Cara Aktifkan 3D Touch Di Versi Miui Xiaomi Terbaru

 Tidak berlebihan memang jikalau kita menyebut ROM kepunyaan Xiaomi yaitu MIUI punya kelebiha Cara aktifkan 3D Touch di versi MIUI Xiaomi terbaru

Tidak berlebihan memang jikalau kita menyebut ROM kepunyaan Xiaomi yaitu MIUI punya kelebihan tersendiri di bandingkan produk ROM smartphone pesaing, sebab pasalnya bukan hanya kaya fitur, MIUI juga di buat dengan sangat bagus dan kalian masih sanggup mempercantik tampilan smartphone Xiaomi kalian dengan mendownload ratusan tema yang tersedia di market themes MIUI.

Selain itu pad ROM MIUI pun kalian masih sanggup melaksanakan mod tertentu “jika tersedia”, kenapa kami tandai goresan pena tersebut? alasannya ialah sebab memang benar setiap smartphone Xiaomi ketika ini memang menerima update versi MIUI ke paling yang terbaru, tetapi untuk basis Android tidak selalu dapat, sanggup jadi di suatu device Xiaomi MIUI-nya sudah memakai basis Android Nougat, tetapi untuk smartphone Xiaomi jenis lain masih memakai Android versi Lollipop untuk versi MIUI-nya.

Kenapa kami sebut demikian? sebab ini berafiliasi dengan tutorial yang akan kita bahas di bawah ini, tahukan dengan 3D Touch ala Apple iPhone? ya, meski tidak sama kalian sanggup menikmati fitur ini di versi MIUI minimal dengan basis Android 7.1 keatas, sebab pasalnya fitur ini memang sudah di ada pada versi stock Android dan mungkin juga tetap di implementasikan ke versi MIUI yang kalian pakai ketika ini.

Hanya saja fitur ini harus di aktifkan secara manual, selain itu ada persyaratan yang perlu di penuhi sebelum kalian sanggup mengaktifkan 3D Touch ala MIUI tersebut dan itu ialah :

1. Unlock Bootloader
2. ROOT
3. Aplikasi sejenis Root Explorer
4. Update MIUI ke versi yang terbaru
5. Tahu Codename smartphone Xiaomi kalian (misal Xiaomi Redmi Note 3 Pro : Kenzo, Mi Note 3 : Jason ….)

Cara aktifkan 3D Touch di versi MIUI Xiaomi terbaru

Jika semua syarat sudah kalian penuhi kini ialah tahapan bagaimana cara mengaktifkan fitur 3D Touch ala MIUI Xiaomi tersebut, perhatikan dengan seksama jikalau ada kepingan yang kami jelaskan di bawah ini ternyata tidak ada di ROM MIUI kalian, maka kalian tidak akan sanggup mengaktifkan fitur tersebut, berikut ialah caranya :

1. Silahkan kalian buka dulu aplikasi sejenis Root Explorer
2. Lalu masuk ke sajian direktory system/etc/device_features
3. Selanjutnya cari file dengan nama Codename smartphone Xiaomi kalian, pola kasus kali ini memakai smartphone Xiaomi Mi Note 3 dengan Codename Jason maka file bersangkutan yang harus di buka ialah Jason.xml
4. Buka file tersebut dan cari string ini :

<bool name=”support_force_touch”>false</bool>

Jika menemukan string menyerupai ini, maka device Xiaomi kalian sanggup untuk mengaktifkan fitur Force Touch tersebut, untuk mengaktifkan fitur 3D Touch-nya silahkan ganti statusnya menjadi True, menyerupai ini:

<bool name=”support_force_touch”>true</bool>

5. Save kemudian lakukan Reboot.
6. Done!

Jika fitur 3D Touch sudah aktif, cara menggunakannya sangat gampang sekali, kalian hanya perlu menekan icon aplikasi yang kalian pilih selama 1 detik, maka harusnya akan muncul beberapa shortcut utama dari aplikasi bersangkutan.

Catatan perlu kalian ketahui fitur ini tidak selalu support dengan semua aplikasi yang ada ketika ini, hanya beberapa aplikasi Stock (bawaan) MIUI dan Google saja yang sudah support fitur ini sepenuhnya, untuk aplikasi pihak ke-3 yang telah support menyerupai WhatsApp dan FB hanya itu yang kami tahu.

Berikut ialah penampakan dari aktifnya fitur 3D Touch tersebut di smartphone Xiaomi :

Dengan demikian kami ingatkan sekali lagi, bahwa sanggup jadi fitur ini tidak tersedia untuk smartphone Xiaomi yang kalian gunakan ketika ini dan yang lebih penting perhatikan letak string tersebut, jikalau ada maka harusnya kalian sanggup mengaktifkan fitur 3D Touch MIUI tersebut, jikalau tidak ada maka kalian harus pasrah, meski kalian menambah line stringnya secara manual fitur ini tetap tidak sanggup aktif di smartphone Xiaomi kalian.