Cara Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive)

kita kedatangan sebuah Smartphone Android gres lagi yang tentu saja masuk secara resmi Cara Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive)

Saat ini ditanah air kita tercinta ini, kita kedatangan sebuah Smartphone Android gres lagi yang tentu saja masuk secara resmi, hal ini tentu saja menjadi kabar yang sangat menggembirakan, alasannya menyerupai yang kalian ketahui, dimulai dari tahun 2020 nanti, kita tidak akan bisa lagi memakai Smartphone Android Illegal (non-resmi) alasannya tidak akan lagi mendapat Signal Selular.

Nah, keberadaan Smartphone Resmi yang masuk di Indonesia ini memang patut untuk kita apresiasi dan hebatnya lagi Smartphone ini berasal dari Brand Smartphone Android yang sebelumnya memang jarang mendisitribusikan Smartphone buatan mereka ke Indonesia.

Ya! siapa lagi kalau bukan Xiaomi, meski demikian Smartphone yang akan kita bahas kali ini bukanlah tiba dari Brand Xiaomi, melainkan Sub-Brand nya yaitu yaitu Redmi dan Samrtphone Android yang kami maksud sebelumnya yaitu yaitu Redmi 8!

Seperti yang telah kalian ketahui, seri Brand Redmi ini memang tengah naik daun namanya di negeri kita ini, alasannya bukan Xiaomi namanya bila tidak bisa menghadirkan Smartphone Android sangar tetapi dijual dengan harga yang kompetitif.

Jika sebelumnya variant gres dari lini seri Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro hadir secara resmi di Indonesia dengan menyasar Segmentasi Pasar Kelas Menengah, maka berbeda dengan seri lini Redmi 8 tersebut.

Karena, Smartphone Android ini akan resmi dijual untuk menyasar kelas Entry-level dengan harga yang sangat bersaing, bahkan harga yang dirilis oleh pihak Xiaomi kepada Redmi 8 tersebut, tidak berbeda jauh dari seri sebelumnya, yaitu yaitu Redmi 7.

Maka dengan demikian, bila kalian mencari Smartphone Android dengan harga kurang dari 2 juta rupiah, maka salah satu pilihan terbaik memanglah seri Redmi 8, alasannya Redmi 8 bisa hadir dengan Desain yang tidak pasaran dan tentu saja ditenagai dengan Spesifikasi yang sangat mumpuni, sehingga terasa akan sulit untuk disaingi, bila perspektif kalian yaitu Spesifikasi tanpa memandang nama Brand.

Perlu kalian ketahui sebelumnya, meski kini Redmi telah berpisah dengan Xiaomi, tetapi pada kenyataannya yang berpisah itu hanya nama Brand-nya saja, untuk Support dan bermacam-macam Metode yang bisa dimanfaatkan untuk bermacam-macam tindakan tersebut, masih tetap sama saja menyerupai Smartphone Android Xiaomi kebanyakan.

Karena Redmi 8 juga masih tetap memakai ROM MIUI dan tentu saja, segala sesuatu terkait permasalahan Maintenance, Repairing dan Maintenance akan sama saja menyerupai Smartphone Xiaomi pada umumnya.

Tetapi, sebelum kalian mengikuti Tutorial yang akan kami jelaskan dibawah ini, disini kami hanya akan menekankan satu hal, semoga kalian tidak salah dalam mengikuti Tutorial Flashing untuk Redmi 8 tersebut, yaitu yaitu sebagai berikut.

Khusus untuk pengguna Redmi 8 (Olive)

Ya! artikel Tutorial yang akan kami tulis dibawah ini memang dikhususkan untuk pengguna Redmi 8 saja dan tidak bisa diikuti oleh Smartphone Android Xiaomi atau Redmi lainnya, alasannya ada perbedaan yang sangat terang terkait materi Firmware yang akan digunakan.

Selian itu pada faktanya, pihak Xiaomi melalui Sub-Brand mereka Redmi itu memang merilis 2 buah seri untuk Redmi 8 tersebut, yaitu yaitu seri Reguler Redmi 8 yang akan kita bahas kali ini dan Redmi 8A yang menjadi seri paling bawah di tingkatan kasta pada lini seri Redmi 8 tersebut.

Nah, pada masalah ini harus kalian pastikan sebelumnya, bahwa kalian dilarang salah dalam melaksanakan Identifikasi jenis dan seri Smartphone Android Redmi 8 Series tersebut, bila kalian pengguna Redmi 8A, maka sudah terang artikel yang kami tulis dibawah ini, peruntukannya bukan untuk kalian.

Melainkan, khusus untuk pengguna Redmi 8 dengan Codename Olive saja, semoga kalian tidak bingung, mungkin kalian harus melihat Perbedaan dan Perbandingan dari Redmi 8 dan Redmi 8A yang sudah kami tulis dibawah ini :

Bagaimana? apakah kalian sudah bisa memastikan bahwa Smartphone Android yang kalian pakai ketika ini yaitu seri Redmi 8 (Olive)?

Jika iya, maka kalian sudah siap untuk bisa mengikuti Tutorial yang akan kami jelaskan dibawah ini, karena sifatnya yang sangat Teknis, pastikan semua hal dibawah ini bisa kalian ikuti semuanya dengan sama persis.

Lalu, tentu saja dalam pengerjaannya harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh ketelitian, alasannya bila salah dalam mengaplikasikan langkah yang telah kami jelaskan, maka konsekuensinya mungkin akan beras dan akan cenderung merugikan.

Mungkin banyak dari kalian (pengguna gres / awam) yang gundah terkait apa yang akan kita praktekan dibawah ini, maka mungkin sedikit Informasi dibawah ini bisa membantu kalian, apa sih Flash / Fastboot tersebut ?

Maksud Flash / Fastboot Redmi 8

Jika, kalian yaitu seorang pengguna Smartphone Android Redmi 8 gres atau istilahnya itu awam, maka mungkin kalian harus mengerti terkait tindakan yang akan kita lakukan dibawah ini.

  1. Flash adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh pengguna Smartphone Android terkait untuk menginstall ulang OS yang dipakai untuk bermacam-macam keperluan dengan memakai sebuah metode dan file khusus.

Secara singkatnya, klarifikasi terkait Flash tersebut bisa kalian pahami pada pengertian yang sudah kami jelaskan diatas, bersama-sama di Smartphone Xiaomi / Redmi, tindakan Flash itu bisa juga disebut dengan Fastboot.

Fastboot sendiri memang mengacu kepada tindakan Flash, sehingga bila bersama-sama Flash dan Fastboot itu tetap sama artinya, hanya saja berbeda dalam penyebutannya saja, paham?

Lalu, apa sih fungsi dari tindakan Flash tersebut untuk Redmi 8?

Fungsi Flash di Redmi 8

Nah, menyerupai yang sudah kami singgung diatas, tindakan Flash / Fastboot tersebut yaitu tindakan untuk menginstall ulang OS pada Smartphone Android bersangkutan yang ditujukan untuk bermacam-macam keperluan.

Maka, disini akan kami perjelas pengertian tersebut dalam garis besar fungsi-fungsi yang bisa didapatkan ketika kalian melaksanakan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi 8, apa saja fungsi dari Flash tersebut?

  1. Untuk mengatasi bermacam-macam duduk kasus yang muncul seperti Bootloop, Brick, Stuck dan lainnya
  2. Untuk meningkatkan versi OS MIUI yang digunakan (Upgrade)
  3. Untuk berpindah versi ROM MIUI, misal dari versi ROM China ke Global, ataupun sebaliknya
  4. Untuk menerapkan metode Clean Flash
  5. Bisa dimanfaatkan untuk mereset semua settingan dan file, hingga kembali ke settingan Standard dari OEM
  6. Bisa dipakai untuk solusi bermacam-macam masalah yang membutuhkan tindakan Fixing ataupun Repairing

Intinya, metode Flash / Fastboot yang akan kita bahas dibawah ini, merupakan sebuah hal yang sangat penting yang harus kalian ketahui dan dilakukan dengan benar, karena ada konsekuensinya, bila kalian tidak melakukannya sesuai Standard yang berlaku.

Apa saja yang dilarang kalian lakukan ketika ingin melaksanakan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi 8 tersebut?

Hal yang harus dihindari ketika Flash / Fastboot Redmi 8

Menyambung dari pembahasan diatas, disini akan kami jelaskan dulu kondisi yang harus kalian hindari ketika ingin melaksanakan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi 8 tersebut, alasannya bila kalian lakukan, maka alhasil akan fatal, yaitu bisa Brick parah dan akan sulit untuk diperbaiki.

Apa saja, hal yang harus dihindari tersebut?

  1. Downgrade, karena System Anti-rollback telah berlaku pada Firmware Redmi 8 tersebut.
  2. Flash menggunakan Firmware yang berbeda, contohnya disini kalian menggunakan Firmware Redmi 8A, terang saja akan sangat berbahaya.
  3. Kalian melaksanakan Flash dengan sembarangan dan tidak mengikuti intruksi yang akan kami sampaikan dibawah ini dengan benar
  4. Jangan pernah melakukan Flash Firmware yang Corrupt, alasannya akan berakhir menjadi duduk kasus yang serius
  5. Melakukan Flash di kondisi Smartphone masih Locked Bootloader

Jika, kalian melaksanakan hal yang sudah kami sebut diatas, maka akan kami pastikan bahwa Smartphone Android Redmi 8 yang kalian miliki, akan berakhir dengan kondisi yang berat permasalahannya.

Maka, pastikan kalian mengikuti tutorial yang akan kami sampaikan dibawah ini dengan benar dan pastikan semuanya sudah sesuai.

Karena, sebelum kalian melaksanakan tindakan Flash / Fastboot tersebut, disini kalian memerlukan beberapa persayaratan utama dan sifatnya itu harus kalian penuhi.

Apa saja persyaratan yang harus kalian penuhi tersebut? silahkan penuhi segala persiapan dan persyaratan Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive) dibawah ini :

Unlock Bootloader

Seperti yang sudah kami singgung sedikit diatas, bahwa kalian tidak bisa melaksanakan Flash / Fastboot tersebut ketika Smartphone Android Redmi 8 kalian masih dalam kondisi Locked Bootloader, maka untuk bisa melalukan tindakan Flash tersebut, kalian harus menciptakan Redmi 8 yang kalian miliki ke kondisi Unlock Bootloader.

Unlock Bootloader ini sangat dibutuhkan, alasannya pada metode Flash-nya disini memakai kemampuan dari fitur Fastboot yang memang sudah ada secara default pada semua Smartphone Android, sehingga untuk bisa memakai kemampuan dari fitur Fastboot tersebut, maka disini kalian harus melaksanakan Unlock Bootloader pada Smartphone Android Redmi 8 yang kalian miliki.

Jika, kalian tidak tahu cara dalam melaksanakan UBL pada Redmi 8 (Olive) tersebut, silahkan ikuti tutorial dibawah ini :

Apakah tidak ada cara dalam melakukan Flash di Redmi 8 tanpa Unlock Bootloader?

Mungkin, pertanyaan ini akan muncul dari beberapa pengguna Smartphone Android Redmi 8, maka jawabannya ada caranya, tetapi tidak akan kami bahas disini, karena cara tersebut terlalu berisiko dan akan sulit untuk di ikuti, apalagi bila kalian yaitu seorang pengguna awam.

Cara yang kami maksud disini yaitu cara dengan menggunakan Test Point, sekali lagi kami tidak akan menjelaskan cara tersebut disini.

Karena, disini kami hanya akan menggambarkan dan menjelaskan Tutorial Flash / Fastboot Redmi 8 dengan cara yang umum dan yang direkomendasikan oleh pihak Xiaomi / Redmi saja, paham?

Jika, kalian sudah mengerti, silahkan lanjutkan ke persyaratan selanjutnya.

Mi Flash Tool

Karena disini kita memakai Metode Flash / Fastboot di Redmi 8 dengan cara yang resmi, maka sudah jelas, berarti disini kita akan memakai sebuah alat (Software) resmi yang telah dirilis oleh pihak Xiaomi / Redmi yang bebas untuk kalian gunakan kapan saja.

Silahkan Download dulu aplikasi Mi Flash Tool terbaru dari halaman dibawah ini :

Atau kalian juga bisa memakai aplikasi All in One Mi Flash Pro, tetapi dengan size yang sedikit lebih besar dari aplikasi Mi Flash Tool biasa :

Silahkan gunakan yang mana saja, alasannya intinya tampilan dan fitur yang ditawarkan akan sama saja, baik itu aplikasi Mi Flash Tool biasa, ataupun aplikasi Mi Flash Pro.

Setelah kalian mendownload salah satu dari 2 aplikasi Mi Flash yang sudah kami bagikan diatas, segera Install pada PC / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang.

Firmware Redmi 8

Ini yaitu bab terpenting dari artikel tutorial yang akan kita bahas dibawah ini, alasannya disini kalian memerlukan sebuah Firmware Fastboot spesifik untuk Redmi 8, yang nantinya akan di Flash / Fastboot kedalam Smartphone Android Redmi 8 dari metode yang akan kami jelaskan dibawah nantinya.

Silahkan Download dulu Firmware Redmi 8 versi terbaru, melalui halaman dibawah ini :

Pastikan kalian tidak salah menentukan jenis Firmware, alasannya sekali lagi disini kalian hanya boleh memakai Firmware untuk seri Redmi 8 reguler saja, dan tidak bisa memakai Firmware Redmi 8A, semoga lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah ini.

kita kedatangan sebuah Smartphone Android gres lagi yang tentu saja masuk secara resmi Cara Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive)

Jangan khwatir, Firmware yang kami bagikan diatas yaitu jenis Firmware resmi yang didistribusikan oleh pihak Xiaomi / Redmi, jadi dipastikan akan kondusif dalam penggunaannya.

Jika, kalian memakai Smartphone Android Redmi 8 versi resmi untuk Indonesia, kami sarankan gunakan saja Firmware Redmi 8 versi Indonesia, tetapi bersama-sama kalian masih tetap akan bisa memakai versi Firmware yang lain dengan tanpa adanya duduk kasus tentunya.

Selanjutnya, sesudah kalian Download, umumnya File Firmware akan ber-type (.tgz) maka silahkan kalian Extract Firmware tersebut dengan aplikasi sejenis WinRAR letakan ditempat yang gampang untuk kalian temukan, kemudian pastikan kalian melakukan Extract sebanyak 2 kali, hingga muncul File didalam Folder Firmware menyerupai ini :

kita kedatangan sebuah Smartphone Android gres lagi yang tentu saja masuk secara resmi Cara Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive)

Jika, kalian mendownload File Firmware (Fastboot ROM) Redmi 8 dengan memakai IDM, tetapi tidak bisa di Download, maka silahkan ikuti Tutorial Fix Download Fastboot ROM Xiaomi / Redmi dengan memakai IDM, yang sanggup kalian ikuti pada artikel dibawah ini :

Jika, sudah silahkan lanjutkan ke persyaratan setelahnya.

USB Driver

Ini yaitu hal yang juga tidak kalah penting dari sebuah Firmware, yaitu adalah USB Driver, karena dengan tanpa adanya USB Driver ini, maka Smartphone Android Redmi 8 yang akan kalian hubungkan ke PC / Laptop Windows tersebut, tidak akan terbaca pada aplikasi Mi Flash Tool / Mi Flash Pro.

Sebenarnya, USB Driver ini hanya dibutuhkan ketika Smartphone Android Redmi 8 kalian tidak bisa terbaca di aplikasi Mi Flash Tool saja, alasannya bisa jadi dikarenakan OS Windows yang kalian gunakan bermasalah, maka disini kalian harus memasangkan ulang USB Driver tersebut pada OS Windows.

Jika, memang demikian, silahkan Download Xiaomi / Redmi USB Driver dibawah ini :

Selanjutnya, karena disini Smartphone Android Redmi 8 menggunakan Chipset dari Processor Qualcomm Snapdragon, maka alangkah baiknya, bila kalian juga menginstall USB Driver Qualcomm tersebut pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang.

Kalau saran dari kami, silahkan install saja dulu ke-2 buah USB Driver diatas, karena hal tersebut terang sekali akan meminimalisir resiko yang akan muncul nantinya, maka akan sangat bijak untuk kalian pasang saja dulu pada OS Windows yang kalian gunakan, tanpa menunggu duduk kasus Redmi 8 tidak bisa terkoneksi ke OS Windows muncul.

Mode Fastboot

Selanjutnya, alasannya disini kita akan menggunakan Metode Flash dengan kemampuan fitur dari Fastboot yang memang sudah ada secara default pada semua Smartphone Android, maka disni kalian perlu membuat Smartphone Android Redmi 8, masuk ke Mode Fastboot terlebih dahulu, semoga nantinya bisa dilakukan tindakan Flash / Fastboot.

Jika, kalian tidak tahu caranya, silahkan ikuti cara dibawah ini :

Sampai disini, bersama-sama sudah selesai pembahasan terkait persyaratan yang akan dibutuhkan, tetapi kalau bisa kalian harus bisa memenuhi saran kami untuk Kondisi Ideal dalam melaksanakan Flash pada Redmi 8 tersebut.

Kondisi Ideal yang disarankan

Tujuannya, sudah terang untuk meminimalisir resiko duduk kasus yang akan terjadi nantinya, tetapi sebenarnya tujuan utama dari Kondisi Ideal yang akan kami sebutkan dibawah ini, ialah agar proses Flash yang kalian kerjakan bisa berjalan dengan baik dan berhasil.

Apa saja Kondisi Ideal yang kami maksud?

  1. Kapasitas Battery Redmi 8 minimal 50%.
  2. Menggunakan Kabel USB OEM (Bawaan) atau yang kualitasnya bagus.
  3. Memastikan Firmware yang di Download tidak Corrupt, alasannya Corrupt atau tidaknya Firmware akan tertangkap tangan ketika kalian sudah melaksanakan Extract File Firmware, menyerupai yang sudah kami jelaskan diatas.
  4. Pastikan Port USB pada PC / Laptop yang dipakai tidak bermasalah.
  5. Gunakan metode Disable Driver Signature Enforcement pada OS Windows, agar USB Driver bisa berjalan dengan semestinya.
  6. Kalau bisa gunakan OS Windows versi 64-bit, tetapi kalau tidak juga tidak duduk kasus sebenarnya.

Sebisa mungkin, kalian pastikan bisa memenuhi Kriteria Kondisi Ideal yang sudah kami jelaskan diatas, alasannya umumnya, bila Kondisi Ideal diatas sudah bisa kalian penuhi, maka proses Flashing yang akan kalian lakukan akan terjamin keberhasilannya.

Nah, selesai sudah semua tahap persiapan dan persyaratan yang diharapkan dalam proses Flash / Fastboot untuk Redmi 8 tersebut.

Setelahnya, kini kita akan masuk pada pembahasan utama kita, yaitu yaitu bagamaina sih, cara Flash Redmi 8? silahkan simak dengan teliti dan hati-hati.

Cara Flash Redmi 8 (Olive)

  1. Buka aplikasi Mi Flash Tool / Mi Flash Pro (Run as Administrator)
  2. Hubungkan Redmi 8 (Mode Fastboot) ke PC / Laptop dengan Kabel USB
  3. Selanjutnya, tekan Menu Refresh pada aplikasi Mi Flash Tool, hingga muncul List Device pada bab ini :

kita kedatangan sebuah Smartphone Android gres lagi yang tentu saja masuk secara resmi Cara Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive)

  1. Pilih lokasi Firmware yang sudah kalian Extract sebelumnya dengan menekan Tombol Select.

kita kedatangan sebuah Smartphone Android gres lagi yang tentu saja masuk secara resmi Cara Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive)

  1. Jika, Firmware sudah berhasil ter-load.
  2. Selanjutnya pilih Script Flash, kalau kami sendiri menyarankan untuk menggunakan Script Clean All, dengan konsekuensi semua File pada Internal Memory Redmi 8 akan hilang.

kita kedatangan sebuah Smartphone Android gres lagi yang tentu saja masuk secara resmi Cara Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive)

  1. Jika, sudah silahkan lakukan Flashing, caranya yaitu dengan menekan Tombol Flash.

kita kedatangan sebuah Smartphone Android gres lagi yang tentu saja masuk secara resmi Cara Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive)

  1. Tunggu hingga proses Flash / Fastboot selesai, umumnya bisa memakan waktu hingga 30 Menit.
  2. Jika, muncul pesan Success pada bagian Result, maka disini kalian sudah berhasil melaksanakan Flash pada Redmi 8.
  3. Setelahnya silahkan lakukan Reboot.
  4. Booting pertama membutuhkan waktu yang cukup lama, biasanya mencapai 15 hingga 20 Menit.
  5. Done!

Jika proses Flash / Fastboot gagal!

Nah, jika kalian menemukan kegagalan pada ketika proses Flashing sudah berjalan, maka kami bisa bilang, bahwa kalian tidak mengikuti cara yang kami anjurkan diatas dengan benar sepenuhnya.

Karena semua persyaratan diatas, baik itu dalam Kondisi Ideal yang harus dicapai, semua hal tersebut akan menjamin tingkat keberhasilan dari proses Flash tersebut, maka silahkan ulangi membaca guide yang sudah kami sebutkan diatas, dan pastikan tidak ada yang tertinggal satu pun.

Hal tersebut dikarenakan, semua hal yang sudah kami jelaskan diatas adalah Standard Resmi yang harus dipenuhi, ketika kalian ingin melaksanakan tindakan Flash pada Smartphone Android Redmi 8 tersebut.

Dengan demikian, selesailah sudah Artikel Tutorial yang khusus membahas terkait permasalahan tindakan Flash untuk Redmi 8 (Olive) tersebut.

Seharunsya, bila sudah sesuai dengan apa yang kami gambarkan dan jelaskan diatas, maka umumnya Proses Flash Redmi 8 tersebut akan bisa berhasil sepenuhnya, tanpa adanya hambatan apapun.

Maka dari itu, kunci keberhasilan dari Tutorial ini yaitu terkait duduk kasus Ketelitian, Kehati-hatian dan terpenuhinya Kondisi Ideal yang sudah kami jelaskan diatas, seharusnya bila kalian sudah mengikuti semua hal diatas, maka harusnya kini proses Flashing sudah bisa selesai / sukses dilakukan.

Hanya saja, kondisi tersebut mungkin hanya bisa tercapai, bila semua persyaratan yang kami jelaskan diatas bisa kalian penuhi. Namun, beda alat dan bahan, bisa jadi hasilnya akan berbeda juga.

Maka dari itu, bila kalian sudah merasa buntuk, silahkan hubungi kami dari alamat Email yang sudah kami berikan pada halaman contact, silahkan bertanya dengan susila yang baik, maka niscaya akan kami bantu sebisa kami, bila memang tidak ada kesibukan yang tengah kami lakukan.

Sebenarnya, melaksanakan metode Flash / Fastboot di Redmi 8 itu gampang saja dilakukan, alasannya pada umumnya metode Flash-nya akan sama saja menyerupai Smartphone Android Xiaomi / Redmi kebanyakan.

Namun, hal ini mungkin akan sedikit membingungkan untuk para pengguna Smartphone Android gres atau awam, maka disinilah kami akan memperlihatkan pencerahan dan pertolongan kepada kalian.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD