Cara Full Ftp Android (Copy / Paste) Pribadi Dari Explorer Windows

 FTP Android pribadi di Explorer Windows Cara Full FTP Android (Copy / Paste) pribadi dari Explorer Windows

Zaman teknologi memang sudah sangat maju pesat kini ini, ada bermacam-macam hal mahir dalam bidang teknologi ini yang hadir dengan membawa manfaat yang besar bagi kehidupan kita kini ini, salah satunya ialah tiba dari bidang Komunikasi dan Entertainment.

Benar sekali, salah satu Teknologi terbaik yang bisa kita nikmati kini ini, apalagi jikalau bukan sebuah Perangkat Pintar yang kerap kita sebut sebagai sebuah Smartphone.

Umumnya, kini ini memang ada banyak ragam Smartphone tersebut dan biasanya dibedakan dari OS yang digunakannya, maka kini ini ada penyebutan khusus untuk tipe-tipe Smartphone tersebut, contohnya menyerupai Smartphone Apple dengan iOS dan yang paling terkenal kini ini ialah Smartphone Android.

Mau tidak mau, kita memang harus mengakui, bahwa keberadaan Smartphone Android tersebut memang sangat fenomenal kini ini, alasannya kenyataan dilapangan telah mengatakan, bahwa banyak orang dari penduduk dunia, memang sebagiannya ialah pengguna aktif Smartphone Android tersebut.

Wajar hal ini terjadi, karena memang intinya Smartphone Android tersebut bisa hadir untuk sebuah Segmentasi level pasar, sehingga setiap orang dari bermacam-macam latar belakang profesi, tingkatan dalam masyarakat dan dari segala usia, memang bisa dengan bebas memakai Smartphon Android tersebut.

Karena sekali lagi, Smartphone Android ialah sebuah Perangkat Pintar yang memang hadir dalam setiap lini pasar yang bisa dijangkau, sesuai kemampuan para calon pembelinya.

Menariknya, dari tahun ketahun, Google selaku pengembang utama dari OS Android tersebut, memang selalu terus menerus memperlihatkan pembaharuan yang mutakhir pada OS Android terbaru tersebut.

Tujuannya sudah jelas, agar bisa menyesuaikan dengan apa yang di inginkan oleh masyarakat modern dan tentu saja untuk penggunaan yang lebih luas.

Sehingga, tidak mengherankan jikalau Smartphone Android bisa menjadi sangat Populer menyerupai kini ini, terlebih lagi ada banyak Brand besar yang juga ikut menciptakan dan menjual Smartphone berbasis OS Android tersebut.

Maka, masyarakat bisa dengan gampang menentukan Smartphone Android mana yang cocok untuk mereka beli, sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja Budget yang dimiliki.

Secara umum, OS Android memang sudah bisa kita katakan sebagai OS yang Modern, alasannya memang hadir dengan bermacam-macam fitur mahir dan canggih yang memang sebelumnya tidak pernah ada.

Seperti dari segi keamanan yang kini sudah umum menggunakan sistem keamanan biometrik, kemudian kini OS Android sudah kian berakal dengan adanya dukungan dari kecerdasan buatan yang biasa kita sebut sebagi AI (Artificial Intelligence).

Lalu, ada banyak hal mahir lainnya yang bisa kita temukan pada Smartphone Android Modern yang ada kini ini.

Dengan semakin majunya teknologi yang diterapkan pada OS Android tersebut, maka penggunaan dari Smartphone Android tersebut akan lebih flexible, salah satunya kini kita sudah menggunakan Smartphone Android dengan penggunaan Kabel Penghubung secara minimal, apa maksudnya?

Tentu disini, kami berbicara terkait kabel yang sebenarnya, menyerupai penggunaan Kabel USB untuk melaksanakan Charging atau Transfer Data dan juga penggunaan Kabel untuk mendengarkan musik menyerupai Jack 3.5mm.

Sekarang, kalian bisa melaksanakan banyak hal secara Wireless atau bisa kita permudah, tidak akan memakai Kabel lagi, menyerupai teknologi pengisian daya baterai secara Wireless (Wireless Charging), kemudian ada juga pengguaan Headset / Earbuds Bluetooth (TWS) hingga mode FTP yang akan bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan Transfer Data pribadi tanpa perlu memakai Kabel USB sama sekali.

Nah, pada pembahasan kali ini titik berat yang akan kita bahas ialah pada pemanfaatan fitur FTP yang ada pada Smartphone Android masa kini.

Lalu, apa sih fitur FTP yang ada di Smartphone Android tersebut?

Pengertian FTP Android

Jika, kalian ialah seorang yang memang paham dalam dunia Networking, maka istilah FTP ini mungkin sudah menjadi masakan sehari-hari kalian, tetapi kalau kalian ialah seorang pengguna awam, maka disini kami akan jelaskan sedikit terkait fitur FTP yang ada pada Smartphone Android tersebut.

  1. FTP ialah akronim dari File Transfer Protocol yang memang dirancang khusus untuk melaksanakan Transfer Data dari Client dan Server dijaringan yang sama, artinya disini yang kita perlukan hanyalah koneksi internet yang sama.

Maka, kebutuhan Koneksi Data akan penggunaan FTP pada Smartphone Android, contohnya ke Komputer Desktop sudah bisa terpenuhi.

Hebatnya lagi, dengan memakai FTP tersebut kalian bisa dengan gampang melaksanakan Transfer Data (Read / Write) menyerupai halnya memakai Koneksi dari Kabel USB melalui fitur MTP.

Tetapi, yang menyebabkan FTP Spesial ialah alasannya disini kita sama sekali tidak membutuhkan derma dari Kabel USB, sehingga terang saja penggunaan dari Smartphone Android akan jauh lebih Flexible, asalkan masih dalam lingkup satu jaringan Network yang sama.

Untuk cara kerja FTP di Smartphone Android itu sama saja menyerupai fitur FTP yang ada pada Perangkat Komputer Desktop, sehingga kalian tidak akan menemukan perbedaan prosedur dari kedua Perangkat yang berbeda tersebut.

Model cara kerja FTP untuk Smartphone Android

Untuk kalian ketahui, artikel terkait FTP Android ini, bukanlah satu-satunya artikel FTP Android yang sudah kami tulis, melainkan sebelumnya kami memang sudah menciptakan 2 artikel khusus terkait penggunaan Fitur yang ada pada FTP Android tersebut.

Salah satu dari artikel yang kami buat sebelumnya ialah terkait pemanfaatan fitur FTP Android dengan memakai Aplikasi Browser yang bisa kalian lihat Tutorialnya pada halaman dibawah ini :

Lalu, satu lainnya kami juga sudah menciptakan kemampuan Full FTP Android dengan memakai Aplikasi FileZilla yang metode kerjanya dikhususkan untuk Perangkat Komputer Desktop, untuk Tutorialnya bisa juga kalian lihat dibawah ini :

Nah, untuk yang Tutorial yang akan kita bahas kali ini akan cukup berbeda dan akan semakin menarik, alasannya disini kami akan beritahukan cara memakai kemampuan penuh (Full) FTP Android di Perangkat Komputer Desktop berbasis OS Windows, tanpa derma dari Software khusus, menyerupai FileZilla.

Benarkah? ya! kalian bisa memakai fitur FTP Android tersebut secara penuh, untuk tindakan Copy / Paste, layaknya menyerupai sedang memakai Flashdisk atau Koneksi dari Kabel USB, langsung dari Windows Explorer.

Bagaimana caranya? tunggu dulu! ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, sebelum kalian bisa mengikuti Tutorial yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Syarat memakai layanan FTP Android pribadi dari Explorer Windows

Persyaratan utama untuk bisa memakai Fitur FTP di Android ialah kalian harus berada pada satu jaringan yang sama (Hotsopt / Router / Mikrotik) dengan yang dipakai pada Komputer / laptop Windows.

Kalian membutuhkan sebuah Aplikasi khusus FTP yang harus kalian Download dan Install pada Smartphone Android yang kalian miliki.

Aplikasi tersebut ialah WiFi FTP Server, kalian tidak perlu khawatir Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store, semoga lebih cepat kalian bisa pribadi mengunjungi alamat Link URL dibawah ini :

Pada Komputer Windows, kalian tidak memerlukan aplikasi apapun, yang kalian perlukan hanyalah fitur yang sering kalian gunakan, yaitu ialah File Explorer default pada OS Windows.

Disini, kami memakai OS Windows 10 sebagai media untuk uji coba kerja dari layanan FTP pada Smartphone Android tersebut.

Harusnya, cara ini juga akan bisa berhasil pada OS Windows lain, menyerupai OS Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan juga Windows 10.

Terakhir, pastikan Android Driver sudah ada pada Komputer / Laptop Windows yang kalian gunakan kini ini.

Karena, tanpa adanya Android Driver tersebut, maka koneksi yang kalian lakukan dari jalur FTP melalui Komputer Desktop ke Smartphone Android, mungkin tidak akan berhasil.

Untuk meminimalisir resiko kegagalan tersebut, silahkan Download dan Install Android Driver Universal dibawah ini :

Setelah semua persyaratan diatas sudah bisa kalian penuhi semuanya, maka sekarang kalian sudah bisa mempraktekan cara kerja FTP Android pribadi pada Explorer Windows tersebut, silahkan ikuti caranya pada pembahasan dibawah ini.

Cara FTP Android pribadi dari Explorer Windows

  1. Silahkan buka dulu Aplikasi WiFi FTP Server yang sudah kalian Download dan Install sebelumnya.
  2. Ingat! pastikan koneksi jaringan yang ada pada Smartphone Android dan Komputer Desktop OS Windows sama.
  3. Setelah itu, tekan hidangan Start pada Aplikasi WiFi FTP Server Android tersebut.

 FTP Android pribadi di Explorer Windows Cara Full FTP Android (Copy / Paste) pribadi dari Explorer Windows

  1. Maka, akan muncul tampilan menyerupai ini :

 FTP Android pribadi di Explorer Windows Cara Full FTP Android (Copy / Paste) pribadi dari Explorer Windows

  1. Silahkan sorot pada bab Server URL.
  2. Setelahnya, silahkan buka Explorer Windows.
  3. Lalu, masukan Server URL pada bab atas Explorer Windows menyerupai ini :

 FTP Android pribadi di Explorer Windows Cara Full FTP Android (Copy / Paste) pribadi dari Explorer Windows

  1. Jika sudah, silahkan tekan Enter.
  2. Maka, harusnya OS Windows kini sudah bisa pribadi masuk kedalam Direktori Internal Storage yang ada pada Smartphone Android terkait.

 FTP Android pribadi di Explorer Windows Cara Full FTP Android (Copy / Paste) pribadi dari Explorer Windows

  1. Setelahnya, silahkan gunakan layaknya menyerupai sedang memakai sebuah Flashdisk.
  2. Done!

Kekurangan dari FTP Android

Meski secara keseluruhan fitur FTP di Smartphone Android itu sangat bermanfaat dari segi pengunaannya yang memang memperlihatkan fleksibilitas tinggi, hanya saja masih ada beberapa kekurangan dari cara ini.

Kekurangan tersebut, memang bisa menjadi hal yang merepotkan untuk sebagian penggunannya, kemudian apa saja kekurangan yang kami maksud tersebut?

  1. Fitur FTP Android hanya bisa dipakai untuk mengakses ketingkat Internal Storage saja, untuk External Storage Expansion, menyerupai SD Card, tidak akan bisa di Load melalui cara yang kami bagikan diatas.
  2. Kecepatan Copy / Paste File itu menurut kecepatan Internet yang kalian miliki, jikalau Koneksi Internet yang kalian miliki lamban, maka proses Transfer Data yang kalian lakukan juga akan ikut lamban.
  3. Sering terjadi Disconnect pada FTP Server Android, mungkin penggunaan dari Aplikasi FTP Server pihak ke-3 yang kita gunakan diatas.

Meski ada beberapa kekurangan dari cara diatas, tetap saja metode diatas bisa akan sangat bermanfaat untuk kalian yang memang memerlukan perpindahan Data File yang cepat antar perangkat, tanpa perlu memakai satu buah Kabel USB apapun.

Hanya saja, kalau kami bisa menyarankan, usahakan jangan melaksanakan Transfer Data dengan jumlah kapasitas File yang besar, misalkan 1GB lebih, jikalau Koneksi Internet kalian cepat, maka hal ini bukan masalah.

Tetapi, kalau lamban? maka akan lebih bijaksana untuk memakai Koneksi dari Kabel USB, untuk kecepatan Transfer Data yang lebih cepat dan lebih bisa menghemat waktu kalian.

Solusi Koneksi FTP Server yang sering terputus

Jika kalian mengalami duduk kasus Koneksi FTP Server yang sering terputus saat memakai Aplikasi WiFi FTP Server yang kami bagikan diatas.

Maka, disini kami punya beberapa Trik atau Solusi untuk mengatasi duduk kasus tersebut, satu hal yang harus kalian ketahui, permasalahan ini bukan tiba dari Fitur FTP yang ada pada Smartphone Android kalian.

Melainkan datang dari Management Apps yang ada pada System OS yang diterapkan pada Smartphone Android terkait, untuk mengakali permasalahan ini gampang saja, kalian hanya perlu mengikuti beberapa cara dibawah ini saja :

  1. Jangan keluar dari Aplikasi WiFi FTP Server, pastikan layar selalu menyala dengan kondisi Aplikasi WiFi FTP Server terbuka, maka permasalahan Disconnect FTP Server niscaya tidak akan terjadi.
  2. Hilangkan Restrict Apps Background di System OS pada Smartphone Android kalian, semoga Aplikasi WiFi FTP Server bisa berjalan di Background Apps dan tidak otomatis ter-Shut Down.
  3. Kunci Aplikasi WiFi FTP Server yang sedang berjalan tersebut, umumnya OS Android yang ada kini ini mempunyai fitur tersebut dan beberapa Custom ROM juga mempunyai fitur Lock Apps tersebut, semoga tidak ter-Shut Down saat kalian keluar dari Aplikasi tersebut.

Nah, dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, dari apa yang sudah kami jelaskan diatas harusnya sudah sangat terang terkait cara kerja dan pemanfaatan Fitur FTP yang ada pada sebuah Smartphone Android tersebut.

Hanya saja, sekali lagi fitur FTP di Android memang mempunyai beberapa batasan, tetapi batasan atau kekurangan tersebut tetap masih bisa ditolerir, alasannya dari sudut pandang kami, permasalahan tersebut tidak akan ada apa-apanya dibandingkan manfaat yang akan kalian peroleh.

Selain itu, Aplikasi WiFi FTP Server bukanlah satu-satunya Aplikasi yang bisa dipakai untuk mengaktifkan layanan FTP Android tersebut.

Karena, diluar sana masih ada berbagai jenis Aplikasi FTP serupa, hanya saja untuk performanya tidak bisa kami ukur sekarang, alasannya jujur, kami selalu memakai Aplikasi WiFi FTP Server tersebut, saat ingin memakai Layanan FTP yang ada pada Smartphone Android yang kami miliki.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD