibatkan media pendukung lain, yaitu ialah Perangkat Komputer, dalam kasus ini kita akan memakai PC / Laptop dengan OS Windows.

Dalam metodenya sendiri, kita disini akan membutuhkan sebuah File khusus yang berjulukan Fastboot Driver, maka silahkan gunakan 1 dari beberapa Fastboot Driver yang sudah kami sediakan dibawah ini :

Setelahnya, pribadi saja letakan / install Fastboot Driver tersebut ke PC / Laptop Windows yang kalian gunakan kini ini.

Redmi USB Driver

Karena disini kita memakai Perangkat Komputer, maka pastinya disini kita butuh sebuah Driver USB khusus, agar koneksi dari Redmi Note 8 yang kalian sambungkan dari Kabel USB bisa terbaca dengan baik pada OS Windows.

Sebenarnya, scene ini hanya bersifat optional saja, kalian bisa saja lanjut ke persyaratan berikutnya, hanya saja disini tetap kami sertakan, alasannya ialah ada beberapa kondisi dimana koneksi dari Redmi Note 8 tersebut tidak bisa terbaca pada OS Windows.

Maka, untuk solusinya, kalian harus menginstall Redmi USB Driver tersebut pada OS Windows, selain itu lebih baik kalian Installkan saja, untuk berjaga-jaga, kalau nanti mungkin akan terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Fastboot Mode

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, metode ini mengharuskan kalian untuk memakai kemampuan Fastboot untuk bisa menginstall TWRP pada Redmi Note 8, maka dengan demikian disini kalian harus menciptakan Redmi Note 8 kalian masuk ke dalam Mode Fastboot.

 kembali merilis seri terbaru dari variant Redmi Note dengan seri  Cara Install TWRP di Redmi Note 8 (Ginkgo)

Secara default, semua Smartphone Android dari Xiaomi ataupun Redmi itu memang mempunyai Mode Fastboot yang bisa diakses kapan saja, sehingga dalam pemasangan TWRP ini, kalian harus menciptakan Redmi Note 8 masuk kedalam Mode Fastboot.

Jika, tidak tahu caranya, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini :

File TWRP

Inilah hal yang paling penting pada tutorial kita kali ini, yaitu ialah File TWRP yang akan menjadi materi utama pada tutorial kali ini.

Silahkan Download File TWRP untuk Redmi Note 8 melalui Link Download dibawah ini :

Setelahnya, silahkan letakan didalam Folder Fastboot Driver dan Rename File TWRP yang sudah kalian Download tersebut, menjadi twrp.img menyerupai ini :

 kembali merilis seri terbaru dari variant Redmi Note dengan seri  Cara Install TWRP di Redmi Note 8 (Ginkgo)

Perlu kalian ketahui, TWRP yang dipakai pada kesempatan kali ini ialah versi Unofficial dan dibentuk oleh Team yang memang sudah Profesional dan handal, yaitu ialah Team WZSX dan para Developer Inpidual pada Forum Redmi Note 8.

Secara default, TWRP ini memakai bahasa China khusus untuk yang TWRP versi WZSX, sehingga kalian perlu mengubah bahasa pada TWRP tersebut nantinya setelah di Install ke Redmi Note 8 yang kalian miliki, alasannya ialah TWRP ini juga sudah Support dengan bahasa Inggris.

Meski bersifat Unofficial, faktanya TWRP ini sudah Stable dan tidak mempunyai Bugs yang berarti, sehingga akan sangat Powerful untuk dipakai secara normal menyerupai biasanya.

Jika, nantinya ada versi Official dari TWRP yang sudah rilis untuk seri Redmi Note 8, maka akan kami Update secepatnya.

File DM-Verity (No-Verity Encrypt)

Selanjutnya, ada sebuah File yang teramat penting penggunaanya yang harus kalian pasangkan / flash sesudah TWRP tersebut terpasang pada Redmi Note 8 tersebut.

Karena, biasanya sesudah pemasangan TWRP, maka Smartphone Android Redmi Note 8 akan mengalami Bootloop, maka disinilah fungsi dari File DM-Verity tersebut, yaitu untuk menghindari atau mengatasi problem Bootloop tersebut.

Sehingga, silahkan Download File DM-Verity dibawah ini dan pribadi saja letakan pada Internal Storage Redmi Note 8, pada daerah atau lokasi yang gampang untuk kalian temukan nantinya.

Kondisi Ideal dalam pemasangan TWRP

Ini ialah hal yang juga harus kalian perhatikan, kalau ingin memasangkan TWRP pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki, karena kondisi ini juga merupakan sebuah faktor krusial yang akan menentukan sukses atau tidaknya pemasangan TWRP tersebut pada Redmi Note 8.

Maka, sebisa mungkin kalian harus bisa memenuhi, kondisi Ideal dibawah ini :

  1. Kapasitas Battery minimal 50%
  2. Menggunakan Kabel Data bawaan (OEM) atau yang kualitasnya baik
  3. Pastikan Port USB tidak gangguan
  4. Pastikan File TWRP yang didownload diatas tidak Corrupt
  5. Pastikan semua persyaratan diatas sudah kalian penuhi dan ikuti

Jika, kondisi Ideal diatas sudah sanggup kalian penuhi, maka kini ini kalian sudah siap untuk bisa memasangkan TWRP pada Smartphone Android Redmi Note 8.

Cara Pasang TWRP di Redmi Note 8 (Ginkgo)

  1. Hubungkan Redmi Note 8 (Mode Fasboot) ke PC / Laptop Windows dengan Kabel USB.
  2. Setelahnya buka aplikasi Command Prompt (CMD) pada PC Windows dan lokasikan ke Folder Fastboot, silahkan itu cara dibawah ini untuk shortcut atau cara cepatnya :
  1. Selanjutnya, untuk menginstall TWRP silahkan masukan perintah ini pada jendela CMD :

fastboot flash recovery twrp.img

  1. Jika, muncul Status Okay, maka kalian sudah berhasil untuk memasangkan TWRP pada Redmi Note 8.
  2. Selanjutnya, silahkan masuk ke Mode TWRP dengan memasukan perintah ini :

fastboot boot twrp.img

  1. Secara otomatis Redmi Note 8 kalian akan reboot dan akan masuk ke Mode TWRP.
  2. Jika sudah masuk ke Mode TWRP, segera Flash File DM-Verity yang telah kalian Download sebelumnya.
  3. Setelah proses Flash File DM-Verity selesai, lakukan Reboot.
  4. Booting pertama biasanya cukup lama, bisa memakan waktu hingga 15 menit atau lebih.
  5. Done! selamat menikmati TWRP pada Redmi Note 8

Cara lain?

Mungkin ada sebagian dari kalian yang akan menanyakan hal ini, maka sebaiknya kami jawab saja terlebih dahulu, apakah ada cara lain selain memakai metode diatas?

Sebenarnya ada dan masih ada beberapa metode lainnya, tetapi cara diatas yang kami jelaskan tersebut, ialah cara yang paling gampang untuk kalian lakukan atau kalian ikuti, meskipun kalian ialah pengguna gres atau awam.

Namun, kami juga akan bersikap wajar, jika pada kondisinya kalian tidak mempunyai media pendukung menyerupai PC / Laptop, maka dengan demikian kalian bisa mencoba memakai metode Install TWRP lain yang bisa kalian pilih dan ikuti melalui beberapa panduan didalam halaman dibawah ini :

Namun, kami tegaskan sekali lagi, sebenarnya cara yang paling mudah untuk memasangkan TWRP Recovery pada Redmi Note 8, memanglah dengan memakai cara yang sudah kami jelaskan diatas.

Tetapi, disini kalian masih tetap mempunyai pilihan untuk bisa memakai opsi lainnya, dari halaman panduan yang telah kami bagikan diatas, pada dasarnya lakukan semuanya dengan teliti dan benar, alasannya ialah masing-masing Cara Install TWRP itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan resikonya.

Dengan demikian, berakhirlah sudah pembahasan terkait Tutorial Cara Install TWRP di Redmi Note 8 (Ginkgo) tersebut, kami kira klarifikasi kami diatas sudah sangat terperinci dan sudah bisa dipahami oleh pengguna awam sekalipun.

Hanya saja, disini kami tekankan sekali lagi, pastikan semua hal yang telah kami sebut dan jelaskan diatas, sanggup kalian ikuti sepenuhnya dan bisa kalian lakukan dengan teliti dan benar, agar resiko kegagalan sanggup diminimalisir sekecil mungkin.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga tutorial ini bisa berhasil untuk kalian dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD