Cara Atasi Adb Error: No Devices/Emulators Found

 memang menjadi OS paling banyak di gunakan dikala ini Cara atasi ADB Error: No Devices/Emulators Found

OS Android memang menjadi OS paling banyak di gunakan dikala ini, mengapa tidak? sudah tidak terhitung banyaknya lagi Brand atau Merek Smartphone mengadopsi OS satu ini, lantaran sifatnya yang Open Source menjadikan OS Android ini menjadi berbeda dari satu Smartphone Android dengan Smartphone Android lainnya.

Karena, hampir setiap Produsen Smartphone dapat itu lokal maupun Brand kawakan, niscaya paling tidak membawa satu atau lebih Inovasi berupa fitur yang tidak dapat di temukan pada jenis Smartphone Android lain.

Maka, tidak heran jikalau OS Android tersebut masih dapat bertaji dan berpengaruh hingga sekarang, disamping itu derma dari Komunitas OS Android tersebut juga kian tumbuh membesar setiap harinya, sebagai buktinya hampir setiap seri Smartphone Android dari aneka macam merek paling tidak punya satu Grup Diskusi terkait apapun wacana Sistem Operasi yang di gunakan Smartphone Android tersebut.

Sehingga disini akan ada yang namanya Custom ROM, Custom Kernel, Custom TWRP, ROOT, Firmware, beragam Metode dan Mod, hingga hal lainnya, maka bahu-membahu pada kasus ini bukan hanya pihak OEM saja yang dapat melaksanakan sesuatu terhadap OS Android tersebut.

Melainkan User dari Smartphone Android juga dapat melakukan Modifikasi atau perubahan baik itu dalam skala kecil ibarat Mod atau skala yang lebih besar ibarat Custom ROM dan hal terkait System lainnya.

Karena pada faktanya, siapa saja dapat melaksanakan hal tersebut asalkan tahu ilmunya, selain itu semua User Smartphone Android juga dapat melaksanakan Debug atau Development, lantaran di setiap Smartphone Android itu niscaya di bekali dengan fitur ABD.

Android Debug Bridge (ADB)

ADB sendiri yakni sebuah fitur ekslusif dari OS Android dan selalu ada pada OS Android, maka ibarat yang sudah kami singgung diatas, mau itu versi Android berapapun, mau itu tiba dari Brand Lokal ataupun International, mau Smartphone Android berspesifikasi kentang dan bahkan sultan, semuanya niscaya dapat menikmati fitur ADB pada OS Android.

ADB sendiri yakni kependekan dari Android Debug Bridge yang mempunyai fungsi sangat besar untuk acara Development dari aneka macam lini, ibarat System, Android APK dan lainnya.

Selain itu, melalui ABD kalian juga dapat melaksanakan perintah ke System OS Android secara Remotely dengan perintah khusus yang telah di buat, ibarat mengakses Direktori ROOT, menghapus Aplikasi System, mengubah String Value dan bahkan dapat di gunakan untuk berganti Mode, ibarat ingin berganti dari Normal Mode ke Bootloader Mode (Fastboot).

Semua hal tersebut sangat mungkin di lakukan dengan fitur ADB tersebut, hal yang lebih hebat lagi yakni kalian dapat melaksanakan Upgrade versi ROM hanya dengan satu perintah saja dan semuanya akan otomatis di lakukan secara Remotely.

Maka, dari citra diatas, harusnya kalian sudah tahu bahwa dalam penggunaannya, ADB ini membutuhkan Media pihak ke-3 yang dalam kasus ini yakni sebuah Perangkat Komputer (Pada sksu ini akan merujuk kepada OS Windows) yang nantinya akan di jempatani oleh Kabel USB sebagai media penghubungnya.

Masalah ADB Error: No Devices/Emulators Found

Ternyata, fungsi ADB di OS Windows tidak selalu dapat berjalan mulus, sama ibarat perangkat lunak lainnya, ternyata ADB ini juga dapat memunculkan Error dengan kondisi yang memang agak membingungkan.

Seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu yakni dilema ADB Error: No Devices/Emulators Found atau dapat kita artikan ADB ini tidak dapat menemukan atau menangkap Koneksi dari Smartphone Android yang telah kalian hubungkan ke OS Windows melalui Kabel USB.

 memang menjadi OS paling banyak di gunakan dikala ini Cara atasi ADB Error: No Devices/Emulators Found

Tetapi, bukan berarti dilema ini tidak dapat di selesaikan, lantaran semua dilema niscaya ada solusinya, lantaran solusinya ada banyak, maka silahkan ikuti saja semua solusi yang kami sebutkan pada artikel ini.

Cara atasi ADB Error: No Devices/Emulators Found

Seperti yang sudah kami singgung diatas, solusi dari dilema ini ada banyak, lantaran biang masalahnya pun juga beragam, maka dari itu silahkan coba saja beberapa solusi di bawah ini, lantaran solusi-solusi yang kami tuliskan di bawah ini dipastikan akan dapat berhasil untuk mengatasi dilema tersebut.

Baiklah, kami akan mulai secara beruntut dari penyebab dilema yang paling sering terjadi, beserta dengan solusinya.

Install Android USB Driver

Masalah ini yakni penyebab paling sering kenapa dapat ADB ini memunculkan pesan Error ibarat No Devices/Emulators Found, maka bahu-membahu pokok masalahnya itu terang saja, yaitu lantaran Smartphone Android kalian tidak dapat terhubung ke PC Windows, benar bukan?

Maka, jika tidak dapat terhubung apa masalahnya? sebagian besarnya niscaya lantaran dilema USB Driver, maka untuk dapat mengatasi dilema ini langkah pertama yang dapat kalian lakukan yakni dengan menginstall Android USB Driver ke OS Windows yang kalian gunakan.

Tujuannya sudah jelas, agar OS Windows dapat membaca Koneksi yang telah kalian lakukan dengan Kabel USB, hal tersebut dapat di lakukan Karena Driver pengenal sudah ada di OS Windows, maka silahkan Install Android USB Driver, jikalau tidak punya silahkan Download pada halaman di bawah ini :

Jangan khwatir untuk Cara Install-nya, lantaran sudah kami sertakan sangat lengkap di dalam halaman artikel yang kami bagikan diatas.

USB Debugging

Selanjutnya hal ini juga biasanya menjadi dilema utama, kenapa Error ini dapat muncul, yaitu yakni lantaran persyaratan terkait tata cara penggunaan utama fitur ADB ini tidak terpenuhi, yaitu yakni aktifnya Opsi USB Debugging pada OS Android di Smartphone Android kalian.

Karena fitur USB Debugging ini yakni fitur yang harus aktif jikalau kalian ingin memakai ABD, alasannya sederhana saja, karena fitur ini yakni sebuah Opsi untuk mengijinkan Source ke-3 ibarat PC Windows semoga dapat mengakses System ke pernangkat Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Tanpa aktifknya fitur ini, maka sudah terang ADB tidak akan dapat menemukan Smartphone Android yang telah terkoneksi, walau sudah kalian hubungkan ke PC Windows dengan Kabel USB dan walau kalian sudah memakai fitur MTP.

Maka, silahkan aktifkan dulu fitur USB Debugging tersebut, jikalau kalian tidak tahu caranya silahkan ikuti panduannya di bawah ini :

Gunakan ROM / Firmware versi Stable

Selanjutnya dilema ini juga kerap muncul pada pengguna Custom ROM, alasannya sederhana saja, lantaran Custom ROM itu dapat di buat oleh para Developers Amatiran, maka tidak menutup kemungkinan System di dalamnya Belum Stable.

Alhasil satu atau beberapa fungsi gagal untuk beroperasi, jika fungsi MTP / Mass Storage tidak berfungsi lantaran Bugs, maka sudah terang kalian tidak akan dapat memakai ADB dan niscaya akan memunculkan pesan ADB Error: No Devices/Emulators Found.

Hal tersebut terjadi, lantaran intinya System Custom ROM yang kalian gunakan memang sedang bermasalah terkait pada fungsi Koneksi via USB.

Lalu, penggunaan Firmware yang masih Experimental / Developer Version juga dapat menyebabkan dilema ini muncul, alasannya sama saja, lantaran System belum Stabil.

Maka, jikalau kalian pengguna Custom ROM atau kalian sendang memakai Firmware hasil uji coba, maka kalian harus curiga dilema ini dapat muncul akhir penggunaan hal tersebut.

Maka alangkah lebih baiknya, jikalau kalian memakai Custom ROM / Firmware yang sudah terbukti Stable dan tidak punya Bugs yang menurut dari Testimoni para user yang lain.

Cek Kabel USB dan Port USB

Hal ini juga tidak kalah penting untuk menjadi perhatian kalian, lantaran jikalau Kabel USB atau Port USB di Komputer / Laptop kalian bermasalah, maka hingga kapanpun kalian tidak akan dapat melaksanakan Koneksi ke fungsi ABD.

Karena ini sudah menyangkut dilema Hardware, maka pastikan sebelum kalian memakai fitur ABD tersebut, Kabel USB dan Port USB sudah di pastikan dapat berfungsi secara benar.

Karena biasanya jikalau Kabel USB sudah mulai Sobek, Lemah pada pecahan pangkalnya atau Konektornya sudah mulai karatan, maka Kabel USB tersebut sudah tidak dapat lagi dianggap bagus.

Selanjutnya hal ini juga berlaku kepada Port USB, jikalau sudah Karatan dan sering sekali memunculkan dilema Disconnect, maka Port USB tersebut juga tidak dapat di bilang baik, maka perhatikan hal ini dengan benar.

Error di OS Windows

Seperti yang sudah kami singgung, lantaran ADB ini memakai Komputer / Laptop sebagai Media kerja utamanya, maka bisa jadi Error: No Devices/Emulators Found pada ADB disebabkan oleh OS Windows itu sendiri.

OS Windows sendiri memang bukanlah sebuah OS yang sempurna, lantaran sering kali memunculkan beragam Error dengan Timming yang Random, OS Windows dapat memunculkan lebih banyak Error di rentang waktu pemakain yang sudah lama dan tidak pernah di bersihkan file sampahnya atau di lakukan Install Ulang.

Maka, masalah Error: No Devices/Emulators Found ini tidak menutup kemungkinan dapat disebabkan oleh OS Windows itu sendiri, jikalau semua cara diatas sudah kalian coba dan masih saja tidak dapat diatasi, maka kalian patut curiga dengan OS Windows yang kalian gunakan sekarang.

Solusi terbaik dari dilema ini memang hanya dengan melaksanakan Install Ulang OS Windows gres atau kalian dapat mengerjakan fungsi ADB ini pada Komputer Windows lain.

Masukan Perintah semoga ADB melaksanakan List Devices

Cara ini sudah terkait dengan metode Teknis penggunaan ABD, lantaran intinya setiap kalian kalian memakai ADB, maka kalian harus memasukan perintah semoga ADB dapat membaca Koneksi dari Smartphone Android kalian.

Langkah ini juga dapat di lakukan untuk melihat apakah Smartphone Android kalian dapat terhubung dengan baik atau tidak, lantaran nantinya akan ada indikator, yang akan menyampaikan bahwa Koneksi kalian terhubung atau tidak.

Untuk melaksanakan Perintah Koneksi ke ADB, kalian dapat memasukan perintah ini :

  • adb devices

Gunakan ADB Driver versi Terbaru

Masalah ini memang jarang terjadi, tetapi paling tidak patut untuk kalian coba, lantaran pada dasarnya, sebaik-baiknya ADB Driver yaitu yakni ADB Driver versi Terbaru.

Mungkin saja pada dikala Error ini muncul, kalian memakai versi ADB Driver lama atau lawas, maka silahkan coba peruntungan kalian untuk memperbaiki dilema tersebut dengan memakai ADB Driver versi Terbaru.

Disini, kami mempunyai beberapa jenis ADB Driver (+ Fastboot Driver) yang dapat kalian gunakan, semuanya sudah berada pada versi paling terbaru, silahkan pilih satu dari sekian ADB Driver koleksi kami di bawah ini :

Nah, itulah beberapa solusi dan dilema yang kami tahu terkait penyelesaian terhadap masalah Error: No Devices/Emulators Found pada fungsi ADB, harusnya satu atau beberapa solusi diatas niscaya dapat diandalkan untuk mengatasi dilema tersebut.

Umumnya, dilema ibarat ini hampir 90% nya disebabkan oleh hal yang sudah kami sebutkan diatas, maka sangat bijaksana jikalau kalian mencoba semua solusi diatas.

Jujur saja kami sendiri pun juga sering mengalami dilema serupa, tetapi biasanya kami hanya cukup menginstall Android USB Driver atau mencoba memakai Perangkat Komputer dengan OS Windows lain, maka dilema ini dapat dengan gampang terselesaikan.

Jika, memang masalahnya tiba dari OS Windows yang kalian gunakan, maka ada baiknya kalian melaksanakan Install Ulang OS Windows dan pastikan OS Windows yang kalian gunakan sudah minim Bugs dan dapat berjalan 100% mau itu dari segi Aspek Fungsi dan Performance, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. P.AW DRD